Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi budaya kerja terhadap efektivitas promosi kreatif dan direct selling pada UMKM kuliner di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda yang diolah melalui SPSS terhadap 98 pelaku UMKM kuliner. Yang kemudian dianalisis lebih lanjut melalui pendekatan sequential mixed methods terutama srategi eksplanatoris sekuensial yang merupakan strategi bagi peneliti untuk menggabungkan data yang ditemukan dari metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa kedua strategi pemasaran tersebut berpengaruh signifikan terhadap budaya kerja, dengan nilai t masing-masing 8,900 dan 7,918 pada tingkat signifikansi 0,000. Nilai R Square sebesar 0,706 mengindikasikan bahwa 70,6% variasi budaya kerja dijelaskan oleh kedua variabel, sementara 29,4% dipengaruhi faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Data lapangan diperkuat dengan wawancara mendalam dan observasi, yang menemukan bahwa keterlibatan UMKM dalam car free day serta pemanfaatan media sosial memperlihatkan adaptasi budaya kerja yang progresif dan responsif terhadap digitalisasi. Temuan ini menegaskan bahwa budaya kerja yang adaptif, inovatif, dan kolaboratif menjadi fondasi penting bagi keberhasilan strategi pemasaran UMKM kuliner. Implikasi penelitian ini menyoroti perlunya penguatan budaya kerja untuk memperbesar daya saing, sekaligus merekomendasikan penelitian lanjutan terkait faktor internal lain yang berpengaruh terhadap keberlanjutan UMKM.

Keywords

Budaya Kerja Direct Selling Kontribusi Promosi Kreatif UMKM Kuliner

Article Details

How to Cite
Gusti, D. H., Haeranah, H., Lobo, D. ., & Askar, H. . (2025). Kontribusi Budaya Kerja dalam Meningkatkan Efektivitas Promosi Kreatif dan Direct Selling pada UMKM Kuliner. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.57178/paradoks.v9i1.1842

