Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memahami dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan publik, kualitas komunikasi, dan disiplin kerja terhadap kepuasan masyarakat di Desa Patallassang, Kabupaten Gowa. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengkaji sejauh mana kualitas pelayanan publik, komunikasi aparatur desa, dan disiplin kerja aparatur desa berkontribusi terhadap terbentuknya kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal. Adapun populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Patallassang Kabupaten Gowa yang berjumlah 17.949 penduduk. Dengan penarikan sampel teknk slovin, maka digunakan sampel sebanyak 99 responden dibulatkan menjadi 100 responden, yang merupakan Masyarakat Desa Patallassang Kabupaten Gowa. Dan menggunakan teknik sampling accidental sampling, yaitu berdasarkan responden yang berhasil ditemui. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kualitas pelayanan publik, kualitas komunikasi, dan disiplin kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Dengan demikian, peningkatan kualitas pelayanan, komunikasi yang efektif, dan disiplin kerja yang baik merupakan strategi penting dalam meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap kinerja aparatur pemerintahan desa.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Abdul Rahman, N., Voon, B. H., & Abdullah, F. (2021). Culture of excellence for better internal service quality in high education. Advances in Business Research International Journal (ABRIJ), 7(3), 85–104.
- Anggraini, T. D., Dewi, R. Z., & Ningsih, M. (2021). Peran Komunikasi Publik Untuk Mengatasi Kendala Fear of Rejection Ssebagai Pembicara (Studi Pada Publik Speaker Meyrinda Tobing dan Riani). PAWITRA KOMUNIKA: Jurnal Komunikasi Dan Sosial Humaniora, 2(1), 121–137.
- Apriliana, A., & Sukaris, S. (2022). Analisa Kualitas Layanan Pada Cv. Singoyudho Nusantara. Jurnal Maneksi (Management Ekonomi Dan Akuntansi), 11(2), 498–504.
- Bi, Q. (2019). Cultivating loyal customers through online customer communities: A psychological contract perspective. Journal of Business Research, 103, 34–44.
- Firmansyah, A. C., & Rosy, B. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat: Studi pembuatan e-KTP di Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan. Journal of Office Administration: Education and Practice, 1(2), 82–93.
- Ghozali, I., & Nasehudin, T. S. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
- Haryanti, N., & Baqi, D. A. (2019). Strategi service quality sebagai media dalam menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Journal of Sharia Economics, 1(2), 101–128.
- Hidayat, M., Mitariani, N. W. E., & Imbayani, I. G. A. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga dan promosi terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Alfamart di Jalan Tangkuban Perahu, Kerobokan Badung. EMAS, 1(1).
- Hulasoh, E. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Komunikasi Aparatur Desa Terhadap Kepuasan Masyarakat Desa Pamegarsari, Kecamatan Parung, Bogor. Promedia (Public Relation Dan Media Komunikasi), 9(2).
- Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Tan, C. T., & Leong, S. M. (2018). Marketing management: an Asian perspective. Pearson Harlow.
- Lanin, D., & Hermanto, N. (2019). The effect of service quality toward public satisfaction and public trust on local government in Indonesia. International Journal of Social Economics, 46(3), 377–392.
- Made, S. I., & Kurniawan, S. K. A. (2021). Easy Access To Public Services Through Digital Village. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 119(11), 109–118.
- Mariani, L. M. I., & Sariyathi, N. K. (2017). Pengaruh motivasi, komunikasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan warung Mina Peguyangan di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(7), 35403569.
- Mucharam, A. (2022). Membangun Komunikasi publik yang efektif. Ikon--Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 27(1), 71–82.
- Riana, N., Triany, N. A., Tamtomo, T., Muksin, N. N., Sari, P. A., Gafallo, M. F. Y., Gunawan, M. K., & Judijanto, L. (2024). Komunikasi Publik: Panduan Praktis untuk Sukses dalam Berkomunikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
- Saefullah, A. (2022). Pengaruh disiplin kerja pegawai dan kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Desa Kadugede Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(2), 1–20.
- Safitri, D., Sawiji, H., & Susantiningrum, S. (n.d.). Pengaruh disiplin kerja dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat Desa Kendalrejo. JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran), 8(2), 147–156.
- Setiadi, A., Mulyaningsih, M., & Ulumudin, A. (2025). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Desa Terhadap Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Di Desa Citengah Kec. Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang. Ministrate: Jurnal Birokrasi Dan Pemerintahan Daerah, 7(1), 58–79.
- Sianturi, K., & Megasari, A. (2023). The effectiveness of communication messages in politics. Journal of Social Research, 2(11), 3988–3996.
- Sinambela, E. A., Al Hakim, Y. R., & Irfan, M. (2019). Pengaruh Kedisiplinan dan Komunikasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan. RELASI: JURNAL EKONOMI, 15(2), 308–320.
- Sobar, A., Permadi, I., Alhidayatullah, A., & Fathussyaadah, E. (2023). Peningkatan kualitas produk dan layanan UMKM untuk meningkatkan daya saing. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(4), 3782–3793.
- Sonani, N., & Yulia, I. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Bagian Pelayanan Administrasi Kependudukan: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat. Jurnal Visionida, 7(1), 14–21.
- Sudirjo, F., Dewi, L. K. C., Febrian, W. D., Sani, I., & Dharmawan, D. (2024). The measurement analysis of online service quality toward state banking customers using structural equation modeling. Jurnal Informasi Dan Teknologi, 6(1), 50–56.
- Sukanta, T. A., & Sutama, D. R. (2024). Implementasi Penerapan Disiplin Kerja Sumber Daya Manusia (SDM) terhadap Perusahaan (Studi Deskriptif pada PT. Tekad Mandiri Citra). JSMA (Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi), 16(1), 1–7.
