Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengkajian secara ilmiah dan berbasis data mengenai seberapa besar pengaruh e-service quality terhadap perilaku kepatuhan para wajib pajak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh pengguna layanan e-samsat delivery di wilayah Kabupaten Dompu yang berjumlah 520 populasi. Sampel yang digunakan adalah calculator sample siza degan tingkat error 10%. sehingga diperoleh sampel sebanyak 82 orang. Data yang diperoleh melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan metode analisis regresi linier sederhana dengan uji keabsahan data melaluli, uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik melalui, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, serta uji hipotesis melalui, uji t, dan determinasi R2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor yang menggunakan Aplikasi E-Samsat Delivery. Nilai t hitung sebesar 9,734 lebih besar daripada t tabel 1,664 dengan tingkat signifikansi 0,000 kurang dari 0,05, sehingga hipotesis alternatif penelitian diterima.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Abdullah, S. W., Tuli, H., & Pakaya, L. (2022). Pengaruh kesadaran dan pemahaman pajak terhadap kepatuhan wajib Pajak Bumi dan Bangunan. Jambura Accounting Review, 3(2), 116–128.
- Ajzen, I. (2014). Attitude structure and behavior. In Attitude structure and function (pp. 241–274). Psychology Press.
- Aladwani, A. M. (2006). An empirical test of the link between web site quality and forward enterprise integration with web consumers. Business Process Management Journal, 12(2), 178–190.
- Amanda, F., Optapia, I., & Gustiana, Y. (2024). Literature Review Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengetahuan Pajak, Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Pajak Pada UMKM di Pulau Jawa. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Dan Akuntansi, 4, 394–412.
- Andreoni, J., Erard, B., & Feinstein, J. (1998). Tax compliance. Journal of Economic Literature, 36(2), 818–860.
- Anggara, S. G. (2021). PEMAHAMAN INTERNET MEMODERASI PENGARUH SAKPOLE (SISTEM ADMINISTRASI KENDARAAN PAJAK ONLINE) TERHADAPKEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (Studi Kasus pada Wajib Pajak di SAMSAT 1 Kota Semarang). Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
- Antika, F. N., Budiman, N. A., & Mulyani, S. (2020). Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Di Kabupaten Kudus Selama Pandemi Covid–19. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 5(1), 408–417.
- Conner, M. (2020). Theory of planned behavior. Handbook of Sport Psychology, 1–18.
- Davis, F. D. (1989). Technology acceptance model: TAM. Al-Suqri, MN, Al-Aufi, AS: Information Seeking Behavior and Technology Adoption, 205(219), 5.
- Harsono, I., Mendrofa, S. A., Waruwu, R. M. P., Rela, I. Z., Anggraini, Y., Mirnayanti, S., Andriani, C., Isma, A., Nugraha, J. P., & Susanto, A. J. (2024). Manajemen Sumber Daya Manusia Era Metaverse. MEGA PRESS NUSANTARA.
- Hendrayady, A., Sari, A. R., Mustanir, A., Amane, A. P., Isa, R., Agusman, Y., & Arief, M. H. (2023). Manajemen pelayanan publik. Pertama. Edited by DP Sari. Padang: Global Eksekutif Teknologi.
- Ibrahim, M. A., & Syahribulan, S. (2020). Pengaruh Kepercayaan Publik terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. YUME: Journal of Management, 3(2).
- Maghfira, S. A., Sagita, N. I., & Sutisna, J. (2023). Efektivitas Penerapan Layanan E-Samsat Oleh Bapenda Provinsi Jawa Barat Dalam Upaya Meningkatkan Kepatuhan Masyarakat Membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Bandung. Jurnal Administrasi Pemerintahan (Janitra), 3(1), 75–86.
- Purnama Ramadani Silalahi, M. E., & Chairina, M. E. (2023). Ekonomi Digital: Perkembangan Bisnis Digital, Pemasaran Digital, Ecommerce, Fintech Berbasis Syariah dan Homoislamicus dalam Perilaku Konsumen. Merdeka Kreasi Group.
- Putra, T. M. (2019). Pelayanan publik, good governance, dan ketahanan nasional. Gramedia Widiasarana Indonesia.
- Rusli, Y. M. (2018). Pengaruh Mutu Pelayanan Perpajakan Dan Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajakpada Sistem E-Filing Perpajakan Di Indonesia. National Conference of Creative Industry.
- Santos, J. (2003). E‐service quality: a model of virtual service quality dimensions. Managing Service Quality: An International Journal, 13(3), 233–246.
- Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Prof. Dr.
- Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Susanto, E., Marfudin, M., & Jasman, J. (2024). PENGARUH E-SERVICE QUALITY, E-TRUST DAN E-SATISFACTION TERHADAP E-LOYALTY (Studi pada Konsumen E-Commerce Shopee): Studi pada Konsumen E-Commerce Shopee. Khozana: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Islam, 8(2).
- Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Malhotra, A. (2000). A conceptual framework for understanding e-service quality: implications for future research and managerial practice (Vol. 115). Marketing Science Institute Cambridge, MA.
References
Abdullah, S. W., Tuli, H., & Pakaya, L. (2022). Pengaruh kesadaran dan pemahaman pajak terhadap kepatuhan wajib Pajak Bumi dan Bangunan. Jambura Accounting Review, 3(2), 116–128.
Ajzen, I. (2014). Attitude structure and behavior. In Attitude structure and function (pp. 241–274). Psychology Press.
Aladwani, A. M. (2006). An empirical test of the link between web site quality and forward enterprise integration with web consumers. Business Process Management Journal, 12(2), 178–190.
Amanda, F., Optapia, I., & Gustiana, Y. (2024). Literature Review Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengetahuan Pajak, Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Pajak Pada UMKM di Pulau Jawa. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Dan Akuntansi, 4, 394–412.
Andreoni, J., Erard, B., & Feinstein, J. (1998). Tax compliance. Journal of Economic Literature, 36(2), 818–860.
Anggara, S. G. (2021). PEMAHAMAN INTERNET MEMODERASI PENGARUH SAKPOLE (SISTEM ADMINISTRASI KENDARAAN PAJAK ONLINE) TERHADAPKEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (Studi Kasus pada Wajib Pajak di SAMSAT 1 Kota Semarang). Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Antika, F. N., Budiman, N. A., & Mulyani, S. (2020). Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Di Kabupaten Kudus Selama Pandemi Covid–19. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 5(1), 408–417.
Conner, M. (2020). Theory of planned behavior. Handbook of Sport Psychology, 1–18.
Davis, F. D. (1989). Technology acceptance model: TAM. Al-Suqri, MN, Al-Aufi, AS: Information Seeking Behavior and Technology Adoption, 205(219), 5.
Harsono, I., Mendrofa, S. A., Waruwu, R. M. P., Rela, I. Z., Anggraini, Y., Mirnayanti, S., Andriani, C., Isma, A., Nugraha, J. P., & Susanto, A. J. (2024). Manajemen Sumber Daya Manusia Era Metaverse. MEGA PRESS NUSANTARA.
Hendrayady, A., Sari, A. R., Mustanir, A., Amane, A. P., Isa, R., Agusman, Y., & Arief, M. H. (2023). Manajemen pelayanan publik. Pertama. Edited by DP Sari. Padang: Global Eksekutif Teknologi.
Ibrahim, M. A., & Syahribulan, S. (2020). Pengaruh Kepercayaan Publik terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. YUME: Journal of Management, 3(2).
Maghfira, S. A., Sagita, N. I., & Sutisna, J. (2023). Efektivitas Penerapan Layanan E-Samsat Oleh Bapenda Provinsi Jawa Barat Dalam Upaya Meningkatkan Kepatuhan Masyarakat Membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Bandung. Jurnal Administrasi Pemerintahan (Janitra), 3(1), 75–86.
Purnama Ramadani Silalahi, M. E., & Chairina, M. E. (2023). Ekonomi Digital: Perkembangan Bisnis Digital, Pemasaran Digital, Ecommerce, Fintech Berbasis Syariah dan Homoislamicus dalam Perilaku Konsumen. Merdeka Kreasi Group.
Putra, T. M. (2019). Pelayanan publik, good governance, dan ketahanan nasional. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Rusli, Y. M. (2018). Pengaruh Mutu Pelayanan Perpajakan Dan Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajakpada Sistem E-Filing Perpajakan Di Indonesia. National Conference of Creative Industry.
Santos, J. (2003). E‐service quality: a model of virtual service quality dimensions. Managing Service Quality: An International Journal, 13(3), 233–246.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Prof. Dr.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, E., Marfudin, M., & Jasman, J. (2024). PENGARUH E-SERVICE QUALITY, E-TRUST DAN E-SATISFACTION TERHADAP E-LOYALTY (Studi pada Konsumen E-Commerce Shopee): Studi pada Konsumen E-Commerce Shopee. Khozana: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Islam, 8(2).
Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Malhotra, A. (2000). A conceptual framework for understanding e-service quality: implications for future research and managerial practice (Vol. 115). Marketing Science Institute Cambridge, MA.