References

  1. Aksoy, H. (2017). How do innovation culture, marketing innovation and product innovation affect the market performance of small and medium-sized enterprises (SMEs)? Technology in Society, 51, 133–141. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2017.08.005
  2. Aprizal, A., & Nurdiansyah, N. (2023). Pengaruh Perkembangan Umkm Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Kab. Jeneponto. AkMen JURNAL ILMIAH, 20(1), 63–72. https://doi.org/https://doi.org/10.37476/akmen.v20i1.3518
  3. Attaymini, R. (2024). Transformasi Promosi Bisnis Melalui Media Sosial Di Era Digital Pada Akun @Glzoojogja. SOURCE: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 146–161.
  4. Barus, D. R., Simamora, H. N., Sihombing, M. G. S., Panjaitan, J., & Saragih, L. S. (2023). Tantangan dan Strategi Pemasaran UMKM di Era Teknologi dan Digitalisasi. Journal of Creative Student Research, 1(6), 357–365. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i6.3031
  5. Baviga, R., Irvianti, L. S. D., Napisah, S., Adhikara, C. T., & Boari, Y. (2023). MANAJEMEN UMKM: Mengelola SDM untuk meningkatkan produktifitas UMKM di Indonesia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
  6. Bisri, B., Fitra, S., Widyastuti, T., & Aria, R. R. (2024). Pengembangan UMKM untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Indonesia. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 6052–6054. https://doi.org/https://doi.org/10.57093/metansi.v6i2.234
  7. Budiwaskito, R. (2010). Margin of Error. Probabilitas Dan Statistik.
  8. Bukhari, S., Abas, B., Farrukh, M., & Zargar, S. M. (2025). Innovative horizons: the role of cultural intelligence in encouraging constructive deviance and the mediating role of employee engagement in hotels. Journal of Hospitality and Tourism Insights, 8(3), 1133–1149. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/JHTI-01-2024-0116
  9. Creswell, J. W. (2010). Research Design:Pendekatan Kualitatif,Kuantitatif dan Mixed. Pustaka Pelajar.
  10. Deviastri, L., & Annisa, I. T. (2022). Peran Inovasi, Kolaborasi dan Media Sosial terhadap Kinerja Usaha UMKM di DKI Jakarta. Jurnal Orientasi Bisnis Dan Entrepreneurship (JOBS), 3(1), 52–63.
  11. Dewanty, K. C., Bukhari, E., & Nursal, M. F. (2024). Pengaruh Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja dan Budaya Kerja terhadap Disiplin Kerja Karyawan pada UMKM Blush Eyewear Kota Bekasi. Journal of Islamic Economics and Finance, 2(3), 221–239. https://doi.org/https://doi.org/10.59841/jureksi.v2i3.1619
  12. Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Jeneponto. (2024). Jumlah Usaha Mikro Yang menjadi Wirausaha Kab. Jeneponto.
  13. Diskominfo-SP. (2023a). Jumlah Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Menurut Kabupaten/Kota Di Sulawesi Selatan. Open Data Sulawesi Selatan. https://satudata.sulselprov.go.id/dataset/detail/jumlah-usaha-mikro-kecil-dan-menengah-menurut-kabupaten-kota-di-sulawesi-selatan#
  14. Diskominfo-SP. (2023b). Jumlah Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Menurut Kabupaten/Kota Di Sulawesi Selatan. Open Data Sulawesi Selatan.
  15. Dwi Putro, A., Ruddy Cahyadi, E., & Anggraini, E. (2025). The Influence of Digital Transformation On The Performance of Culinary SMEs in Bogor District Using The Technology Organization Environment (TOE) Model. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship (IJBE), 11(2), 344–354. https://doi.org/https://doi.org/10.17358/ijbe.11.2.344
  16. Fatmawati, S. R. (2020). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Etos Kerja Islam Dengan Budaya Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada BMT MBS Syariah Jiwan Kab. Madiun. IAIN Ponorogo.
  17. Gusti, D. H. (2022). Pengaruh budaya kerja dan disiplin kerja terhadap produktivitas kerja. Jurnal Mirai Management, 7(3), 549–564. https://doi.org/https://doi.org/10.37531/mirai.v7i3.3419
  18. Halim, J. (2023). Pengaruh Lingkungan Bisnis Dan Kreativitas Terhadap Kinerja Usaha Umkm Jalan Sumatera Medan. STIE Eka Prasetya.
  19. Jessop, A., & Jessop, A. (2018). Margin of error. Let the Evidence Speak: Using Bayesian Thinking in Law, Medicine, Ecology and Other Areas, 39–51. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-3-319-71392-2_6
  20. Khair, A. U., Sutomo, D. A., Mirwan, S. H., & Haeranah, H. (2024). Sosialisasi Pendampingan Umkm Dalam Menerapkan Manajemen Kinerja Yang Efektif. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5631–5638. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.30451
  21. Kin, N. (2024). Strategi Pengembangan UMKM untuk Peningkatan Ekonomi Lokal. Circle Archive, 1(5).
  22. Lindiani, L., Registiana, I., Fajrullah, F., & Noviyanti, I. (2024). Analisis Strategi Promosi Bisnis UMKM Coffee Shop Dengan Menggunakan Media Sosial: Studi Kasus: Triple Seven Pangkalpinang. Jurnal Bintang Manajemen, 2(2), 75–93.
