Main Article Content
Abstract
Penelitian ini menganalisis bentuk, dampak, serta faktor pendorong dan penghambat sinergi pemasaran di Kawasan Pendidikan Muhammadiyah Sumberrejo, Bojonegoro. Metode kualitatif deskriptif diterapkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen, yang ditafsirkan secara tematik dengan merujuk pada relationship marketing, Integrated Marketing Communication (IMC), Institutional Theory, dan Resource-Based View. Temuan menunjukkan bahwa strategi pemasaran masih didominasi pendekatan tradisional yang bergantung pada jejaring sosial lokal, dengan word of mouth sebagai saluran utama. Sinergi antarunit pendidikan meningkatkan visibilitas kelembagaan, menekan biaya promosi, dan memperkuat loyalitas masyarakat, namun masih bersifat insidental dan belum memiliki perencanaan yang terstruktur. Hambatan utama mencakup keterbatasan sumber daya manusia yang menangani promosi, rendahnya pemanfaatan digital, serta narasi kelembagaan yang belum optimal sebagai unique selling point. Penelitian ini merekomendasikan pembentukan tim promosi lintas unit, penguatan pesan kelembagaan, pengembangan program unggulan, dan peningkatan kapasitas promosi. Temuan ini memperkaya kajian pemasaran pendidikan berbasis nilai serta menawarkan model yang dapat direplikasi pada kawasan pendidikan Muhammadiyah lainnya.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Adams, D., Lok Tan, K., Sandmeier, A., & Skedsmo, G. (2023). School Leadership that Supports Health Promotion in Schools: A Systematic Literature Review. Health Education Journal, 82(6). https://doi.org/10.1177/00178969231180472
- Ainunnisa, A. U., Raharja, S., & Putera, A. R. (2023). The Mckinsey 7S Framework and School Branding: An Exploratory Study at Private Islamic Elementary School. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 10(2). https://doi.org/10.21043/elementary.v10i2.16145
- Aripin, S., Hendri Irawan, Wendi Usino, & Ita Novita. (2023). Penerapan E-CRM untuk Meningkatkan Pelayanan Orang Tua Siswa Pada SMA Islamic Centre Kota Tangerang. KRESNA: Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.36080/kresna.v3i1.74
- Basorah, M., Roesminingsih, E., & Khamidi, A. (2024). Strategi Pemasaran Sekolah dalam Menarik Minat Masyarakat. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(1), 103–119. https://doi.org/10.24246/j.jk.2024.v11.i1.p103-119
- Braun, V., & Clarke, V. (2022). Thematic Analysis: A practical Guide to Understanding and Doing.
- Budiarti, E., Anggreini, D., Susanti, D. A. P., Damayanti, Y., & Yunita, Y. (2023). Strategi Branding Sekolah dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat di Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.2074
- Chaniago, E. A., & Ariyani, N. (2023). Marketing Management’s View of Integrated Marketing Communications. Journal of Social Research, 2(2). https://doi.org/10.55324/josr.v2i2.668
- Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. In SAGE Publications, Inc.
- Firdaus, F. I., & Nuzula, Z. F. (2023). Tinjauan Nilai-Nilai Pemasaran Islam terhadap Pelaksanaan Komunikasi Pemasaran pada Kegiatan Penerimaan Santri Baru. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 35–40. https://doi.org/10.29313/jres.v3i1.1739
- Frimpong, F. K. S., Hope, E., & Anane-Donkor, L. (2022). Investigating Marketing Communication Mix on Brand Performance Indicators. International Journal of Online Marketing, 12(1), 1–21. https://doi.org/10.4018/IJOM.299400
- Gerhart, B., & Feng, J. (2021). The Resource-Based View of the Firm, Human Resources, and Human Capital: Progress and Prospects. Journal of Management, 47(7). https://doi.org/10.1177/0149206320978799
- Hairani, H., Susilowati, D., Puji Lestari, I., Marzuki, K., & Mardedi, L. Z. A. (2022). Segmentasi Lokasi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru Menggunakan Metode RFM dan K-Means Clustering. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 21(2). https://doi.org/10.30812/matrik.v21i2.1542
- Indriani, F., Diba, F., Ubaedullah, D., & Pratama, A. I. (2021). Strategi Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 6(2), 131–148. https://doi.org/10.15575/isema.v6i2.13656
- Istikomah, I. (2023). Elevating Educational Quality: A Management Strategy to Enhancing Muhammadiyah School Branding. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(3). https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v7i3.5756
- Junaedi, F., Risdiana, N., & Nisa, A. K. (2023). Branding Journalism for Trensains Muhammadiyah Sragen Senior High School Promotion. Proceeding International Conference of Community Service, 1(2). https://doi.org/10.18196/iccs.v1i2.111
- Marlina, D., Zahra, R., & Suhendi. (2025). Peran Komunikasi Interpersonal dalam Hubungan Mitra Kerja yang Berkelanjutan. Journal Central Publisher, 2(8), 2473–2479. https://doi.org/10.60145/jcp.v2i8.509
- Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Aanalysis: An Expanded Sourcebook. In Thousand Oaks, California : Sage Publications: Vol.
