Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Virtual Try-On berbasis Augmented Reality dan pemilihan produk terhadap kepuasan pelanggan, dengan pengalaman belanja online sebagai variabel mediasi. Studi ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksplanatori, melibatkan 80 data responden di wilayah Kota dan Kabupaten Cirebon yang pernah membeli produk Maybelline di Shopee. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive, yaitu dengan memilih responden berdasarkan kriteria tertentu yang relevan dengan tujuan penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, dan kemudian dianalisis dengan koefisien determinasi, uji t, uji F, dan regresi linier berganda. Hasil menunjukkan bahwa pemilihan produk dan tes virtual berdampak besar pada pengalaman belanja online, yang kemudian berdampak positif pada kepuasan pelanggan. Pengalaman belanja online juga terbukti memediasi hubungan antar variable. Implikasi penelitian ini menunjukkan pentingnya inovasi digital dalam strategi pemasaran kosmetik. Studi lanjutan disarankan untuk mengeksplorasi peran variabel psikologis dan perilaku lainnya dalam membentuk loyalitas pelanggan.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Chan, A., Sabira, F. D., & Arifianti, R. (2022). The Analysis of Technology Acceptance Model on Shopee Application Feature BasedAugmented Reality. Jurnal Sekretaris & Administrasi Bisnis (JSAB), 6(2), 158. https://doi.org/10.31104/jsab.v6i2.298
- Davala, O. (2024). Pengaruh brand sensory experience terhadap brand loyalty dengan mediasi brand attitude dan brand-self connection pada tokopedia. Fakultas Bisnis Dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, 1.
- Fahira, A., & Moh. Djemdjem Djamaludin. (2023). The Influence of Brand Trust and Satisfaction towards Consumer Loyalty of a Local Cosmetic Products Brand X among Generation Z. Journal of Consumer Sciences, 8(1), 27–44. https://doi.org/10.29244/jcs.8.1.27-44
- Fakhiratunisa, Z., Stevani, F., & Fatimah, S. E. (2025). Augmented Reality, Customer Experience, and Repurchase Intention in the Cosmetic Products: Exploring the Mediating Role of Customer Satisfaction. Journal of Enterprise and Development, 7(2), 274–287. https://doi.org/10.20414/jed.v7i2.13213
- Inayah, R. R., & Khasanah, I. (2023). SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ( Studi pada Konsumen Marketplace Lazada di Wilayah Pekalongan ). Diponegoro Journal of Management, 12(4), 1–14.
- Jain, V., Wadhwani, K., & Eastman, J. K. (2024). Artificial intelligence consumer behavior: A hybrid review and research agenda. Journal of Consumer Behaviour, 23(2), 676–697. https://doi.org/10.1002/cb.2233
- Rahadian, A., Sutrisno, A., & Dwiputra, I. (2022). The Role of Product Information in Enhancing Consumer Comfort and Engagement in E-Commerce. Journal of Business Research, 140, 392–403.
- Rengganis, K., & Kusdibyo, L. (2020). Persepsi Penggunaan Fitur Augmented Reality pada Platform Online Shopping Berbasis Technology Acceptance Model. Prosiding The 11th Industrial Research Workshop and National Seminar, 26–27. https://jurnal.polban.ac.id/proceeding/article/view/2157
- Salma Dhianita, & Popy Rufaidah. (2024). The Role of Virtual Try-On Augmented Reality of Cosmetic Products on Purchase Intention Mediated by Brand Trust. Jurnal Manajemen Bisnis, 11(2), 1111–1123. https://doi.org/10.33096/jmb.v11i2.797
- Supriadi, Y. N., Pembangunan, U., Veteran, N., Aulia, N., Pembangunan, U., & Veteran, N. (2023). Strategi Manajemen Pemasaran di Era Digital.
- Tri Wulandari. (2024). PENGARUH VIRTUAL TRY ON TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KETERLIBATAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DITINJAU DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada pembeli Produk Maybelline Sukarame, Bandar Lampung).
