Main Article Content

Abstract

Persaingan bisnis yang kian ketat menuntut perusahaan untuk mengelola Manajemen Rantai Pasokan (MRP) secara efektif guna mencapai efisiensi operasional dan respons pasar yang superior. Meskipun MRP diyakini sebagai sumber Keunggulan Kompetitif, masih terdapat kebutuhan untuk menguji secara empiris peran spesifik dari keunggulan tersebut dalam mentranslasikan praktik MRP menjadi Kinerja Perusahaan yang lebih tinggi di berbagai konteks industri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menganalisis secara mendalam model mediasi di mana Keunggulan Kompetitif berperan vital dalam menjembatani pengaruh praktik MRP terhadap peningkatan Kinerja Perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 30. Pengumpulan data menggunakan lembar angket, sedangkan strategi analisis menggunakan Analisis Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pengaruh langsung X terhadap Z adalah 0,204, dan pengaruh tidak langsung X terhadap Y melalui Z adalah 0,649 yang berarti bahwa pengaruh langsung lebih kecil dibandingkan dengan pengaruh tidak langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa X melalui Z memiliki pengaruh signifikan secara tidak langsung terhadap Y.

Keywords

Manajemen Rantai Pasok; Keunggulan Kompetitif; Kinerja Perusahaan

Article Details

How to Cite
Barus, T. J., Maidalena, & Atika. (2025). Pengaruh Manajemen Rantai Pasokan Terhadap Keunggulan Kompetitif dan Kinerja Perusahaan Sebagai Melalui Keunggulan Kompetitif Sebagai Variabel Mediasi: Studi pada Linus Motor Deli Serdang. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(4), 778–787. https://doi.org/10.57178/paradoks.v8i4.1825

References

  1. Abduh Malik Ahmad Arrasyid, & Nurbaiti. (2022). ANALISIS KUALITAS PRODUK DAN LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI AMARO COFFEE SHOP. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4).
  2. Andriani, D. (2014). Analisis Balance Scorecard (Bsc )Sebagai Alat Pengukur Kinerja Pada Pt. Novell Pharmaceutical Laboratories Cabang Pekanbaru. 72.
  3. Anjasmara, I. R., & Subari, S. (2023). Analisis Manajemen Rantai Pasok (Supply Chain Management) Cabai Rawit di Kabupaten Kediri. Agriscience, 4(1), 165–183. https://doi.org/10.21107/agriscience.v4i1.15888
  4. Aprilianingsih, L., Ekowati, T., & Nurfadillah, S. (2022). Analisis Manajemen Rantai Pasok Benih Padi Lokal di PT Saprotan Benih Utama, Kabupaten Sragen. Agricore: Jurnal Agribisnis Dan Sosial Ekonomi Pertanian Unpad, 7(1), 22–35. https://doi.org/10.24198/agricore.v7i1.39335
  5. Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
  6. Devyana, M., Rahmani, N. A. B., & Dharma, B. (2023). Analisis Manajemen Rantai Pasokan Industri Rumahan Tahu Di Dusun I Sidorukun Kabupaten Labuhan Batu. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(2), 1553–1567. https://doi.org/10.31955/mea.v7i2.3224
  7. Hantono. (2020). Metodologi Penelitian Skripsi dengan Aplikasi SPSS.
  8. Haryanto, J., & Lunarindiah, G. (2023). Pengaruh Strategi Manajemen Rantai Pasok Terhadap Kinerja Operasional Dengan Mediasi Kompetensi Organisasi Pada Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(1), 1187–1196. https://doi.org/10.25105/jet.v3i1.15978
  9. Hidayat, N., Asmanita Wati, N. Z., & Oktaviani, N. (2024). Analisis Manajemen Rantai Pasok (Supply Chain Management) Guna Optimalisasi Distribusi Usaha Mikro Kecil Menengah Pengepulan Kepiting di Wilayah Tarakan. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(4), 2628–2636. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i4.1144
  10. Ilmiyati, A., & Munawaroh, M. (2016). Pengaruh Manajemen Rantai Pasokan Terhadap Keunggulan Kompetitif Dan Kinerja Operasional (Studi pada Usaha Kecil dan Menengah di Kabupaten Bantul). Jurnal Manajemen Bisnis, 7(2), 226–251.
  11. Indramora Siregar, O., & Atika. (2021). PERAN ETIKA KERJA DAN MOTIVASI KERJA BAGI KINERJA KARYAWAN PT. SUN LIFE FINANCIAL CABANG MEDAN. PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 1(03).
  12. Indriani, D., Mulyatini, N., & Herliana, E. (2020). Analisis Manajemen Rantai Pasokan Dalam Meningkatkan Performa Bisnis (Studi Pada Pabrik Roti Java Family Bakery Banjar Anyar Kabupaten Ciamis). Business Management and Entrepreneurship Journal, 2(2), 36–59.
  13. Li, S., Ragu-Nathan, B., Ragu-Nathan, T. S., & Subba Rao, S. (2006). The impact of supply chain management practices on competitive advantage and organizational performance. Omega, 34(2), 107–124. https://doi.org/10.1016/j.omega.2004.08.002
  14. Mariza Ita. (2003). Pengukuran kinerja dengan Balanced Scorecard. The Winners, 4(2), 127–137.
  15. Neely, A., Gregory, M., & Platts, K. (2005). Performance measurement system design: A literature review and research agenda. International Journal of Operations and Production Management, 25(12), 1228–1263. https://doi.org/10.1108/01443570510633639
  16. Prabowo, I., & Nasito, M. (2023). Pengaruh Manajemen Rantai Pasokan Terhadap Kinerja Operasional pada SRC (Sampoerna Retail Community). Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6), 541–553.
  17. Prasetyo, M. B., & Ngaini, S. N. (2022). Pengaruh Manajemen Rantai Pasok terhadap Daya Saing Melalui Efisiensi Produksi. Selekta Manjemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis &Manajemen, 01(04), 209–220.
  18. Putri Khairani Pratiwi, Annio Indah Lestari Nasution, & Rizka Azriani Tanjung. (2023). Analisa Aplikasi Supply Chain Management Telkom (SCMT) untuk Pendataan Pengeluaran & Pengembalian Barang NTE PT. Telkom Datel Sibolga. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 247–253. https://doi.org/10.55606/jekombis.v3i1.3129
  19. Rahayu, H., Elwan, M., & Dewinta. (2024). Analisis Manajemen Rantai Pasok dalam Meningkatkan Kinerja Operasional Pabrik Penggilingan Padi (Studi Kasus Pada UD Putra Tunggal Kolaka Timur). Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 310–325.
  20. Rifaldi Dwi Syahputra, & Nuri Aslami. (2023). Prinsip-Prinsp Utama Manajemen George R. Terry. Manajemen Kreatif Jurnal, 1(3), 51–61. https://doi.org/10.55606/makreju.v1i3.1615
  21. Saputri, D. L., Ichwani, T., & Nawasiah, N. (2024). Pengaruh Manajemen Rantai Pasokan Terhadap Kinerja Perusahaan dan Keunggulan Bersaing sebagai Variabel Intervening Pada PT Mukti Lintas Media. Jimp, 4(1), 24–31.
  22. Sarwono, J. (2011). Mengenal Path Analysis (Sarwono). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 11, 285–296.
  23. Sudaryono. (2011). Aplikasi Analisis (Path Analysis) Berdasarkan Urutan Penempatan Variabel dalam Penelitian. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Vol. 17, N, 391–403.
  24. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.