- Morgan, R. M., & Hunt, S. D. (1994). The Commitment-Trust Theory of Relationship Marketing. Journal of Marketing, 58(3). https://doi.org/10.1177/002224299405800302
- Nuraini, N., Syaifuddin, M., & Tambak, S. (2022). Supervisi Hubungan Masyarakat dalam Membangun Citra Positif Sekolah. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(2), 849–856. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1182
- Palguna, I. G. B. W., Nugraha, S. L., Satria, A. K., Rimarsya, A. A., & Hidayah, A. N. (2025). Peran Muhammadiyah dalam Mencetak Generasi Unggul Melalui Pendidikan. Fathir: Jurnal Studi Islam, 2(1), 82–95. https://doi.org/10.71153/fathir.v2i1.192
- Peters, B. G. (2022). Institutional theory. In Handbook on Theories of Governance. https://doi.org/10.5040/9781474274289.0014
- Pratiwi, D., Nur Hidayat, F., Andani, F., Nada Dzakiyyah, H., Nurhidayat, H. D., & Rochimawati, I. (2024). Strategi Marketing Mix dalam Rangka Menarik Peserta Didik Baru di MTs N 10 Magetan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 9(01). https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v9i01.330
- Saputri, S. A. S., Kusumaningrum, H., & Munawwaroh, Z. (2023). Strategi Digital Marketing dalam Meningkatkan School Branding. Educational Journal of Bhayangkara, 3(1). https://doi.org/10.31599/edukarya.v3i1.2375
- Suyatno, S. (2023). Ahmad Dahlan Abad 21: Menggagas Pembaharuan Pendidikan Abad ke-2 Muhammadiyah. JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN, 3(1). https://doi.org/10.12928/jimp.v3i1.8067
- Syafrizal, A. (2024). Strategi Pemasaran SD Swasta Islam Al-Fatih Tanjung Morawa dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Bashirah: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 5(2), 160–176. https://doi.org/10.51590/bashirah.v5i2.754
- Yanuarita, D., & Desnia, A. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Melalui Media Sosial Instagram sebagai Sarana Promosi di Sekolah Alam Kebun Tumbuh. Jurnal Penelitian Inovatif, 3(2). https://doi.org/10.54082/jupin.153
- Yasir, M., Maulida, N., & Jasmi. (2022). Pengaruh Nilai-nilai Islam terhadap Budaya Organisasi. Langgas: Jurnal Studi Pembangunan, 1(1), 26–30. https://doi.org/10.32734/ljsp.v1i1.8164
- Zulfiah, E., Putri, N. N. N., & Fadhilah, M. (2023). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Masuk Sekolah Dasar Islam Terpadu. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 414–422. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.606
References
Adams, D., Lok Tan, K., Sandmeier, A., & Skedsmo, G. (2023). School Leadership that Supports Health Promotion in Schools: A Systematic Literature Review. Health Education Journal, 82(6). https://doi.org/10.1177/00178969231180472
Ainunnisa, A. U., Raharja, S., & Putera, A. R. (2023). The Mckinsey 7S Framework and School Branding: An Exploratory Study at Private Islamic Elementary School. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 10(2). https://doi.org/10.21043/elementary.v10i2.16145
Aripin, S., Hendri Irawan, Wendi Usino, & Ita Novita. (2023). Penerapan E-CRM untuk Meningkatkan Pelayanan Orang Tua Siswa Pada SMA Islamic Centre Kota Tangerang. KRESNA: Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.36080/kresna.v3i1.74
Basorah, M., Roesminingsih, E., & Khamidi, A. (2024). Strategi Pemasaran Sekolah dalam Menarik Minat Masyarakat. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(1), 103–119. https://doi.org/10.24246/j.jk.2024.v11.i1.p103-119
Braun, V., & Clarke, V. (2022). Thematic Analysis: A practical Guide to Understanding and Doing.
Budiarti, E., Anggreini, D., Susanti, D. A. P., Damayanti, Y., & Yunita, Y. (2023). Strategi Branding Sekolah dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat di Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.2074
Chaniago, E. A., & Ariyani, N. (2023). Marketing Management’s View of Integrated Marketing Communications. Journal of Social Research, 2(2). https://doi.org/10.55324/josr.v2i2.668
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. In SAGE Publications, Inc.
