Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di Kantor Camat Woja Kabupaten Dompu. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan masyarakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap pelayanan publik, dengan nilai t hitung sebesar 9,814 > t tabel 1,666 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Koefisien regresi sebesar 0,765 menunjukkan adanya kontribusi nyata dari tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan yang diterima. Penelitian ini menegaskan bahwa pelayanan publik yang cepat, jelas, dan responsif dapat meningkatkan kepuasan masyarakat, yang pada gilirannya memperkuat legitimasi pemerintah di tingkat lokal.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Afni Nuraini, O., Sativa, O., Nur Fitriani, S., Maesaroh, S., Aisyah Fil Miyzanaa, T., Agustin, T., & Marini, A. (2023). RELEVANSI MEDIA VIRTUAL REALITY DENGAN TEORI ALBERT BANDURA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR. Online) Journal of Educational and Language Research, 3(2), 2807–2937. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH
- Agus Dwiyanto, 2006, Mewujudkan Good Geovernance Melalui Pelayanan Public. Yogyakarta: UGM Press.
- Astuti, R., & Supriyadi, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik terhadap Partisipasi Masyarakat di Pemerintahan Desa. Jurnal Administrasi Publik, 10(2), 45–56.
- Denhardt, (2000). Pelayanan Publik Baru: Melayani, Bukan Mengarahkan.
- https://doi.org/10.1111/0033-3352.00117
- Dwiyanto, A. (2018). Mewujudkan good governance melalui pelayanan publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
- Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2012. Service, Quality Satisfaction. Jogjakarta: Andi Offset.
- Gaspersz, V. 2002, Manajemen Kualitas dalam Industri Jasa, Jakarta, Gramedia: Pustaka Utama
- Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
- Grönroos, C. (2007). Service management and marketing: Customer management in service competition (3rd ed.). Chichester: John Wiley & Sons.
- Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education Limited.
- Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40.
- Sinambela, L. P. (2018). Reformasi pelayanan publik: Teori, kebijakan, dan implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.
- Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
- Wibowo, H. (2020). Analisis kepuasan masyarakat terhadap kinerja pelayanan di kantor kelurahan. Jurnal Administrasi Negara, 6(1), 33–42.
- Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Berry, L. L. (1990). Delivering quality service: Balancing customer perceptions and expectations. New York: The Free Press.
References
Afni Nuraini, O., Sativa, O., Nur Fitriani, S., Maesaroh, S., Aisyah Fil Miyzanaa, T., Agustin, T., & Marini, A. (2023). RELEVANSI MEDIA VIRTUAL REALITY DENGAN TEORI ALBERT BANDURA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR. Online) Journal of Educational and Language Research, 3(2), 2807–2937. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH
Agus Dwiyanto, 2006, Mewujudkan Good Geovernance Melalui Pelayanan Public. Yogyakarta: UGM Press.
Astuti, R., & Supriyadi, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik terhadap Partisipasi Masyarakat di Pemerintahan Desa. Jurnal Administrasi Publik, 10(2), 45–56.
Denhardt, (2000). Pelayanan Publik Baru: Melayani, Bukan Mengarahkan.
https://doi.org/10.1111/0033-3352.00117
Dwiyanto, A. (2018). Mewujudkan good governance melalui pelayanan publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2012. Service, Quality Satisfaction. Jogjakarta: Andi Offset.
Gaspersz, V. 2002, Manajemen Kualitas dalam Industri Jasa, Jakarta, Gramedia: Pustaka Utama
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Grönroos, C. (2007). Service management and marketing: Customer management in service competition (3rd ed.). Chichester: John Wiley & Sons.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education Limited.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40.
Sinambela, L. P. (2018). Reformasi pelayanan publik: Teori, kebijakan, dan implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Wibowo, H. (2020). Analisis kepuasan masyarakat terhadap kinerja pelayanan di kantor kelurahan. Jurnal Administrasi Negara, 6(1), 33–42.
Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Berry, L. L. (1990). Delivering quality service: Balancing customer perceptions and expectations. New York: The Free Press.