Main Article Content
Abstract
Penelitian bertujuan mengevaluasi efisiensi dan efektivitas Aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) dan Aplikasi Agen dalam mendukung pelayanan prima di PT. Pegadaian Cabang Bolo, Kabupaten Bima. Metode kualitatif dengan teknik wawancara dan observasi. Partisipan meliputi seluruh nasabah dan agen yang memanfaatkan kedua aplikasi tersebut. Akan tetapi, karena tidak semua nasabah maupun agen memiliki pengalaman yang sama dalam penggunaan aplikasi, maka peneliti menerapkan teknik purposive–convenience sampling dalam pemilihan informan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui empat metode, yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Analisis triangulasi data dilakukan melalui tiga cara, yaitu sumber, teknik, dan waktu. Analisis data dilakukan menggunakan model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, meliputi tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sekaligus verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) dinilai mampu memberikan kemudahan, efisiensi, kecepatan, dan keamanan bagi nasabah di PT. Pegadaian Cabang Bolo, Kabupaten Bima. Dan aplikasi PDS cukup efektif, terutama dalam menyediakan berbagai fitur seperti tabungan emas, cicil emas, pembayaran listrik, air, hingga pembelian pulsa di PT. Pegadaian Cabang Bolo, Kabupaten Bima. Serta sebagian besar dimensi SERVQUAL telah terpenuhi, meski masih terdapat ruang untuk perbaikan, terutama pada reliability dan tangibles.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Amaliah, M. (2023). Pengembangan Usaha Mikro Nasabah Melalui Pembiayaan Kreasi pada PT Pegadaian (PERSERO) Unit Pelayanan Cabang Suppa. IAIN Parepare.
- Anjeli, H. L. T., Khairul, U. K., & Pefriyadi, P. (2023). Analisis Efektivitas Dan Efisiensi Aplikasi PDS Di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Curup. Institut Agama Islam Negeri Curup.
- Arifin, I. Z., & Marlius, D. (2018). Analisis kinerja keuangan pt. pegadaian cabang ulak karang.
- Aulia, S. (2020). Pola perilaku konsumen digital dalam memanfaatkan aplikasi dompet digital. Jurnal Komunikasi, 12(2), 311–324.
- Barata, A. A. (2003). Dasar-dasar pelayanan prima. Elex Media Komputindo.
- Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
- Danuri, M. (2019). Perkembangan dan transformasi teknologi digital. Jurnal Ilmiah Infokam, 15(2).
- Davis, F. D. (1989). Technology acceptance model: TAM. Al-Suqri, MN, Al-Aufi, AS: Information Seeking Behavior and Technology Adoption, 205(219), 5.
- Denhardt, R. B., & Denhardt, J. V. (2003). The new public service: An approach to reform. International Review of Public Administration, 8(1), 3–10.
- Fadli, Z., Taufikurohman, M. R., Zani, M., Mursidah, M., Tebai, N., Melly, S., Herlina, H., & laka Buni, N. (2025). Ekonomi dan Manajemen Agribisnis. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.
- Feronica, B. M. (2022). Kepemimpinan san Efektivitas Kerja. Purwokerto: CV Pena Persada.
- Fikri, R. A. (2023). EFEKTIVITAS APLIKASI PEGADAIAN DIGITAL SERVICE (PDS) DALAM MEWUJUDKAN PELAYANAN PRIMA DI PT. PEGADAIAN CABANG MANADO TIMUR. IAIN MANADO.
- Fiqih Haryanto, M., Safuan, D. S., Musa, D. M. A. A., & SE, M. M. (2023). ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA PENGEMBANGAN BISNIS PT PEGADAIAN. Neomarketing, 1(1).
- Fitriani, E. L., Rahardjo, B., & Arifin, M. (2021). Tinjauan Atas Pelaksanaan Aplikasi Pegadaian Digital Service Pada Pt. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Cabang Cempala.
- Garbo, A. G., & Latifah, H. R. (2024). Optimasi pelayanan nasabah Bank Syariah Indonesia melalui penggunaan kecerdasan buatan. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(2).
- Gunawan, G. (2025). Analisis Penggunaan Aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) Pada Operasional Pegadaian Cabang Palu Barat. Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
- Handayaningrat, S., & Administrasi, P. S. (2013). Manajemen. Pustaka Sinar Harapan.