Firdaus, F. I., & Nuzula, Z. F. (2023). Tinjauan Nilai-Nilai Pemasaran Islam terhadap Pelaksanaan Komunikasi Pemasaran pada Kegiatan Penerimaan Santri Baru. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 35–40. https://doi.org/10.29313/jres.v3i1.1739
Frimpong, F. K. S., Hope, E., & Anane-Donkor, L. (2022). Investigating Marketing Communication Mix on Brand Performance Indicators. International Journal of Online Marketing, 12(1), 1–21. https://doi.org/10.4018/IJOM.299400
Gerhart, B., & Feng, J. (2021). The Resource-Based View of the Firm, Human Resources, and Human Capital: Progress and Prospects. Journal of Management, 47(7). https://doi.org/10.1177/0149206320978799
Hairani, H., Susilowati, D., Puji Lestari, I., Marzuki, K., & Mardedi, L. Z. A. (2022). Segmentasi Lokasi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru Menggunakan Metode RFM dan K-Means Clustering. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 21(2). https://doi.org/10.30812/matrik.v21i2.1542
Indriani, F., Diba, F., Ubaedullah, D., & Pratama, A. I. (2021). Strategi Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 6(2), 131–148. https://doi.org/10.15575/isema.v6i2.13656
Istikomah, I. (2023). Elevating Educational Quality: A Management Strategy to Enhancing Muhammadiyah School Branding. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(3). https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v7i3.5756
Junaedi, F., Risdiana, N., & Nisa, A. K. (2023). Branding Journalism for Trensains Muhammadiyah Sragen Senior High School Promotion. Proceeding International Conference of Community Service, 1(2). https://doi.org/10.18196/iccs.v1i2.111
Marlina, D., Zahra, R., & Suhendi. (2025). Peran Komunikasi Interpersonal dalam Hubungan Mitra Kerja yang Berkelanjutan. Journal Central Publisher, 2(8), 2473–2479. https://doi.org/10.60145/jcp.v2i8.509
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Aanalysis: An Expanded Sourcebook. In Thousand Oaks, California : Sage Publications: Vol.
Morgan, R. M., & Hunt, S. D. (1994). The Commitment-Trust Theory of Relationship Marketing. Journal of Marketing, 58(3). https://doi.org/10.1177/002224299405800302
Nuraini, N., Syaifuddin, M., & Tambak, S. (2022). Supervisi Hubungan Masyarakat dalam Membangun Citra Positif Sekolah. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(2), 849–856. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1182
Palguna, I. G. B. W., Nugraha, S. L., Satria, A. K., Rimarsya, A. A., & Hidayah, A. N. (2025). Peran Muhammadiyah dalam Mencetak Generasi Unggul Melalui Pendidikan. Fathir: Jurnal Studi Islam, 2(1), 82–95. https://doi.org/10.71153/fathir.v2i1.192
Peters, B. G. (2022). Institutional theory. In Handbook on Theories of Governance. https://doi.org/10.5040/9781474274289.0014
Pratiwi, D., Nur Hidayat, F., Andani, F., Nada Dzakiyyah, H., Nurhidayat, H. D., & Rochimawati, I. (2024). Strategi Marketing Mix dalam Rangka Menarik Peserta Didik Baru di MTs N 10 Magetan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 9(01). https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v9i01.330
Saputri, S. A. S., Kusumaningrum, H., & Munawwaroh, Z. (2023). Strategi Digital Marketing dalam Meningkatkan School Branding. Educational Journal of Bhayangkara, 3(1). https://doi.org/10.31599/edukarya.v3i1.2375
Suyatno, S. (2023). Ahmad Dahlan Abad 21: Menggagas Pembaharuan Pendidikan Abad ke-2 Muhammadiyah. JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN, 3(1). https://doi.org/10.12928/jimp.v3i1.8067
Syafrizal, A. (2024). Strategi Pemasaran SD Swasta Islam Al-Fatih Tanjung Morawa dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Bashirah: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 5(2), 160–176. https://doi.org/10.51590/bashirah.v5i2.754
Yanuarita, D., & Desnia, A. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Melalui Media Sosial Instagram sebagai Sarana Promosi di Sekolah Alam Kebun Tumbuh. Jurnal Penelitian Inovatif, 3(2). https://doi.org/10.54082/jupin.153
Yasir, M., Maulida, N., & Jasmi. (2022). Pengaruh Nilai-nilai Islam terhadap Budaya Organisasi. Langgas: Jurnal Studi Pembangunan, 1(1), 26–30. https://doi.org/10.32734/ljsp.v1i1.8164
Zulfiah, E., Putri, N. N. N., & Fadhilah, M. (2023). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Masuk Sekolah Dasar Islam Terpadu. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 414–422. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.606