Main Article Content

Abstract

Penelitian ini menganalisis bentuk, dampak, serta faktor pendorong dan penghambat sinergi pemasaran di Kawasan Pendidikan Muhammadiyah Sumberrejo, Bojonegoro. Metode kualitatif deskriptif diterapkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen, yang ditafsirkan secara tematik dengan merujuk pada relationship marketing, Integrated Marketing Communication (IMC), Institutional Theory, dan Resource-Based View. Temuan menunjukkan bahwa strategi pemasaran masih didominasi pendekatan tradisional yang bergantung pada jejaring sosial lokal, dengan word of mouth sebagai saluran utama. Sinergi antarunit pendidikan meningkatkan visibilitas kelembagaan, menekan biaya promosi, dan memperkuat loyalitas masyarakat, namun masih bersifat insidental dan belum memiliki perencanaan yang terstruktur. Hambatan utama mencakup keterbatasan sumber daya manusia yang menangani promosi, rendahnya pemanfaatan digital, serta narasi kelembagaan yang belum optimal sebagai unique selling point. Penelitian ini merekomendasikan pembentukan tim promosi lintas unit, penguatan pesan kelembagaan, pengembangan program unggulan, dan peningkatan kapasitas promosi. Temuan ini memperkaya kajian pemasaran pendidikan berbasis nilai serta menawarkan model yang dapat direplikasi pada kawasan pendidikan Muhammadiyah lainnya.

Keywords

strategi pemasaran pemasaran pendidikan sekolah muhammadiyah komunikasi pemasaran terpadu

Article Details

How to Cite
Nurkakim, A., & Rahmawati, I. D. (2025). Sinergisitas Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan Swasta pada Satuan Pendidikan Muhammadiyah Sumberrejo. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(4), 673–693. https://doi.org/10.57178/paradoks.v8i4.1876