- Hartati, W. (2023). Efektivitas layanan pegadaian syariah digital service dalam meningkatkan jumlah nasabah di Pegadaian Syariah Siringo-Ringo Rantauprapat. UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
- Karnawijaya, N., & Rokhaniyah, S. (2022). Pegadaian Digital Service. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(3), 708–725.
- Latifah, F. N., Ardiani, N., & Yuliani, M. (2024). Buku Ajar Pegadaian Syariah. Umsida Press, 1–133.
- Maulani, D. (2020). E-Government: Efektivitas Layanan Aplikasi Pegadaian Syariah Digital Service (PSDS) pada Cabang Pegadaian Syariah Bogor Baru. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 3(2), 185–194.
- Meilani, A. R., Hasibuan, N. M., & Nasution, M. L. I. (2022). Service Strategy and Implementation of Digital Sharia Pawnshops in Increasing the Number of Customers in Rantau Prapat. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Keuangan, 3(3), 707–716.
- Meilani, A., & Sugiarti, D. (2022). Analisis Kualitas Layanan dan Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 2501–2510.
- Miles, M. B. A. M. H. J. S. (2016). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Nursing Standard (Royal College of Nursing (Great Britain) : 1987), 30(25), 33. https://doi.org/10.7748/ns.30.25.33.s40
- Nuraini, I. (2016). Pengantar Ekonomi Mikro. UMMPress.
- Osborne, S. P. (2006). The new public governance? 1. Taylor & Francis.
- Pakaya, A. C. F. (2021). Analisis Pelayanan Aplikasi Pegadaian Digital Service Dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah Di Pegadaian Cabang Malalayang. IAIN MANADO.
- Pramana, H. W. (2017). Definisi Aplikasi. wikipedia. org/wiki/Aplikasi. Dilihat Pada Tanggal, 3.
- Shahrin, A. A., Rozi, H. A. A., & Lutfi, M. (2025). Literasi Keuangan Nasabah terhadap Pemahaman Sistem Pembiayaan Pegadaian Syariah di Indonesia. Al-Maqashid: Journal of Economics and Islamic Business, 5(1), 27–39.
- Sudirman, A., Ratih, S. D., Manggabarani, A. S., Soegoto, A. S., Ratnasari, K., Burhanudin, J., Sari, P. N., Mardianto, D., Nugroho, H., & Kesuma, T. M. (2022). Manajemen Pemasaran Kontemporer.
- Sugiyono, 2019. (2019). Metode penelitian manajemen. Pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, tindakan kelas dan evaluasi. Bandung : Alafabeta.
- Supriadi, Y. (2022). Penerapan Sistem Aplikasi Pegadaian Digital Service Dalam Memudahkan Nasabah Bertransaksi Pada PT. Pegadaian (Persero) UPC Pagelaran. Jurnal Informatika Kesatuan, 2(1), 29–34.
- Suryani, T. (2017). Manajemen pemasaran strategik bank di era global. Prenada Media.
References
Amaliah, M. (2023). Pengembangan Usaha Mikro Nasabah Melalui Pembiayaan Kreasi pada PT Pegadaian (PERSERO) Unit Pelayanan Cabang Suppa. IAIN Parepare.
Anjeli, H. L. T., Khairul, U. K., & Pefriyadi, P. (2023). Analisis Efektivitas Dan Efisiensi Aplikasi PDS Di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Curup. Institut Agama Islam Negeri Curup.
Arifin, I. Z., & Marlius, D. (2018). Analisis kinerja keuangan pt. pegadaian cabang ulak karang.
Aulia, S. (2020). Pola perilaku konsumen digital dalam memanfaatkan aplikasi dompet digital. Jurnal Komunikasi, 12(2), 311–324.
Barata, A. A. (2003). Dasar-dasar pelayanan prima. Elex Media Komputindo.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Danuri, M. (2019). Perkembangan dan transformasi teknologi digital. Jurnal Ilmiah Infokam, 15(2).
Davis, F. D. (1989). Technology acceptance model: TAM. Al-Suqri, MN, Al-Aufi, AS: Information Seeking Behavior and Technology Adoption, 205(219), 5.
Denhardt, R. B., & Denhardt, J. V. (2003). The new public service: An approach to reform. International Review of Public Administration, 8(1), 3–10.