  23. Malikhah, I., Nst, A. P., & Sari, Y. (2024). Implementasi Kompetensi SDM Terhadap Kinerja UMKM. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 7(2), 225–235. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/maneggio.v7i2.21773
  24. Mas’ud, L. P., & Susilo, M. Y. (2023). Peran Umkm Dalam Membangun Dan Menumbuhkan Ekonomi Kreatif Di Era Revolusi 5.0 Menuju Ekonomi Global. Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 6(2), 266–275. https://doi.org/https://doi.org/10.57093/metansi.v6i2.234
  25. Masriah, I., Hotimah, E., & Sugiyanti, A. (2024). Tantangan Dan Solusi Bisnis UMKM Di Era Digital. JPPI: Jurnal Pengabdian Pelita Insani, 1(01), 12–20.
  26. Naushad, M. (2022). SME innovation and employee creativity: The role of entrepreneurial leadership. Problems and Perspectives in Management, 20(4), 560.
  27. Ningrum, R., & Rahim, R. (2023). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Media Promosi Pada UMKM Rujak Simpang Jodoh. REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(3), 1403–1412.
  28. Novie, M. (2024). Creative Marketing Strategies for Food SMEs: Enhancing Brand Visibility and Customer Loyalty in a Competitive Market and Economy. International Journal of Economics Development Research, 5(6), 5467–5482. https://doi.org/https://doi.org/10.37385/ijedr.v6i1.6573
  29. Nurmalasari, L. (2021). Pengaruh social media marketing dan keterlibatan konsumen terhadap keputusan pembelian secara online (Studi kasus pada UMKM bidang kuliner). Jurnal Apresiasi Ekonomi, 9(3), 288–300.
  30. Purnama, S., Bangun, C. S., Panjaitan, A. R. S., & Sampoerna, S. T. (2022). The effect of digitalization on culinary msmes on increasing sales turnover during covid 19 pandemic. Aptisi Transactions on Technopreneurship (ATT), 4(1), 58–67. https://doi.org/https://doi.org/10.34306/att.v4i1.228
  31. Purnomo, Y. J. (2024). The role of innovation and creativity in business management to enhance SME economy in the creative industry. Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business, 4(3), 858–871.
  32. Radyanto, M. R., & Prihastono, E. (2020). Pengembangan Sistem Pendampingan Usaha Berkelanjutan Bagi UMKM Berbasis Sistem Manajemen Kinerja. Opsi, 13(1), 17–24. https://doi.org/https://doi.org/10.31315/opsi.v13i1.3467
  33. Rahayu, S., Diatmika, I. P. G., & Haryadi, W. (2022). Analisis potensi wisata kuliner dalam mendukung perekonomian umkm pesisir saliper ate di kabupaten sumbawa. Jurnal Riset Kajian Teknologi Dan Lingkungan, 5(1), 1–8.
  34. Rahmatiah, R., Maryadi, M., & Gusti, D. H. (2022). Pengaruh Budaya Kerja, Disiplin Kerja Dan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Terhadap Kinerja ASN Pada Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Aplikasi Manajemen & Kewirausahaan MASSARO, 4(2), 120–135. https://doi.org/https://doi.org/10.37476/massaro.v4i2.2764
  35. Sari, R. R., Ashriana, A. N., & Abdillah, A. (2025). Kontribusi Strategi Pemasaran Instagram Ads, Celebrity Endorsement, dan Direct Marketing dalam Meningkatkan Minat Pendaftaran Siswa Baru di Al Khodijah Elementary School Kota Mojokerto. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 16(01), 84–94. https://doi.org/https://doi.org/10.33059/jseb.v16i1.10802
  36. Seyyedamiri, N., Karimi, A., Khosravi, S. S., & Ghamkhar, S. (2021). Creative advertising and business performance: An investigation of small and medium-sized enterprise in the traditional Iranian food industry. Journal of Foodservice Business Research, 24(1), 74–100. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/15378020.2020.1848261
  37. Simbolon, S. (2017). Pengaruh kepemimpinan visioner, motivasi, dan kompetensi terhadap budaya kerja dan komitmen serta implikasinya pada kinerja dosen. Kontigensi: Scientific Journal of Management, 5(2), 87–97.
  38. Singarimbun, M., & Effendi, S. (2019). Metode Penelitian Survai. LP3ES (Lembaga Penelitian, Pendidikan, dan Penerangan Ekonomi dan Sosial).
  39. Siswanti, Y., & Nurhariati, E. (2022). The influence of organizational culture to innovation behavior: a hierarchical linear modelling approach. Journal of International Conference Proceedings, 5(5), 267–284. https://doi.org/https://doi.org/10.32535/jicp.v5i5.2087
  40. Utami, S., Rufaidah, A., & Nisa, A. (2020). Kontribusi self-efficacy terhadap stres akademik mahasiswa selama pandemi Covid-19 periode April-Mei 2020. TERAPUTIK Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 8.
  41. Wardyah, N. S. (2023, April 3). Sulsel jadi daerah pertama canangkan zona kuliner KHAS. Antara Kantor Berita Indonesia. https://www.antaranews.com/berita/3470631/sulsel-jadi-daerah-pertama-canangkan-zona-kuliner-khas
  42. Windusancono, B. A. (2021). Upaya percepatan pertumbuhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia. Mimbar Administrasi Fisip Untag Semarang, 18(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.56444/mia.v18i1.557