Main Article Content

Abstract

Penelitian ini menerapkan metode analisis kuantitatif, yaitu metode analisis data dalam bentuk angka yang dapat diukur atau dihitung. Tujuan analisis kuantitatif adalah untuk memperkirakan besarnya pengaruh suatu variabel terhadap variabel lain melalui statistik. Dalam pengolahan data, penelitian ini menggunakan SmartPLS sebagai alat analisis statistik yang mendukung pendekatan kuantitatif. Populasi yang menjadi objek penelitian ini meliputi semua orang yang telah menerima informasi tentang produk kosmetik halal melalui media electronic word-of-mouth (eWOM). (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari E-WoM terhadap Sikap Konsumen, dibuktikan dengan nilai P sebesar 0.000 <0.05 yang menunjukkan pengaruh positif yang signifikan. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari E-WoM terhadap Niat Pembelian, dibuktikan dengan nilai P sebesar 0,014 <0,05 yang menunjukkan pengaruh positif yang signifikan, (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari Sikap Konsumen terhadap Niat Pembelian, dibuktikan dengan nilai P sebesar 0,000 <0,05 yang menunjukkan pengaruh positif yang signifikan.

Keywords

E-Wom Sikap Konsumen Niat Membeli Produk

Article Details

How to Cite
Haliza, A. N., & Setyawan, A. A. (2025). Pengaruh E-WOM Pada Sikap Konsumen dan Niat Membeli Produk Kosmetik Halal. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(3), 1562–1572. https://doi.org/10.57178/paradoks.v8i3.1590