- Viohafeni, Z. D., & Aliyah, K. N. (2023). Pengaruh Fitur Virtual Try-On, Online Customer Review, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Pada Aplikasi Shopee. Journal of Economics and Business Research (JUEBIR), 2(2), 214–226. https://doi.org/10.22515/juebir.v2i2.7916
- Wattimena, M. E. . & D. C. K. (2024). Pengaruh Demand, Convenience, Interactivity, dan Playfullness terhadap Perceived Enjoyment (Studi pada Shopee Live). EProceedings of Management, 11(6), 1–12.
References
Chan, A., Sabira, F. D., & Arifianti, R. (2022). The Analysis of Technology Acceptance Model on Shopee Application Feature BasedAugmented Reality. Jurnal Sekretaris & Administrasi Bisnis (JSAB), 6(2), 158. https://doi.org/10.31104/jsab.v6i2.298
Davala, O. (2024). Pengaruh brand sensory experience terhadap brand loyalty dengan mediasi brand attitude dan brand-self connection pada tokopedia. Fakultas Bisnis Dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, 1.
Fahira, A., & Moh. Djemdjem Djamaludin. (2023). The Influence of Brand Trust and Satisfaction towards Consumer Loyalty of a Local Cosmetic Products Brand X among Generation Z. Journal of Consumer Sciences, 8(1), 27–44. https://doi.org/10.29244/jcs.8.1.27-44
Fakhiratunisa, Z., Stevani, F., & Fatimah, S. E. (2025). Augmented Reality, Customer Experience, and Repurchase Intention in the Cosmetic Products: Exploring the Mediating Role of Customer Satisfaction. Journal of Enterprise and Development, 7(2), 274–287. https://doi.org/10.20414/jed.v7i2.13213
Inayah, R. R., & Khasanah, I. (2023). SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ( Studi pada Konsumen Marketplace Lazada di Wilayah Pekalongan ). Diponegoro Journal of Management, 12(4), 1–14.
Jain, V., Wadhwani, K., & Eastman, J. K. (2024). Artificial intelligence consumer behavior: A hybrid review and research agenda. Journal of Consumer Behaviour, 23(2), 676–697. https://doi.org/10.1002/cb.2233
Rahadian, A., Sutrisno, A., & Dwiputra, I. (2022). The Role of Product Information in Enhancing Consumer Comfort and Engagement in E-Commerce. Journal of Business Research, 140, 392–403.
Rengganis, K., & Kusdibyo, L. (2020). Persepsi Penggunaan Fitur Augmented Reality pada Platform Online Shopping Berbasis Technology Acceptance Model. Prosiding The 11th Industrial Research Workshop and National Seminar, 26–27. https://jurnal.polban.ac.id/proceeding/article/view/2157
Salma Dhianita, & Popy Rufaidah. (2024). The Role of Virtual Try-On Augmented Reality of Cosmetic Products on Purchase Intention Mediated by Brand Trust. Jurnal Manajemen Bisnis, 11(2), 1111–1123. https://doi.org/10.33096/jmb.v11i2.797
Supriadi, Y. N., Pembangunan, U., Veteran, N., Aulia, N., Pembangunan, U., & Veteran, N. (2023). Strategi Manajemen Pemasaran di Era Digital.
Tri Wulandari. (2024). PENGARUH VIRTUAL TRY ON TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KETERLIBATAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DITINJAU DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada pembeli Produk Maybelline Sukarame, Bandar Lampung).
Viohafeni, Z. D., & Aliyah, K. N. (2023). Pengaruh Fitur Virtual Try-On, Online Customer Review, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Pada Aplikasi Shopee. Journal of Economics and Business Research (JUEBIR), 2(2), 214–226. https://doi.org/10.22515/juebir.v2i2.7916
Wattimena, M. E. . & D. C. K. (2024). Pengaruh Demand, Convenience, Interactivity, dan Playfullness terhadap Perceived Enjoyment (Studi pada Shopee Live). EProceedings of Management, 11(6), 1–12.