References

  1. Adams, D., Lok Tan, K., Sandmeier, A., & Skedsmo, G. (2023). School Leadership that Supports Health Promotion in Schools: A Systematic Literature Review. Health Education Journal, 82(6). https://doi.org/10.1177/00178969231180472
  2. Ainunnisa, A. U., Raharja, S., & Putera, A. R. (2023). The Mckinsey 7S Framework and School Branding: An Exploratory Study at Private Islamic Elementary School. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 10(2). https://doi.org/10.21043/elementary.v10i2.16145
  3. Aripin, S., Hendri Irawan, Wendi Usino, & Ita Novita. (2023). Penerapan E-CRM untuk Meningkatkan Pelayanan Orang Tua Siswa Pada SMA Islamic Centre Kota Tangerang. KRESNA: Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.36080/kresna.v3i1.74
  4. Basorah, M., Roesminingsih, E., & Khamidi, A. (2024). Strategi Pemasaran Sekolah dalam Menarik Minat Masyarakat. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(1), 103–119. https://doi.org/10.24246/j.jk.2024.v11.i1.p103-119
  5. Braun, V., & Clarke, V. (2022). Thematic Analysis: A practical Guide to Understanding and Doing.
  6. Budiarti, E., Anggreini, D., Susanti, D. A. P., Damayanti, Y., & Yunita, Y. (2023). Strategi Branding Sekolah dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat di Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.2074
  7. Chaniago, E. A., & Ariyani, N. (2023). Marketing Management’s View of Integrated Marketing Communications. Journal of Social Research, 2(2). https://doi.org/10.55324/josr.v2i2.668
  8. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. In SAGE Publications, Inc.
  9. Firdaus, F. I., & Nuzula, Z. F. (2023). Tinjauan Nilai-Nilai Pemasaran Islam terhadap Pelaksanaan Komunikasi Pemasaran pada Kegiatan Penerimaan Santri Baru. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 35–40. https://doi.org/10.29313/jres.v3i1.1739
  10. Frimpong, F. K. S., Hope, E., & Anane-Donkor, L. (2022). Investigating Marketing Communication Mix on Brand Performance Indicators. International Journal of Online Marketing, 12(1), 1–21. https://doi.org/10.4018/IJOM.299400
  11. Gerhart, B., & Feng, J. (2021). The Resource-Based View of the Firm, Human Resources, and Human Capital: Progress and Prospects. Journal of Management, 47(7). https://doi.org/10.1177/0149206320978799
  12. Hairani, H., Susilowati, D., Puji Lestari, I., Marzuki, K., & Mardedi, L. Z. A. (2022). Segmentasi Lokasi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru Menggunakan Metode RFM dan K-Means Clustering. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 21(2). https://doi.org/10.30812/matrik.v21i2.1542
  13. Indriani, F., Diba, F., Ubaedullah, D., & Pratama, A. I. (2021). Strategi Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 6(2), 131–148. https://doi.org/10.15575/isema.v6i2.13656
  14. Istikomah, I. (2023). Elevating Educational Quality: A Management Strategy to Enhancing Muhammadiyah School Branding. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(3). https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v7i3.5756
  15. Junaedi, F., Risdiana, N., & Nisa, A. K. (2023). Branding Journalism for Trensains Muhammadiyah Sragen Senior High School Promotion. Proceeding International Conference of Community Service, 1(2). https://doi.org/10.18196/iccs.v1i2.111
  16. Marlina, D., Zahra, R., & Suhendi. (2025). Peran Komunikasi Interpersonal dalam Hubungan Mitra Kerja yang Berkelanjutan. Journal Central Publisher, 2(8), 2473–2479. https://doi.org/10.60145/jcp.v2i8.509
  17. Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Aanalysis: An Expanded Sourcebook. In Thousand Oaks, California : Sage Publications: Vol.
  18. Morgan, R. M., & Hunt, S. D. (1994). The Commitment-Trust Theory of Relationship Marketing. Journal of Marketing, 58(3). https://doi.org/10.1177/002224299405800302
  19. Nuraini, N., Syaifuddin, M., & Tambak, S. (2022). Supervisi Hubungan Masyarakat dalam Membangun Citra Positif Sekolah. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(2), 849–856. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1182
  20. Palguna, I. G. B. W., Nugraha, S. L., Satria, A. K., Rimarsya, A. A., & Hidayah, A. N. (2025). Peran Muhammadiyah dalam Mencetak Generasi Unggul Melalui Pendidikan. Fathir: Jurnal Studi Islam, 2(1), 82–95. https://doi.org/10.71153/fathir.v2i1.192
  21. Peters, B. G. (2022). Institutional theory. In Handbook on Theories of Governance. https://doi.org/10.5040/9781474274289.0014
  22. Pratiwi, D., Nur Hidayat, F., Andani, F., Nada Dzakiyyah, H., Nurhidayat, H. D., & Rochimawati, I. (2024). Strategi Marketing Mix dalam Rangka Menarik Peserta Didik Baru di MTs N 10 Magetan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 9(01). https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v9i01.330
  23. Saputri, S. A. S., Kusumaningrum, H., & Munawwaroh, Z. (2023). Strategi Digital Marketing dalam Meningkatkan School Branding. Educational Journal of Bhayangkara, 3(1). https://doi.org/10.31599/edukarya.v3i1.2375
  24. Suyatno, S. (2023). Ahmad Dahlan Abad 21: Menggagas Pembaharuan Pendidikan Abad ke-2 Muhammadiyah. JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN, 3(1). https://doi.org/10.12928/jimp.v3i1.8067
  25. Syafrizal, A. (2024). Strategi Pemasaran SD Swasta Islam Al-Fatih Tanjung Morawa dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Bashirah: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 5(2), 160–176. https://doi.org/10.51590/bashirah.v5i2.754
  26. Yanuarita, D., & Desnia, A. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Melalui Media Sosial Instagram sebagai Sarana Promosi di Sekolah Alam Kebun Tumbuh. Jurnal Penelitian Inovatif, 3(2). https://doi.org/10.54082/jupin.153
  27. Yasir, M., Maulida, N., & Jasmi. (2022). Pengaruh Nilai-nilai Islam terhadap Budaya Organisasi. Langgas: Jurnal Studi Pembangunan, 1(1), 26–30. https://doi.org/10.32734/ljsp.v1i1.8164
  28. Zulfiah, E., Putri, N. N. N., & Fadhilah, M. (2023). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Masuk Sekolah Dasar Islam Terpadu. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 414–422. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.606