Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas layanan dan Bauran Pemasaran terhadap kepuasan pengguna jasa pada PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) cabang Sampit di Kalimantan Tengah. Populasi yang digunakan dalam Penelitian ini adalah para pengguna jasa pada PT. Pelayaran Nasional Indonesia (PERSERO) cabang Sampit di Kalimantan Tengah terdiri atas obyek dan subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulan”. Dengan jumlah Populasi sebanyak 225 orang pelanggan yang tetap menggunakan kapal Pelni selama tiga tahun berturut-turut, yaitu dari tahun 2018, 2019 dan 2020. Dengan menggunakan rumus slovin maka di dapat angka 144 orang sebagai sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis secara deskriptif – kualitatif terhadap Loyalitas Pengguna Jasa dan Analaisis Regresi Linear Berganda, penelitian asosiatif, atau penelitian yang akan menguji ada tidaknya pengaruh antara variabel yang dikaji, dengan menggunakan data berjenis kuantitatif, (singarimbun et.al.,2005:5), dengan pengujian analisis: Uji Normalitas. Uji Validitas dan uji Reliabilitas dengan Formulasi koefisien adalah pearson Product test dengan program spss versi 23.00. Berdasarkan pengujian secara simultan Kualitas Layanan dan Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Pada PT. Pelayanran Nasional Indonesia (Persero) Cabang Sampit di Kalimantan Tengah berpengaruh Positif dan Signifikan.

Keywords

Kualitas Layanan Bauran Pemasaran kepuasan Pengguna Jasa

Article Details

How to Cite
Muh. Jabir, Andi Hendra Syam, & Rina. (2022). Pengaruh Kualitas layanan dan Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa pada PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) cabang Sampit di Kalimantan Tengah. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 5(1), 123–134. https://doi.org/10.57178/paradoks.v5i1.485

References

  1. Adhikarini. 2003. Analisa Pengaruh Dimensi Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Koperasi Serba Usaha Makmur LestariSurakarta. Skripsi: UNS
  2. Aritonang, 2010, Manajemen Pemasaran Jasa, Alphabeta, Bandung.
  3. Akdon & Ridwan (2008). Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian untuk Administrasi & Manajemen. Bandung: Dewa Ruchi.
  4. Atmawati, Rustika, dan M. Wahyuddin. 2004. “Analisis Pengaruh Kualitas
  5. Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Matahri Departement Store di Solo Grand Mall,”Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, Vol.5, No.1, Hal. 54 – 61.
  6. Aryani, Dwi & febriani Rosyita. 2010. “Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan di KFC,”. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisas. Vol. 17, No. 2, Hal 114-126
  7. Band, WA 1991. Menciptakan Nilai Untuk Pelanggan, Merancang Dan Menerapkan Total Strategi Perusahaan. Jihn Wiley dan anak- inc. New York
  8. Branti, Istariyani. 2002. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Telkom Cabang Sragen. FE: UMS.
  9. Churchill, Gilbert A. Dan Dawn Iacobucci. 2002. Marketing Research Methodological Foundations. Eight Edition. South Western, A Division of Thomson Learning, Natrop Boulevard, Mason, Ohio
  10. Daryanto (2011). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung : PT.Sarana Turtorial Nurani Sejahtera.
  11. Dharmayanti, Diah. 2006. Analisis Dampak Service Performance dan Kepuasan Sebagai Moderating Variable Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Manajemen Pemasaran.
  12. Elhaitamy T. 2000. Service Excellence: Ujung Tombak Manajemen: Edisi November – Desember.
  13. Fredy Rangkuti. 2003. Measuring Costumer Satisfaction. PT. Elex Media Computindo
  14. Herlin Dwi Kartikasari. 2013. Analisis Kepuasan Pelanggan dengan Metode Importance Performance Analysis , Ghalia Indonesia
  15. Hawkins, Del I ,J Best, Roger, dan Coney, Kenneth A. 2001. Consumer Behavior: BuildingMarketing Strategy. The McGraw-Hill
  16. Hermawan, Budi. 2011. “Pengaruh Kualitas Produk Te rhadap Kepuasan, Reputasi Merek dan Loyalitas Konsumen Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul,” Jurnal Manajemen Teori dan Terapan , Vol.4, No.2, Hal. 9 – 17.
  17. Husein Umar. 2002. “Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen”. Cetakan kedua.Gramedia. Pustaka Utama, Jakarta.
  18. Hidayat, Rachmad. 2009. “Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri,” Jurnal Manajemen dan Kewirausahan,Vol.11, No.1, Hal. 59-72
  19. Indianto, Nur & Bambang Supono. Metodologi Peneleitan Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE. 2002..
  20. Irawan, Handi. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. 2002. PT Elex Media Computindo : Jakarta.
  21. Djarwanto, PS. (1990). Pokok-Pokok Metode Riset dan Bimbingan Tekhnis Penulisan Skripsi.Yogyakarta: Liberty.
  22. Kasmir. 2004. Bank dan lembaga keuangan lainya. Jakarta: Raja Grafindo Persada .
  23. Kertajaya, Herman. 2001. Strategi Marketing Plus: Gramedia, Jakarta.
  24. Kotler,Philip, 2007, Alih Bahasa Benyamin Molan, Penyunting, Bambang Sarwiji, SE : Manajemen Pemasaran , edisi 12 Jilid 1 : PT.Indeks Jakarta.
  25. Kotler,Philip, 2008, Alih Bahasa Benyamin Molan, Penyunting, Bambang Sarwiji, SE : Manajemen Pemasaran , edisi 12 Jilid 2 : PT.Indeks Jakarta.
  26. Kotler dan Amstrong, 2001, Dasar-Dasar Pemasaran : Principle of Marketing 7e Jilid 1, Alih Bahasa oleh Alexander Saindora , Prehalindo Jakarta.
  27. Kuncoro, Mudrajad. 2001, Metode Kuantitatif: Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis dan Ekonomi: UUP AMP YKPN Yogyakarta.
  28. Khozin, Muh. 2004, Analisa Pengaruh Service Quality dan Customer Satisfaction Terhadap Purchase Intention Pada Perusahaan Jasa Travel Rosalia Indah: FE. UMS.
  29. Kotler, Philip. 2001, Marketing Manajement, New York: Mc Graw Hill.
  30. Lopiyoadi, 2018, Service Quality dalam Pemasaran, Edisi kedua jilid Empat, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
  31. Mariotti, John, 2003, Marketing. Prestasi Pustaka Publisher. Jakarta.
  32. Madura, Jeff, 2001, Pengantar Bisnis. Buku 1. Salemba Empat. Jakarta.
  33. Rangkuti, Fredy, 2004, Riset Pemasaran. Cetakan Kelima, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
  34. Rangkuti, Fredy, 2017. Riset Pemasaran, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
  35. Sugiono, 2006, Statistika Untuk Penelitian. Cetakan Kesembilan. Alfabeta,
  36. Bandung.
  37. Tjiptono, 2018. Kepuasan pelanggan, Harian surat kabar jawa pos Radar, Kudus.
  38. Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius, 2005, Service, Quality and Satisfaction, Penerbit Andi.Yogyakarta.
  39. Tjiptono, Fandy, 2006, Manajemen Pelayanan Jasa, Penerbit Andi, Yogyakarta.
  40. Umar, Husein, 2005, Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.