Main Article Content

Abstract

Penelitian ini berfokus untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman, dan merumuskan alternatif strategi pemasaran bakso daging pada Bakso Frozen Kota Makassar. Metode dasar penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive (sengaja). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data menggunakan metode Matriks EFE, Matriks IFE, dan Matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor strategis internal dan eksternal dalam usaha pemasaran bakso daging pada Bakso Frozen Kota Makassar yaitu, Kekuatan: bakso bertekstur lembut, lokasi usaha yang strategis, kualitas produk terjamin, harga jual bakso terjangkau, daya simpan produk bakso daging yang tahan lama. Kelemahan: keterbatasan modal usaha, manajemen sederhana dan kurang perencanaan, belum ada BPOM dan MUI pada kemasan, produk belum terkenal, tenaga pemasaran yang masih kurang. Peluang: permintaan bakso daging semakin meningkat, minat konsumen terhadap bakso daging sangat tinggi, kemajuan teknologi dan informasi, kebutuan masyarakat yang konsuntif, mempunyai pelanggan tetap. Ancaman: kemungkinan hewan tidak disembelih secara islami, kenaikan BBM dan TDL, kenaikan harga bahan baku semakin meningkat, semakin banyak produk pesaing di pasaran, konsumen semakin sensitif terhadap harga.

Keywords

Strategi Pemasaran Matriks EFE Matriks IFE Matriks SWOT

Article Details

How to Cite
Bahtiar, A. (2022). Strategi Pemasaran Bakso Daging di Bakso Frozen Kota Makassar. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 5(3), 169–181. https://doi.org/10.57178/paradoks.v5i3.386

References

  1. Andriani, F., Tasa, N. N., Nurhasanah, S., Oktaviani, S., & Putri, A. M. (2021). Penerapan analisis swot terhadap penentuan strategi pemasaran (studi kasus seblak dan baso aci wak acan Pekanbaru). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2904–2910. http://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1317
  2. Asse, R. A. A. (2018). Strategi pemasaran online (studi kasus facebook marketing warunk bakso mas cingkrank di Makassar). KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 219–231. https://doi.org/10.31947/kareba.v7i2.6907
  3. Baker, M. J. (2017). Marketing strategy and management. Bloomsbury Publishing.
  4. Bigné, E., Küster, I., Hernández, A., Suemanotham, T., & Vila, N. (2016). Product placement in video games as a marketing strategy: an attempt to analysis in Disney company. In Advances in Advertising Research (Vol. 2) (pp. 3–20). Springer. https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-3-8349-6854-8_1
  5. Cravens, D. W., & Piercy, N. (2006). Strategic marketing (Vol. 6). McGraw-Hill New York.
  6. Ferrell, O. C., Hartline, M., & Hochstein, B. W. (2021). Marketing strategy. Cengage Learning.
  7. Gbolagade Adewale, A., & Oyewale, I. O. (2013). Impact of marketing strategy on business performance a study of selected small and medium enterprises (Smes) In Oluyole Local Government, Ibadan, Nigeria. Ibadan, Nigeria, 11(4), 59–66. https://www.academia.edu/download/40981099/Impact_of_Marketing_Strategy_on_Business.pdf
  8. Giyazova, N. B., & Davlatov, S. S. (2021). The relevance of a small business marketing strategy. E-Conference Globe, 4–6. https://papers.econferenceglobe.com/index.php/ecg/article/view/565
  9. Haudi, H., Wijoyo, H., & Cahyono, Y. (2020). Effect of product innovation and marketing strategy on consumer purchase decisions in Indonesia’s lightweight roof steel industry. Journal of Critical Reviews, 7(13). https://ssrn.com/abstract=3873704
  10. Hsu, Y. (2017). Design innovation and marketing strategy in successful product competition. Journal of Business & Industrial Marketing. https://doi.org/10.1108/08858621111126974
  11. Ilhami, C. N. (2015). Strategi pemasaran bakso daging pada ud. Arafah di blang pulo kecamatan johan pahlawan kabupaten Aceh Barat. Universitas Teuku Umar Meulaboh. http://repository.utu.ac.id/id/eprint/104
  12. Kanagal, N. B. (2015). Innovation and product innovation in marketing strategy. https://repository.iimb.ac.in/handle/2074/12020
  13. Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). A framework for marketing management. Pearson Boston, MA.
  14. Lestari, R. D. (2020). Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan mie ayam bakso podomoro (studi kasus desa lubuk seberuk kecamatan lempuing jaya oki sumsel). Adminika, 6(1), 135–143. http://www.journal.poltekanika.ac.id/index.php/adm/article/view/159
  15. Lupi, F. R., & Nurdin, N. (2016). analisis strategi pemasaran dan penjualan e-commerce pada Tokopedia. Com. Jurnal Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer, 2(1), 20–29. http://jesik.web.id/index.php/jesik/article/view/43
  16. Maifarah, E. Y. (2020). Analisis strategi pemasaran pada bakso pasrujambe lumajang dengan metode analisis SWOT. Universitas Muhammadiyah Jember. http://repository.unmuhjember.ac.id/3349/
  17. Malonda, P. M., Moniharapon, S., & Loindong, S. S. R. (2019). Analisis SWOT dalam menentukan strategi pemasaran pada rumah makan bakso baper Jogja. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3). https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.24882
  18. Moghaddam, F. M., & Foroughi, A. (2018). The influence of marketing strategy elements on market share of firms. International Journal of Fundamental Psychology and Social Sciences, 2(1), 19–24. https://www.academia.edu/download/48713285/12-Moghaddam_150212.pdf
  19. Pangemanan, S. A., & Walukow, I. M. (2018). Marketing strategy analysis for small and medium scale business enterprise (SMEs) for home industry furniture in Leilem, the regency of Minahasa. Journal of Physics: Conference Series, 953(1), 12033. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/953/1/012033/meta
  20. Philip, K., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 14, Global Edition. Pearson Prentice Hall.
  21. Sitorus, N. B., Juliana, J., Maleachi, S., Djakasaputra, A., & Prabowo, G. (2021). Café marketing strategy analysis in the covid-19 pandemic. International Journal of Social and Management Studies, 2(5), 44–53. https://doi.org/10.5555/ijosmas.v2i5.70
  22. Sulistiyani, S., Pratama, A., & Setiyanto, S. (2020). Analisis strategi pemasaran dalam upaya peningkatan daya saing UMKM. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 31–39. http://dx.doi.org/10.32493/jpkpk.v3i2.4029
  23. Wahyudi, A. E. T., Rifa’i, M., & Susanti, R. A. D. (2020). Analisis strategi pemasaran dalam upaya menghadapi persaingan bisnis (studi kasus pada bakso bakar abah boed Surabaya). Fakultas Ekonomi Universitas Tribhuwana Tunggadewi. https://rinjani.unitri.ac.id/handle/071061/173
  24. Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti, S. (2015). Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Brawijaya University. http://repository.ub.ac.id/118032/
  25. Zevi, I. (2018). Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan produk pada PT. Proderma Sukses Mandiri. Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/37992