Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh word of mouth marketing dan brand awareness terhadap peningkatan penjualan pada Ghalib Studio. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi penelitian mencakup seluruh pengunjung maupun mereka yang pernah melakukan kunjungan, dengan sampel sebanyak 97 responden yang ditentukan melalui teknik insidental sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, serta kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis melalui uji parsial (t), uji simultan (F), serta koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa word of mouth marketing berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan secara parsial, demikian pula brand awareness terbukti berpengaruh signifikan secara parsial. Secara simultan, kedua variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan dengan kontribusi sebesar 65,2%, sedangkan 34,8% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Temuan ini menegaskan pentingnya optimalisasi word of mouth marketing dan brand awareness sebagai strategi efektif dalam mendorong peningkatan penjualan pada Ghalib Studio.

Keywords

Word of Mouth Marketing Brand Awareness Increased Sales

Article Details

How to Cite
Suci Reski Aninda, Ramli, & Mu’fidatul Nurul Hajjad. (2025). Peran Word of Mouth Marketing dan Brand Awareness dalam Meningkatkan Penjualan pada Ghalib Studio. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(4), 558–570. https://doi.org/10.57178/paradoks.v8i4.1862

References

  1. Al Qur’an Surah Al-Isra Ayat 23. Kementerian Agama Republik Indonesia.
  2. Abbas, M., Minarti, A., & Umrah, T. (2022). Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Toko Sulawesi Soppeng. Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen dan Akuntansi), 5(1), 49-56.
  3. Agnesia, T., Rachman, I.A., Rahayu, F. (2022). Pengaruh Brand Awareness, Perceived Quality Dan Brand Loyalty Terhadap Brand Equity Pada Produk Pasta Gigi. Jurnal Ekonomi Trisakti, 2(2), 1541–1550.
  4. Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran. PT Grafindo Persada.
  5. Daryanto. (2017). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Satu Nusa.
  6. Diwati, F., & Santoso, T. I. (2015). Pengaruh Strategi Integrated Marketing Communication (IMC) terhadap Keputusan Membeli Konsumen pada Binsis Tour & Travel di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal EBANK, 6(2), 33-54.
  7. Eliasari, P.R.A., Sukaatmadja, I.P.G. (2017). Pengaruh Brand Awareness terhadap Purchase-intention Dimediasi oleh Perceived-quality Dan-brand-loyalty. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, (6)12, 6620-6650.
  8. Hughes, M. (2015). Buzz Marketing. Elex Media Computindo.
  9. Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
  10. Ismail, F. (2018). Statistika. Prenada Media Group.
  11. Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran (Mc Daniel, penerjemah; edisi ke-13). Erlangga (Terbitan asli 2006).
  12. Kotler, P., & Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I, Edisi ke 13. Penerbit Erlangga.
  13. Kotler, P., & Keller, K.L. (2016). Strategi Pemasaran. PT. Gramedia Pusaka Utama.
  14. Lupiyoadi, R., (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Salemba Empat.
  15. Marwan. (2017). Ilmu Pemasaran. Ghalia.
  16. Muzaqqi, A., Fauzi, A., & Suyadi, I. (2016). Pengaruh Kesadaran Merek, Kesan Kualitas, Asosiasi Merek dan Loyalitas Merek terhadap Ekuitas Merek. Jurnal Administrasi dan Bisnis (JAB), 31(1), 26-34.
  17. Ramli, S., & Ferils, M. (2023). Tips dan Trik Riset Skripsi Ekonomi dan Bisnis. Ruang Karya.
  18. Sanusi, A. (2011). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat
  19. Saptutynlingsih, E. & Setyaningrum, E. (2020). Penelitian Kuantitatif Metode dan Alat. Gosyen Publishing.
  20. Sernovitz, A. (2009). Word of Mouth Marketing. Kaplan.
  21. Steven. (2022). Manajemen Pemasaran. CV Eureka Media Aksara.
  22. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
  23. Sukarya, G.D. 2009. Kiat Sukses Deniek G. Sukarya dalam Fotografi dan Stok Foto. PT. Elex Media Komputindo.
  24. Sumardy, M., & Melina. (2011). Rest in Peace Advertising : Killed By The Power Of Word Mouth. PT. Gramedia Pustaka Utama.
  25. Switala, M., Gamrot, W., Reformat, B., Bilińska-Reformat, K. (2018). The Influence Of Brand Awareness And Brand Imageon Brand Equity – An Empirical Study Of Logisticsservice Providers. Journal of Economics and Management, 33(3), 96–119.
  26. Wekke, I. S. (2019). Metode Penelitian Sosial. CV Adi Karya Mandiri.