- Tengkeran, N., Suyanto, M. A., & Karundeng, D. R. (2023). Peran Komunikasi Dan Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat. Journal Economy And Currency Study (JECS), 5(1), 80–91.
- Yadisar, A. M. (2025). Strategi Peningkatan Kapasitas Aparatur Dalam Mengoptimalkan Pelayanan Publik. FOKUS: Publikasi Ilmiah Untuk Mahasiswa, Staf Pengajar Dan Alumni Universitas Kapuas Sintang, 23(1).
References
Abdul Rahman, N., Voon, B. H., & Abdullah, F. (2021). Culture of excellence for better internal service quality in high education. Advances in Business Research International Journal (ABRIJ), 7(3), 85–104.
Anggraini, T. D., Dewi, R. Z., & Ningsih, M. (2021). Peran Komunikasi Publik Untuk Mengatasi Kendala Fear of Rejection Ssebagai Pembicara (Studi Pada Publik Speaker Meyrinda Tobing dan Riani). PAWITRA KOMUNIKA: Jurnal Komunikasi Dan Sosial Humaniora, 2(1), 121–137.
Apriliana, A., & Sukaris, S. (2022). Analisa Kualitas Layanan Pada Cv. Singoyudho Nusantara. Jurnal Maneksi (Management Ekonomi Dan Akuntansi), 11(2), 498–504.
Bi, Q. (2019). Cultivating loyal customers through online customer communities: A psychological contract perspective. Journal of Business Research, 103, 34–44.
Firmansyah, A. C., & Rosy, B. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat: Studi pembuatan e-KTP di Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan. Journal of Office Administration: Education and Practice, 1(2), 82–93.
Ghozali, I., & Nasehudin, T. S. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Haryanti, N., & Baqi, D. A. (2019). Strategi service quality sebagai media dalam menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Journal of Sharia Economics, 1(2), 101–128.
Hidayat, M., Mitariani, N. W. E., & Imbayani, I. G. A. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga dan promosi terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Alfamart di Jalan Tangkuban Perahu, Kerobokan Badung. EMAS, 1(1).
Hulasoh, E. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Komunikasi Aparatur Desa Terhadap Kepuasan Masyarakat Desa Pamegarsari, Kecamatan Parung, Bogor. Promedia (Public Relation Dan Media Komunikasi), 9(2).
Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Tan, C. T., & Leong, S. M. (2018). Marketing management: an Asian perspective. Pearson Harlow.
Lanin, D., & Hermanto, N. (2019). The effect of service quality toward public satisfaction and public trust on local government in Indonesia. International Journal of Social Economics, 46(3), 377–392.
Made, S. I., & Kurniawan, S. K. A. (2021). Easy Access To Public Services Through Digital Village. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 119(11), 109–118.
Mariani, L. M. I., & Sariyathi, N. K. (2017). Pengaruh motivasi, komunikasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan warung Mina Peguyangan di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(7), 35403569.
Mucharam, A. (2022). Membangun Komunikasi publik yang efektif. Ikon--Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 27(1), 71–82.
Riana, N., Triany, N. A., Tamtomo, T., Muksin, N. N., Sari, P. A., Gafallo, M. F. Y., Gunawan, M. K., & Judijanto, L. (2024). Komunikasi Publik: Panduan Praktis untuk Sukses dalam Berkomunikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Saefullah, A. (2022). Pengaruh disiplin kerja pegawai dan kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Desa Kadugede Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(2), 1–20.
Safitri, D., Sawiji, H., & Susantiningrum, S. (n.d.). Pengaruh disiplin kerja dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat Desa Kendalrejo. JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran), 8(2), 147–156.
Setiadi, A., Mulyaningsih, M., & Ulumudin, A. (2025). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Desa Terhadap Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Di Desa Citengah Kec. Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang. Ministrate: Jurnal Birokrasi Dan Pemerintahan Daerah, 7(1), 58–79.
Sianturi, K., & Megasari, A. (2023). The effectiveness of communication messages in politics. Journal of Social Research, 2(11), 3988–3996.
Sinambela, E. A., Al Hakim, Y. R., & Irfan, M. (2019). Pengaruh Kedisiplinan dan Komunikasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan. RELASI: JURNAL EKONOMI, 15(2), 308–320.
Sobar, A., Permadi, I., Alhidayatullah, A., & Fathussyaadah, E. (2023). Peningkatan kualitas produk dan layanan UMKM untuk meningkatkan daya saing. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(4), 3782–3793.
Sonani, N., & Yulia, I. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Bagian Pelayanan Administrasi Kependudukan: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat. Jurnal Visionida, 7(1), 14–21.
Sudirjo, F., Dewi, L. K. C., Febrian, W. D., Sani, I., & Dharmawan, D. (2024). The measurement analysis of online service quality toward state banking customers using structural equation modeling. Jurnal Informasi Dan Teknologi, 6(1), 50–56.
Sukanta, T. A., & Sutama, D. R. (2024). Implementasi Penerapan Disiplin Kerja Sumber Daya Manusia (SDM) terhadap Perusahaan (Studi Deskriptif pada PT. Tekad Mandiri Citra). JSMA (Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi), 16(1), 1–7.
Tengkeran, N., Suyanto, M. A., & Karundeng, D. R. (2023). Peran Komunikasi Dan Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat. Journal Economy And Currency Study (JECS), 5(1), 80–91.
Yadisar, A. M. (2025). Strategi Peningkatan Kapasitas Aparatur Dalam Mengoptimalkan Pelayanan Publik. FOKUS: Publikasi Ilmiah Untuk Mahasiswa, Staf Pengajar Dan Alumni Universitas Kapuas Sintang, 23(1).