Fadli, Z., Taufikurohman, M. R., Zani, M., Mursidah, M., Tebai, N., Melly, S., Herlina, H., & laka Buni, N. (2025). Ekonomi dan Manajemen Agribisnis. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.
Feronica, B. M. (2022). Kepemimpinan san Efektivitas Kerja. Purwokerto: CV Pena Persada.
Fikri, R. A. (2023). EFEKTIVITAS APLIKASI PEGADAIAN DIGITAL SERVICE (PDS) DALAM MEWUJUDKAN PELAYANAN PRIMA DI PT. PEGADAIAN CABANG MANADO TIMUR. IAIN MANADO.
Fiqih Haryanto, M., Safuan, D. S., Musa, D. M. A. A., & SE, M. M. (2023). ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA PENGEMBANGAN BISNIS PT PEGADAIAN. Neomarketing, 1(1).
Fitriani, E. L., Rahardjo, B., & Arifin, M. (2021). Tinjauan Atas Pelaksanaan Aplikasi Pegadaian Digital Service Pada Pt. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Cabang Cempala.
Garbo, A. G., & Latifah, H. R. (2024). Optimasi pelayanan nasabah Bank Syariah Indonesia melalui penggunaan kecerdasan buatan. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(2).
Gunawan, G. (2025). Analisis Penggunaan Aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) Pada Operasional Pegadaian Cabang Palu Barat. Universitas Islam Negeri Datokarama Palu.
Handayaningrat, S., & Administrasi, P. S. (2013). Manajemen. Pustaka Sinar Harapan.
Hartati, W. (2023). Efektivitas layanan pegadaian syariah digital service dalam meningkatkan jumlah nasabah di Pegadaian Syariah Siringo-Ringo Rantauprapat. UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Karnawijaya, N., & Rokhaniyah, S. (2022). Pegadaian Digital Service. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(3), 708–725.
Latifah, F. N., Ardiani, N., & Yuliani, M. (2024). Buku Ajar Pegadaian Syariah. Umsida Press, 1–133.
Maulani, D. (2020). E-Government: Efektivitas Layanan Aplikasi Pegadaian Syariah Digital Service (PSDS) pada Cabang Pegadaian Syariah Bogor Baru. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 3(2), 185–194.
Meilani, A. R., Hasibuan, N. M., & Nasution, M. L. I. (2022). Service Strategy and Implementation of Digital Sharia Pawnshops in Increasing the Number of Customers in Rantau Prapat. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Keuangan, 3(3), 707–716.
Meilani, A., & Sugiarti, D. (2022). Analisis Kualitas Layanan dan Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 2501–2510.
Miles, M. B. A. M. H. J. S. (2016). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Nursing Standard (Royal College of Nursing (Great Britain) : 1987), 30(25), 33. https://doi.org/10.7748/ns.30.25.33.s40
Nuraini, I. (2016). Pengantar Ekonomi Mikro. UMMPress.
Osborne, S. P. (2006). The new public governance? 1. Taylor & Francis.
Pakaya, A. C. F. (2021). Analisis Pelayanan Aplikasi Pegadaian Digital Service Dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah Di Pegadaian Cabang Malalayang. IAIN MANADO.
Pramana, H. W. (2017). Definisi Aplikasi. wikipedia. org/wiki/Aplikasi. Dilihat Pada Tanggal, 3.
Shahrin, A. A., Rozi, H. A. A., & Lutfi, M. (2025). Literasi Keuangan Nasabah terhadap Pemahaman Sistem Pembiayaan Pegadaian Syariah di Indonesia. Al-Maqashid: Journal of Economics and Islamic Business, 5(1), 27–39.
Sudirman, A., Ratih, S. D., Manggabarani, A. S., Soegoto, A. S., Ratnasari, K., Burhanudin, J., Sari, P. N., Mardianto, D., Nugroho, H., & Kesuma, T. M. (2022). Manajemen Pemasaran Kontemporer.
Sugiyono, 2019. (2019). Metode penelitian manajemen. Pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, tindakan kelas dan evaluasi. Bandung : Alafabeta.
Supriadi, Y. (2022). Penerapan Sistem Aplikasi Pegadaian Digital Service Dalam Memudahkan Nasabah Bertransaksi Pada PT. Pegadaian (Persero) UPC Pagelaran. Jurnal Informatika Kesatuan, 2(1), 29–34.
Suryani, T. (2017). Manajemen pemasaran strategik bank di era global. Prenada Media.