Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh modal usaha, promosi, dan kualitas produk terhadap pengembangan UMKM, sehingga dapat diperoleh pemahaman yang lebih komprehensif mengenai faktor-faktor utama yang menentukan keberhasilan pengembangan UMKM di Kabupaten Mamuju. Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  kuantitatif  dengan  desain explanatory research. Dalam penelitian ini, populasi terdiri dari pelaku UMKM di Kabupaten Mamuju. Sementara Sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. ukuran  sampel optimal  yang  dibutuhkan  adalah 96 orang responden. Pengumpulan  data  dilakukan  melalui  distribusi  kuesioner    kepada   responden,   menggunakan   daftar   pernyataan   yang terstruktur  secara  sistematis  menggunakan  skala  Likert  atau  skala  5  poin. Dalam pernyataan tersebut menggunakan penilaian: sangat tidak setuju (1), tidak setuju (2), netral (3), setuju (4), dan sangat setuju (5).  Kemudian, instrumen   diuji menggunakan   uji   validitas   dan   reliabilitas   terlebih   dahulu.   Selanjutnya, data dianalisis dan diolah menggunakan teknik regresi linier berganda melalui alat analisis IBM SPSS statistic versi 26. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa modal usaha, kualitas produk, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan UMKM baik secara simultan maupun secara parsial. Secara keseluruhan, temuan ini menegaskan bahwa pengembangan UMKM sangat dipengaruhi oleh kombinasi antara dukungan modal usaha yang memadai, kualitas produk yang terjaga, serta promosi yang efektif. Ketiga faktor tersebut saling melengkapi dan berperan strategis dalam memperkuat daya saing serta meningkatkan kontribusi UMKM terhadap perekonomian.

Keywords

Modal Usaha Promosi Kualitas Produk Pengembangan UMKM Kabupaten Mamuju

Article Details

How to Cite
Alias, A., Firman, A. . ., & Latief, F. . . (2025). Kontribusi Modal Usaha, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Pengembangan UMKM di Kabupaten Mamuju. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 9(1), 32–42. https://doi.org/10.57178/paradoks.v9i1.1895

