Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh event terhadap niat pembelian ulang (repurchase intention) melalui electronic word of mouth (eWOM) pada pengguna aplikasi Shopee di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Dompu. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Dompu, dengan sampel sebanyak 100 orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner, sedangkan data sekunder didapatkan dari studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa event memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention. Selain itu, event juga terbukti memengaruhi eWOM secara signifikan. Begitu pula, eWOM juga ditemukan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention. Temuan paling penting adalah bahwa event memengaruhi repurchase intention secara tidak langsung melalui peran mediasi eWOM. Implikasi dari temuan ini adalah bahwa strategi pemasaran Shopee melalui event tidak hanya berdampak langsung pada niat pembelian ulang, tetapi juga berhasil memicu komunikasi dari mulut ke mulut secara digital. Oleh karena itu, perusahaan disarankan untuk terus meningkatkan kualitas dan frekuensi event promosi guna menciptakan pengalaman positif yang mendorong konsumen untuk berbagi informasi secara daring, yang pada akhirnya akan memperkuat niat pembelian ulang di masa mendatang.

Keywords

Event Electronic Word of Mouth Repurchase Intention

Article Details

How to Cite
Paranita, D. Y., Subhan, E. S., & Syafrudin, S. (2025). Pengaruh Event Terhadap Repurchase Intention Melalui Electronic Word of Mouth: (Studi Kasus Pengguna Aplikasi Shopee di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Dompu). Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(4), 316–328. https://doi.org/10.57178/paradoks.v8i4.1785

