Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh persepsi harga, citra merek, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen melalui pendekatan literature review. Dalam era persaingan pasar yang semakin kompetitif, pemahaman terhadap faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen menjadi krusial bagi pelaku usaha. Studi ini menganalisis sepuluh artikel ilmiah yang dipublikasikan pada tahun 2023 dan relevan dengan variabel yang diteliti. Hasil kajian menunjukkan bahwa secara umum, persepsi harga, citra merek, dan kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, baik secara parsial maupun simultan. Namun, terdapat perbedaan pengaruh parsial dalam beberapa konteks, menunjukkan adanya kompleksitas dalam perilaku konsumen. Selain itu, faktor tambahan seperti promosi, ulasan konsumen, motivasi, dan konten digital juga ditemukan turut memengaruhi keputusan pembelian. Temuan ini menegaskan pentingnya pendekatan pemasaran yang holistik dan terintegrasi dalam menarik dan mempertahankan konsumen. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi pelaku bisnis dalam menyusun strategi pemasaran yang tepat, serta implikasi teoritis untuk pengembangan studi perilaku konsumen di masa mendatang.

Article Details

How to Cite
Ambalao, S., & Manueke, K. A. (2025). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(3), 1604–1612. https://doi.org/10.57178/paradoks.v8i3.1682

References

  1. Aeni, F., Hidayat, H. M., & Fitriany. (2023). Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Harga, Persepsi Kualitas Terhadap Minat Beli Produk Private Label. Jurnal The Manusagre, 2(1), 216–230. https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/tmj/article/view/3533/1746
  2. Aji Saputra, B., & Arifiansyah, R. (2024). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Kopi Nusa. Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(4), 2231–2241.
  3. Anggraeni, R. N., & Soliha, E. (2020). Pengaruh kualitas produk, citra merek, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian kopi Lain Hati Lamper Semarang. Al Tijarah, 6(2), 123–134. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/altijarah/article/view/5612
  4. Darmawan, D. (2023). Pengaruh Promosi, Ulasan Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Pemilihan Toko Online. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 6(1), 95–105. https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v6i1.1382
  5. Fink, A. (2014). Conducting Research Literature Reviews: From the Internet to Paper. In SAGE Publications, Inc. https://doi.org/10.1177/1035719x0700700117
  6. Hardono, I. F. D., & Vildayanti, R. A. (2025). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Riset Manajemen, 3(1), 449–466. https://doi.org/10.54066/jurma.v3i1.3088
  7. Herlianti, Z. F., & Handayani, S. R. (2023). Pengaruh kualitas produk, citra merek, persepsi harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian produk skincare Azarine. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan UMKM, 3(2), 72–79. https://journal.idei.or.id/jeb/article/view/129
  8. Kartika, N. K. R. D., Imbayani, I. G. A., & Prayoga, I. M. S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merk dan Persepsi Harga terhadap Minat Pembelian Ulang Produk Starbucks Denpasar. Jurnal Emas, 2(1), 51–70.
  9. Kasfari, D. N., & Soliha, E. (2023). Pengaruh citra merek, persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Vans imitasi di Shopee (studi pada mahasiswa Semarang). YUME : Journal of Management, 6(1), 21–30. https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/yume/article/view/1484
  10. Khairullah, R., & Vildayanti, R. A. (2024). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Produk Le Minerale di Kota Tangerang). EKOMA : Jurnal Ekonomi, 3(6), 1125–1136.
  11. Larosa, S., & Paludi, S. (2025). Pengaruh Kualitas Produk,Persepsi Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian di Flash Coffee Indonesia. Manajemen: Jurnal Ekonomi, 7(1), 105–115. https://doi.org/10.36985/vga6r922
  12. Lionitan, W., & Firdausy, C. M. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Word of Mouth dan Customer Satisfaction terhadap Purchase Intention Pelanggan Mixue di Cibubur. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 5(3), 805–813. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i3.25450
  13. Nabilah, I., Nursal, M. F., & Wulandari, D. S. (2023). Peran Influencer Dalam Konten Marketing Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Maybelline. Jurnal Economina, 2(10), 2791–2805. https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.904
  14. Prasad Parajuli, J. (2020). Significance of Literature Review in the Research of social sciences. Journal of Population and Development, March, 96–102.
  15. Pratama, G. H., & Prabowo, R. E. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Sepatu. Jurnal Mirai Management, 8(2), 160–170.
  16. Puspita, Y. D., & Rahmawan, G. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Garnier. Jurnal Sinar Manajemen, 8(2), 98–104. https://doi.org/10.56338/jsm.v8i2.1644
  17. Sahabuddin, R., Maulana Arif, H., Dg Manai, S., Suryani, D., & Sabirin, A. (2023). The Influence of Brand Image, Product Quality, and Price on Buying Interest of Wizzmie Consumers in Makassar City. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBI), 4(2), 230–237. https://doi.org/10.31289/jimbi.v4i2.2775
  18. Satria, E. (2023). Keputusan Pembelian Yang Ditinjau Dari Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, Dan Kualitas Produk. Al Dzahab, 4(2), 92–102. https://doi.org/10.32939/dhb.v4i2.2429
  19. Sirtis, A. M., & Tuti, M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keragaman Produk, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Azzam Frozen Food Di Pondok Ranggon. Marketgram Journal, 1(2), 156–172.