Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesadaran merek, persepsikualitas, asosiasi merek terhadap keputusan pembelian produk mobil Toyota pada PT. Hadji Kalla Cabang Urip Sumoharjo di Makassar. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji statistik F, uji statistik t, dan uji koefisien determinasi. Temuan dari penelitian ini adalah bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara kesadaran merek, persepsi kualitas, dan asosiasi merek terhadap keputusan pembelian produk mobil Toyota pada PT. Hadji Kalla Cabang Urip Sumoharjo di Makassar. Sedangkan variabel ekuitas merek yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk mobil Toyota pada PT. Hadji Kalla Cabang Urip Sumoharjo di Makassar adalah persepsi kualitas.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Abdullah, Thamrin & Tantri, Francis. 2012. Manajemen Pemasaran. Penerbit: Raja Grafindo Persada, Jakarta.
- Alzamendy, M., & SRI, R. T. A. (2011). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Suzuki Swift (Studi Kasus pada Konsumen Suzuki Swift di Semarang) (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).
- Ariyanto, Y., & Khuzaini, K. (2016). Pengaruh ekuitas merek dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian mobil nissan juke. Jurnal ilmu dan riset manajemen (jirm), 5(3).
- Dharmmesta, B. S., & Handoko, T. H. (2012). Manajemen pemasaran analisis perilaku konsumen, edisi pertama. Penerbit: BPFE, Yogyakarta.
- Durianto, D., & Sugiarto, T. S. (2001). Strategi menaklukkan pasar melalui riset ekuitas dan perilaku merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
- Ferrinadewi, E. (2008). Merek dan psikologi konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.
- Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IMB SPSS 21 Cetakan VII. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
- Gujarati dan Porter, G. (2009). Dasar-Dasar Ekonometrika. Jakarta: Salemba Empat.
- Idris, I., Hanum, Z., & Wahyudi, D. (2018). Analisis Ekuitas Merek Ponsel Samsung Sebagai Usulan Untuk Membidik Segmentasi Baru Di Kota Medan. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 4(2), 75-78.
- Kotler, P. Armstrong. 2012. Principles of Marketing. Jilid pertama. Edisi ketigabelas, Penerbit: Erlangga. Jakarta.
- Kotler, P., & Keller, K. (2012). Marketing., edisi keduabelas, Jilid satu. Penerbit. Prenhallindo. Jakarta.
- Lubis, F. A. (2016). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota New Avanza (Studi Kasus Toyota Auto 2000 Sisingamangaraja). Jurnal Niaga & Bisnis, 2(2).
- Nitisusastro, M. (2012). Perilaku konsumen dalam perspektif kewirausahaan.
- Nugroho, J. S. (2010). Perilaku Konsumen Edisi Revisi Cetakaan Keempat.
- Pane, O. B. M., & Rini, E. S. (2011). Pengaruh Brand Equity Flash Disk Merek KingstonTerhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa Amik Mbp Medan. Jurnal Ekonom, 14(3), 115-126.
- Rahman, A. (2010). Strategi Dahsyat Marketing Mix for Small Business. TransMedia.
- Salam, F. S., Nelmida, N., & Kamener, D. (2013). PENGARUH EKUITAS MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL MEREK HONDA JAZZ DI KOTA PADANG. Abstract of Undergraduate Research, Faculty of Economics, Bung Hatta University, 1(2).
- Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
- Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan. Penerapannya Dalam Pemasaran, Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
- Sunyoto, D. (2013). Teori, kuesioner & analisis data untuk pemasaran dan perilaku konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.
- Umar, H. (2013). Metode penelitian untuk skripsi dan tesis bisnis.
- Wahjuni, S., & Cahyadi, I. G. (2007). Pengaruh elemen ekuitas merek terhadap rasa percaya diri pelanggan di Surabaya atas keputusan pembelian sepeda motor Honda. Majalah Ekonomi, 17(2).
References
Abdullah, Thamrin & Tantri, Francis. 2012. Manajemen Pemasaran. Penerbit: Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Alzamendy, M., & SRI, R. T. A. (2011). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Suzuki Swift (Studi Kasus pada Konsumen Suzuki Swift di Semarang) (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).
Ariyanto, Y., & Khuzaini, K. (2016). Pengaruh ekuitas merek dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian mobil nissan juke. Jurnal ilmu dan riset manajemen (jirm), 5(3).
Dharmmesta, B. S., & Handoko, T. H. (2012). Manajemen pemasaran analisis perilaku konsumen, edisi pertama. Penerbit: BPFE, Yogyakarta.
Durianto, D., & Sugiarto, T. S. (2001). Strategi menaklukkan pasar melalui riset ekuitas dan perilaku merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ferrinadewi, E. (2008). Merek dan psikologi konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IMB SPSS 21 Cetakan VII. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Gujarati dan Porter, G. (2009). Dasar-Dasar Ekonometrika. Jakarta: Salemba Empat.
Idris, I., Hanum, Z., & Wahyudi, D. (2018). Analisis Ekuitas Merek Ponsel Samsung Sebagai Usulan Untuk Membidik Segmentasi Baru Di Kota Medan. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 4(2), 75-78.
Kotler, P. Armstrong. 2012. Principles of Marketing. Jilid pertama. Edisi ketigabelas, Penerbit: Erlangga. Jakarta.
Kotler, P., & Keller, K. (2012). Marketing., edisi keduabelas, Jilid satu. Penerbit. Prenhallindo. Jakarta.
Lubis, F. A. (2016). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota New Avanza (Studi Kasus Toyota Auto 2000 Sisingamangaraja). Jurnal Niaga & Bisnis, 2(2).
Nitisusastro, M. (2012). Perilaku konsumen dalam perspektif kewirausahaan.
Nugroho, J. S. (2010). Perilaku Konsumen Edisi Revisi Cetakaan Keempat.
Pane, O. B. M., & Rini, E. S. (2011). Pengaruh Brand Equity Flash Disk Merek KingstonTerhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa Amik Mbp Medan. Jurnal Ekonom, 14(3), 115-126.
Rahman, A. (2010). Strategi Dahsyat Marketing Mix for Small Business. TransMedia.
Salam, F. S., Nelmida, N., & Kamener, D. (2013). PENGARUH EKUITAS MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL MEREK HONDA JAZZ DI KOTA PADANG. Abstract of Undergraduate Research, Faculty of Economics, Bung Hatta University, 1(2).
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan. Penerapannya Dalam Pemasaran, Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Sunyoto, D. (2013). Teori, kuesioner & analisis data untuk pemasaran dan perilaku konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Umar, H. (2013). Metode penelitian untuk skripsi dan tesis bisnis.
Wahjuni, S., & Cahyadi, I. G. (2007). Pengaruh elemen ekuitas merek terhadap rasa percaya diri pelanggan di Surabaya atas keputusan pembelian sepeda motor Honda. Majalah Ekonomi, 17(2).