References

  1. Arumsari, R., & Ariyanti, M. (2017). The Effect of Electronic Word of Mouth, Brand Image, Customer Trust and Customer Satisfaction Towards Repurchase Intention at PT. GO-JEK Indonesia. International Journal of Science and Research, 6(7), 1732–1737. https://doi.org/10.21275/ART20175247
  2. Blythe, J. 2013. Consumer Behaviour. Yogyakarta: Andi
  3. Chen, C., & Li, X. (2019). Effects of Singles’ Day atmosphere stimuli and Confucian values on consumer purchase intention. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 32(7), 1387–1405. https://doi.org/10.1108/apjml-05-2019-0 294
  4. Chrisnathaniel, Hendy Carol., Sri Hartini dan Sari Puji Rahayu. Analisis Gamification Shopee.com Sebagai Media Pemasaran Terhadap EWOM, Positive Emotion, & Repurchase Intention (Pada Aplikasi Shopee.com). Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga. https://doi.org/10.29407/nusamba.v6i1.14630
  5. Ertürk, A. 2011. The impact of event marketing on brand equity: the mediating roles of brand experience and brand attitude. International Journal of Advertising, Vol. 32 No. 2, hal. 255-280. https://doi.org/10.2501/IJA-32-2-255-280
  6. Febry Rosaliana. 2018. Pengaruh Sales Promotion Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Pada Minat Pembelian Ulang (Survei pada Konsumen Jasa GrabCar di Kota Malang). Skripsi. Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Administrasi Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Konsentrasi Pemasaran Malang. ttp://repository.ub.ac.id/id/eprint/162636
  7. Gita Siswhara, Masharyono dan Dian Anggraeny. 2018. Pengaruh Promosi Melalui Instagram dan Event terhadap Repurchase Intention do Cenghar Kopi Kota. Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudhi No. 229, Bandung 40154, Indonesia. The Journal Gastronomy Tourism, Volume 4 nomor 1, juni 2017, 19-26.
  8. https://doi.org/10.17509/gastur.v4i1.22177
  9. Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  10. Guan, M., Cha, M., Li, Y., Wang, Y., & Yu, J. (2019). Predicting Time-Bounded Purchases During a Mega Shopping Festival. 2019 IEEE International Conference on Big Data and Smart Computing (BigComp). https://doi.org/10.1109/bigcomp.2019.8 679217
  11. Goyette, I., Richard, L., Bergeron, J., & Marticotte, F. (2012). E-WOM scale: Word-of-mouth measurement scale for eservice context. Canadian Journal of Administrative Sciences, 27(1), 5–23. https://doi.org/10.1002/cjas.129
  12. Hasan, Ali. 2018. ‘Jurnal Indovisi; Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produkdanharga Terhadap Minat Beli Pakaian’, Indonesoan Indovisi Institute, 1(Iii).
  13. Jalilvand, M,R.(2012). “The Effect of Electronic Word-Of-Mouth on Brand Image and Purchase Intention”. Journals Of Marketing Inteligence And Planning. Vol.30, Iss:4, hal.5-5. https://doi.org/10.1108/02634501211231946
  14. K. Hellier, et al., (2013). “Customer repurchase intention A general structural equation model”. European Journal of Marketing Vol. 37 No. 11/12, 2013 pp. 1762-1800. https://doi.org/10.1108/03090560310495456
  15. Khazim, Iqbal Al. 2016. Pengaruh Strategi Internet Marketing Terhadap Perilaku Konsumen Lazada.Co.Id Dalam Berbelanja Online Melalui Variabel Electronic Word Of Mouth (Ewom). Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma. Jawa Barat. Jurnal Ekonomi Bisnis Volume 21 No.2, Agustus 2016
  16. Khotimah, Isma. 2022. Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Skripsi. http://repository.radenintan.ac.id/22090/1/SKRIPSI%20%20BAB%201%20%26%20BAB%205.pdf
  17. Kotler, Philip. 2014. Manajemen Pemasaran,.Edisi 13. Jilid 2. Prenhalindo.Jakarta.
  18. Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management 15th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
  19. Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2014). Management Information Systems Managing The digital Firm Thirteen Edition Global Edition (SIB) (13TH EDITI; S. Wall, B. Horan)
  20. Malgorzata Karpinska-Krakowiak. (2015). Marketing Events in a Digital Era – a Comparative Analysis of New and Traditional Events in Terms of ... Conference Proceedings, 11 Annual International Bata Conference (...)". Eds. M.Hrabal, M. Opletalova, G. Orlitova, B. Haltofova, hal. 239-255, April.
  21. Manzoor, A. (2019). Innovation in Small and Medium Enterprises, Growth of SMEs and Economic Development of Pakistan. International Journal of Scientific & Engineering Research, Vol. 10 Issue 4, April, hal. 986–990.
  22. Mettasari, Dwiyana. 2019. Pengaruh Iklan, Word Of Mouth Dan Price Consciousness Terhadap Minat Beli Ulang Secara Online Di Shopee. Sanata Dharma University. https://repository.usd.ac.id/34778/
  23. Mujahadah, Isra Nur dan Bethani Suryawardani. 2018.The Influence Of Event Marketing On Purchasing Decisions At Pt. Traveland Convex Indonesia 2018. Prodi D3 Manajemen Pemasaran, Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom. e-Proceeding of Applied Science : Vol.4, No.3 Desember 2018.
  24. Noor, Any. 2013. Manajemen Event. Bandung : Alfabeta
  25. Peter, J Paul dan Olson, Jerry C. 2014. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Edisi keempat, Erlangga.
  26. Priansya, Donni Juni. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
  27. Rohwiyati, R., & Praptiestrini, P. (2019). The Effect of Shopee e-Service Quality and Price Perception on Repurchase Intention: Customer Satisfaction as Mediation Variable. Indonesian Journal of Contemporary Management Research, 1(1), 47. https://doi.org/10.33455/ijcmr.v1i1.86.
  28. Sari, Ni Kadek Aprilia Yurika, Ni mMade Rastini. 2022. PENGARUH E-WOM, KEPERCAYAAN, DAN KEPUASAN TERHADAP NIAT BELI KEMBALI: STUDI PADA PELANGGAN SITUS SHOPEE. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Negara. Jurnal Manajemen, Vol. 11, No. 4, 2022 : 635-657 ISSN : 2302-8912. DOI: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i04.p01 635
  29. Sasmita, J., & Mohd Suki, N. (2015). Young consumers’ insights on brand equity: Effects of brand association, brand loyalty, brand awareness, and brand image. International Journal of Retail and Distribution Management, Vol. 43 No.3, hal.276–292. https://doi.org/10.1108/IJRDM-02-2014-0024
  30. Saronto, A. A., & Rosinta, F. (2013). Pengaruh Event Marketing Cornetto Summer Music Festival 2012 Terhadap Minat Beli Cornetto. Ilmu Administrasi Niaga, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia
  31. Setiawati, Cut Irna., dan Vicha Tafeni Meitsari. 2020. Analisis Event Marketing dan Keputusan Pembelian Produk Fashion local dikalangan Pengujung KICKEST Bandiung. Administarsi Bisnis. Fakultas Komunikasi dan Bisnis. Universitas Telkom Bandung. Al Tijarah: Vol. 6 No. 2, December 2020 (97-117). p-ISSN: 2460-4089 e-ISSN: 2528-2948 Available at: http://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/altijarah
  32. Thamrin, Abdullah dan Francis Tantri. 2016. Manajemen Pemasaran. Depok : PT Raja Grafindo Persada.
  33. Yan, Q., Wang, L., Chen, W., & Cho, J. (2016). Study on the influencing factors of unplanned consumption in a large online promotion activity. Electronic Commerce Research, 16(4), 453–477. https://doi.org/10.1007/s10660-016-921 5-x
  34. Yasri, Yasri., Perengki Susanto,. Mohammad Enamul Hoque dan Mia Ayu Gusti. Price Perception and Price Appearance on repurchase intention of Gen Y ; do Brand Experience and brand Preference mediate. Departemen of Management Faculty of Economic, Universitas negeri Padang, Indonesia. https://www.researchgate.net/deref/https%3A%2F%2Fdoi.org%2F10.1016%2Fj.heliyon.2020.e05532.