References

  1. Cahyani, D. S. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Niat Beli Produk Kosmetik Halal (Vol. 4, Nomor 1). UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA.
  2. Calvin, N., & Keni, K. (2024). Pengaruh EWOM, Trust, dan Perceived Hedonic Value terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk E-Commerce. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 6(1), 80–91. https://doi.org/10.24912/jmk.v6i1.28574
  3. Damayanti, A., Arifin, R., & Rahmawati. (2023). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk Dan Digital Marketing Terhadap Niat Membeli Produk Kecantikan Mop Beauty Oleh Tasya Farasya (Studi Kasus Di Malang). Riset, Jurnal Prodi, Manajemen Fakultas, Manajemen Unisma, Bisnis, 12(01), 510–518.
  4. Hardiansyah, W., & Suryani, S. (2024). Pengaruh Sikap Konsumen dan Lifestyle Terhadap Kepuasan Pelanggan Coffeeshop Melalui Keputusan Pembelian pada Mahasiswa di Kota Pekanbaru. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 18(1), 177. https://doi.org/10.35931/aq.v18i1.2978
  5. Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2015). A new criterion for assessing discriminant validity in variance-based structural equation modeling. Journal of the Academy of Marketing Science, 43(1), 115–135. https://doi.org/10.1007/s11747-014-0403-8
  6. Kudeshia, C., & Kumar, A. (2017). Social eWOM: does it affect the brand attitude and purchase intention of brands? Management Research Review, 40(3), 310–330. https://doi.org/10.1108/MRR-07-2015-0161
  7. Nurlatifah, H., Imam, S., & Nova, F. (2020). Intention the Role of Halal Awareness, Religious Orientation and Consumer Motive Toward Purchase Intentions, Case: Muslim Consumer in Indonesia. 142(Seabc 2019), 342–349. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200520.057
  8. Putri, N. W. (2023). PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELI ULANG DENGAN KESADARAN MEREK, DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Kosmetik Wardah di Daerah Istimewa Yogyakarta) (Nomor 8.5.2017). UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
  9. Satoto et al. (2023). analisis beauty vlogger,produk halal dan citra merek terhadap minat beli kosmetik muslimah di indonesia. 7(1), 568–581.
  10. Anderson, E. W. (1998). Customer satisfaction and word of mouth. Journal of Service Research, 1(1), 5–17.
  11. Arndt, J. A. (1968). Selecting processes in word of mouth. Journal of Advertising Research, 8, 19–22.
  12. Buttle, F. (1998). Word of mouth: Understanding and managing referral marketing. Journal of Strategic Marketing, 6, 241–254.
  13. Helm, S., & Schlei, J. (1998). Referral potential—potential referrals: An investigation into customers’ communication in service markets. In Proceedings of the 27th EMAC Conference: Marketing Research and Practice (pp. 41–56).
  14. Arndt, J. (1967). Word-of-mouth advertising: A review of the literature. New York, NY: The Advertising Research Foundation Inc.
  15. Richins, M. L. (1983). Negative word of mouth by dissatisfied customers: A pilot study. Journal of Marketing, 47(1), 68–78.
  16. Higie, R. A., Feick, L. F., & Price, L. L. (1987). Types and amount of WOM communications about retailers. Journal of Consumer Research, 17(4), 454–462.
  17. Katz, E., & Lazarsfeld, P. F. (1955). Personal influence. Glencoe, IL: Free Press.
  18. Bergeron, J., Ricard, L., & Perrien, J. (2003). Les déterminants de la fidélité des clients commerciaux dans l'industrie bancaire canadienne. Canadian Journal of Administrative Sciences, 20(2), 107–120.
  19. Goyette, I., Ricard, L., Bergeron, J., & Marticotte, F. (2010). e‐WOM Scale: word‐of‐mouth measurement scale for e‐services context. Canadian Journal of Administrative Sciences/Revue Canadienne des Sciences de l'Administration, 27(1), 5-23.
  20. Crocker, K. E. (1986). The influence of the amount and type of information on individuals’ perception of legal services. Journal of the Academy of Marketing Science, 14(4), 18–27.
  21. Day, G. S. (1971). Attitude change, media and word of mouth. Journal of Advertising Research, 11(6), 31–40.
  22. Hartline, M. D., & Jones, K. C. (1996). Employee performance cues in a hotel service environment: Influence on perceived service quality, value and WOM intentions. Journal of Business Research, 35, 207–215.
  23. Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64(1), 14–40.
  24. Söderlund, M., & Rosengren, S. (2007). Receiving WOM from a service customer: An emotion-based effectiveness assessment. Journal of Retailing and Consumer Services, 14, 123–136.
  25. Webster, C. (1991). Influences upon consumer expectations of services. Journal of Services Marketing, 5, 5–17.
  26. Zeithaml, V. A. (1981). How consumer evaluation processes differ between goods and services. In J. H. Donnelley & W. R. George (Eds.), Marketing of services. Chicago, IL: American Marketing Association.
  27. Gheorghe, I. (2012). Word-of-mouth communication: a theoretical review. Маркетинг і менеджмент інновацій, (1), 132-139.
  28. Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic word-of mouth via consumer-opinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the Internet? Journal of Interactive Marketing, 18(1), 38–52. https://doi.org/10.1002/dir.10073
  29. Machado, E. & Rodhiah, R. (2020). Pengaruh Self-Expression dan Brand Trust terhadap Electronic-Word of Mouth dengan Brand Love sebagai Mediasi pada Konsumen Vans di Jakarta. Jurnal Muara Ilmu https://doi.org/10.24912/jmieb.v5i1.9674 Ekonomi dan Bisnis, 5(1), 49-58.
  30. Mangold, W.G, Miller,F.,Brovkway,G.R. 1999. “Word of mouth communication in the marketplace”, Journal of Services Marketing, Vol 13,No. 1, p.73-89.
  31. Anderson, E.W. 1998. “Customer satisfaction and word of mouth “, Journal of Service Research, Vol. 1, No. 1,p.5-17.
  32. Schiffman & Kanuk, 2007, Perilaku Konsumen, dialih bahasakan oleh Zulkifli Kasip, Edisi Ketujuh. Jakarta: PT. Indexs.
  33. Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen. Jakarta : Prenada Media Swasta Dharmmestta, Basu dan T Hani Handoko. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta.
  34. Nugroho J. Setiadi, 2003, Perilaku Konsumen, Kencana, Jakarta.
  35. Thamrin, S.D., (2003), Studi Mengenai Proses Adopsi paska Masa Tayang Iklan Produk Xon-Ce di Surabaya”, Jurnal Sain Pemasaran Indonesia, Vol.11, No 2.
  36. Yanti, Novrita Dewi., Darwanto. (2020). Analisis Pengaruh Labelisasi Halal Dan Digital Selling Terhadap Minat Beli Kosmetik Halal. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. Doi: 10.30868/ad.v5i01.1
  37. Fitriani, Anisa. (2023). Pengaruh Label Halal Terhadap Minat Beli Obat Bebas Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Pada Masyarakat Bandung). EDUCATIONIST: Journal of Educational and Cultural Studies, VOL. 2, No. 2, pp. 65-70.
  38. Kaplan, AM dan Haenlein, M. (2010), “Pengguna dunia, bersatu! Tantangan dan peluang Media sosial",Cakrawala Bisnis, Jil. 53 No.1, hal.59-68.
  39. Mangold, WG dan Faulds, DJ (2009), “Media sosial: elemen hibrid baru dari bauran promosi”, Cakrawala Bisnis, Jil. 52 No.4, hal.357-365.
  40. PUTRI, N. W. (2024). PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELI ULANG DENGAN KESADARAN MEREK, DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA KOSMETIK WARDAH DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).
  41. Fitriani, Anisa. (2023). Pengaruh Label Halal Terhadap Minat Beli Obat Bebas Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Pada Masyarakat Bandung). EDUCATIONIST: Journal of Educational and Cultural Studies, VOL. 2, No. 2, pp. 65-70.
  42. Yanti, Novrita Dewi., Darwanto. (2020). Analisis Pengaruh Labelisasi Halal Dan Digital Selling Terhadap Minat Beli Kosmetik Halal. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. Doi: 10.30868/ad.v5i01.1
  43. Wibowo, A. P., Widodo, Z. D., & Wijiastuti, S. (2023). PENGARUH MARKETPLACE DAN SOSIAL MEDIA SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PERLUASAN SEGMEN PASAR INDUSTRI KREATIF (Studi Kasus pada UMKM Gerabah di Desa Paseban, Kabupaten Klaten) (Doctoral dissertation, Universitas Tunas Pembangunan).
  44. Afifa, F. Z., & Ambarwati, R. (2024). ANALISIS BEAUTY VLOGGER, PRODUK HALAL DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI KOSMETIK MUSLIMAH DI INDONESIA. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 2077-2094.
  45. Chang, Y., Kuan-Hua Huang, S., Jung Lu, wan., Chung, C., Chen, W., Hua Lu, S., et al., 2013, Brazilin isolated from Caesalpinia sappan L. Acts as a novel collagen receptor agonist in human platelets, Journal of Biomedical Science, 20