References

  1. Anderson, J., & Hidayah, N. (2023). Pengaruh kreativitas produk, inovasi produk, dan kualitas produk terhadap kinerja ukm. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 5(1), 185–194.
  2. Anisa, A. T. N., & Mustofa, N. H. (2021). Pengaruh karakteristik wirausaha, modal usaha, strategi pemasaran terhadap perkembangan usaha mikro kecil menengah dengan inovasi sebagai variabel intervening. Sketsa Bisnis, 8(2), 82–98.
  3. Ashara, D. (2021). Pengaruh Modal Usaha, Karakteristik Wirausaha Dan Kualitas Laporan Keuangan Terhadap Perkembangan UMKM Di Desa Teluk Majelis Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Manajemen Keuangan Syariah, 1(1), 32–47.
  4. Azhari, A., Firman, A., Khalik, A., & Oktaviani, A. R. (2023). The Effect of Location, Product Diversity, and Store Atmosphere on Increasing Customer Satisfaction. Advances in Business & Industrial Marketing Research, 1(3), 108–116. https://doi.org/10.60079/abim.v1i3.136
  5. Badawi, A., & Nugroho, L. (2022). Keberlangsungan usaha melalui peningkatan kualitas SDM untuk menciptakan prilaku inovatif dalam pengembangan produk pada UMKM Kelurahan Meruya Utara. Akuntansi Dan Humaniora: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 140–144.
  6. Belfani, E., Anita, E., & Rahma, S. (2023). Pengaruh Modal, Lokasi, dan Promosi Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi UMKM Bidang Kuliner di Talang Banjar Jambi Timur). Jurnal Kajian Dan Penalaran Ilmu Manajemen, 1(4), 283–296.
  7. Caniago, A., & Rustanto, A. E. (2022). Kualitas produk dalam meningkatkan minat beli konsumen pada UMKM di Jakarta. Journal of Management: Small and Medium Enterprises (SMEs), 15(3), 367–378.
  8. Darise, N. T., Akbar, M. A., & Lina, R. (2025). The Impact of Price and Product Quality on Purchasing Decisions. Advances in Business & Industrial Marketing Research, 3(2), 90–102. https://doi.org/10.60079/abim.v3i2.485
  9. Datu, D. E. A. (2023). The Impact of Social Media, Price, and Product Quality on Purchasing Decisions on Whitening Skin Care Products. Advances: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1(6), 371–385. https://doi.org/10.60079/ajeb.v1i6.132
  10. Diansari, R. E., & Rahmantio, R. (2020). Faktor keberhasilan usaha pada UMKM industri sandang dan kulit di Kecamatan Wirobrajan Kota Yogyakarta. Journal of Business and Information Systems (e-ISSN: 2685-2543), 2(1), 55–62.
  11. Haris, A. (2023). Implications of Service and Product Attributes on Customer Loyalty. Advances: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1(2), 116–123. https://doi.org/10.60079/ajeb.v1i2.72
  12. Ibrahim, M. B., Sari, F. P., Kharisma, L. P. I., Kertati, I., Artawan, P., Sudipa, I. G. I., Simanihuruk, P., Rusmayadi, G., Muhammadiah, M. ud, & Nursanty, E. (2023). Metode Penelitian Berbagai Bidang Keilmuan (Panduan & Referensi). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
  13. Ilham, B. U., Firman, A., Dwinanda, G., Mubyl, M., Latief, F., Ilham, M., Zalzabila, A., & Rahmayanti, S. F. (2023). Pendampingan Branding Umkm Melalui Pengemasan Dan Strategi Promosi Produk Di Kabupaten Jeneponto. Nobel Community Services Journal, 3(2), 68–72.
  14. Latief, F. L., Firman, A., & Dirwan, D. (2023). Keputusan Pengguna Gopay dari Aspek E-Service Quality, Promosi dan Harga. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 391–400.
  15. Liantifa, M. (2023). Karakteristik wirausaha, modal usaha dan strategi pemasaran terhadap perkembangan UMKM. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 4(3), 740–753.
  16. Malik, A., Djaganata, A. Y., Kurniawan, N. E., & Oktavia, Y. (2024). Analisis Strategi Pemasaran pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(10), 7155–7169.
  17. Mishelei Loen, S. E. (2019). Analisis Laporan Keuangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Industri Tas Dan Sepatu New Hunteria Dengan Pendekatan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Dan Menengah (Sakemkm). Jurnal Akuntansi Dan Bisnis Krisnadwipayana, 6(2), 20–29.
  18. Munafis, S. (2024). Kualitas Produk Berpengaruh Positif Dan Signifikan Terhadap Keputusan Pembelian. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 7(3), 625–633.
  19. Purnamasari, D. L., Hajijah, S. N., Rusydi, I. R. R., & Amroni, A. (2024). Pengaruh Promosi Terhadap Keberhasilan Usaha Pelaku Umkm. Jurnal EBI, 6(1), 73–80.
  20. Rahma, U. N., Yendra, Y., & Marihi, L. O. (2025). Celebrity Endorsement on Buying Interest Through Consumer Trust. Advances in Business & Industrial Marketing Research, 3(2), 68–81. https://doi.org/10.60079/abim.v3i2.322
  21. Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.
  22. Romadhoni, B. B., Akhmad, A., Syah, F., & Mauliana, D. (2024). Peran Citra merek Gaya Hidup Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 10(1), 163–178.
  23. Saputri, J. M., Suwarto, S., & Nasikah, D. (2025). Pengaruh Media Sosial, Komunikasi Dan Promosi Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pada Kelurahan Terbanggi Subing Lampung Tengah. Fidusia: Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 8(1).
  24. Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill building approach. John Wiley & Sons.
  25. Setiyawati, Y., & Hermawan, S. (2018). Persepsi pemilik dan pengetahuan akuntansi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) atas penyusunan laporan keuangan. Riset Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 3(2), 161–204.
  26. Sugiyono, D. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
  27. Syahnadin, M. F., Karunia, E., Apriadi, D., Loong, A. H., Madli, F., Gulabdin, S., & Haibo, L. (2025). Service Quality, Product Completeness and Price on Consumer Purchasing Decisions. Advances in Business & Industrial Marketing Research, 3(3), 135–150. https://doi.org/10.60079/abim.v3i3.493
  28. Takhim, M., & Meftahudin, M. (2018). Analisis Pengaruh Modal Usaha, Kreatifitas dan Daya Saing Terhadap Pengembangan UMKM (Studi Kasus pada Bengkel Las di Kabupaten Wonosobo). Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 1(1), 65–73.
  29. Teruna, D., Asyari, A., & Putra, S. S. (2023). Pengaruh Strategi Promosi Dan Jumlah Outlet Terhadap Peningkatan Penjualan Lepas PT XYZ. Jurnal USAHA, 4(1), 95–109.
  30. Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259.
  31. Wahab, A., Razak, M., & Hidayat, M. (2024). Pengaruh Modal Usaha, Promosi Dan Manajemen Usaha Terhadap Keberhasilan Usaha Pada UMKM Di Kabupaten Mamuju. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 13(2), 198–211.