Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan manajemen kesiswaan di sekolah (MAS) Al-Falah Rade, (2) Untuk mengetahui bentuk-bentuk penyimpangan peserta didik di sekolah (MAS) Al-Falah Rade. (3) Untuk mengetahui penerapan manajemen kesiswaan dalam mengatasi perilaku menyimpang peserta didik (MAS) Al-Falah Rade. Jenis penelitian ini adalah penelitian desktiptif dengan pendekatan kualitatif. Dengan lokasi penelitian di sekolah (MAS) Al-Falah Rade Kabupaten Bima. Informan dalam penelitian ini terdiri darip eserta didik yang melakukan tindakan menyimpang, orang tua peserta didik, tokoh agama, guru mengaji, pihak kepolisian dan terakhir yaitu semua jajaran Guru (MAS) Al-Falah Rade. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan manajemen kesiswaan dalam mengatasi perilaku menyimpang yang dilakukan oleh peserta didik. Adapun yang dilakukan oleh pendidik/guru di sekolah untuk mengatasi perilaku menyimpang yaitu memberikan pengarahan atau nasehat, menanamkan akhlak budi pekerti kepada peserta didik dan menetapkan beberapa aturan sekolah berupa tata tertib sekolah.

Keywords

Manajemen Kesiswaan Perilaku Menyimpang Peserta Didik

Article Details

How to Cite
Rizal, Nurdin Latif, & Ansar Taufiq. (2022). Penerapan Manajemen Kesiswaan Dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Pada Peserta Didik (MAS) Al-Falah Rade di Kabupaten Bima. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 5(1), 135–150. https://doi.org/10.57178/paradoks.v5i1.486

References

  1. ......... Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007.
  2. ......... Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007.
  3. ……. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia, 1992.
  4. ……. Kamus Inggris Indonesia. cet. XXIII; (Jakarta: PT Gramedia, 1996).
  5. ……. Manajemen Berbasis Sekolah. cet. III dan IV; (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2003).
  6. ……. Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 pasal 3. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003.
  7. ……. Undang-undang RI No. 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003.
  8. ……. Undang-undang RI No. 20 tahun 2003.Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003.
  9. ……. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, tentang sistem Pendidikan Nasional, 2003.
  10. …….. Diagnosa dan Pemecahan Kesulitan Belajar. Jakarta: Erlangga, 1986.
  11. Abdurrahman An-Nahlawi, op.cit., h. 363.
  12. Abdurrahman An-Nahlawi, op.cit., h. 368
  13. Abdurrahman An-Nahlawi, Ushulu al-Tarbiyah al Islamiyah wa Asalibuha diterjemahkan oleh Herry Noer Ali dengan judul “Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam”. (Cet.II; Bandung: CV. Diponegoro, 1996).
  14. Adi, Rianto. Metode Penelitian Sosial dan Hukum. Jakarta: Granit, 2007.
  15. Admodiwirio, Soebagio. Manajemen Pendidikan Indonesia, (Jakarta: PT Arda Dizya Jaya, 2000).
  16. Admodiwirio, Soebagio. Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT Ardadizya, 2000.
  17. Akhmad, Sudrajat. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2008.
  18. Alias, Muhammad. Kontrol Sosial Tokoh Masyarakat (Ustadz) Dalam Mengatasi Penyimpangan Perilaku Remaja di Desa Limbung Kecematan Sungai Raya Kabupaten Kubu.
  19. Alwi, Syafarudin. Manajemen Sumber Daya Manusia: Strategi Keunggulan Kompetitif, Edisi Kedua. Yokyakarta: BPFE, 2008.
  20. Arikunto, Suharsimi dan Lia Yuliana. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media, 2008.
  21. Bungin, Burhan. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012
  22. dalam Azhar Arsyad, Retorika Kaum Bijak Media Pembangkit Motivasi dan Daya Hidup serta Penanaman Nilai-Nilai dan Budi Luhur. (Cet.I; Makassar: Yayasan Fatiya, 2003).
  23. Depdiknas, Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, tentang sistem Pendidikan Nasional, 2003.
  24. I. Djumhur dan Surya, Moh. Bimbingan Dan Penyuluhan Di Sekolah, Bandung: CV. Ilmu, 1975.
  25. E. Mulyasa. Manajemen Berbasis Sekolah. cet. III dan IV; (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2003).
  26. H. Abu Ahmadi, Psikologi Sosial. (Cet. II; Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002).
  27. Hamalik, Oemar. Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Y.P Pemindo, 2000
  28. Hamalik, Oemar. Media Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
  29. Handayani, Sri. Pengaruh Keluarga, Masyarakat dan Pendidikan Terhadap Pencegahan Bahaya Narkoba di Kalangan Remaja, Tesis PPs UNM Makassar, 2015.
  30. Ibnu Khaldum, Muqaddimah Ibnu Khaldum. (Cet.II; Jakarta: Pustaka Firdaus, 2000).
  31. Idrus, Muhammad. Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. (Edisi Kedua). (PT Gelora Aksara Pratama. Yogyakarta, 2009).
  32. Iman Bukhori, Shohih Bukhori, Jus I. (Berut: Daar Al Kutub, 1992).
  33. Jamaris, Martini. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pendidikan. Bogor: Ghalia Indonesia, 2012.
  34. James, Henslin M. Sosiologi Dengan Pendekatan Membumi. Jakarta: PT Erlangga, 2002.
  35. John M. Echol dan Hasan Shadily, Kamus Inggris Indonesia. cet. XXIII; (Jakarta: PT Gramedia, 1996).
  36. Knezevich, S. J. Administration of Public Education. A Sourcebook for the Leadership and Management of Education Institutions. New York: Harper& Row, Publishers, 1984.
  37. L, Parida. Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang di Pesantren Modern Pendidikan Al-Qur’an IMMIM Makassar (Makassar: Tesis S.2 Pascasarjana UIN Makassar, 2008).
  38. Lincoln and Guba, Naturalistic Inquiry, New Delhi: Sage Publication, 1985.
  39. M. Sattu Alang, Kesehatan Mental dan Terapi Islam. Cet. III; Makassar: Berkah Utami, 2005.
  40. Manullang, M. Dasar-dasar manajemen. (Yogyakarta: Gadjah Mada University Prees, 2008).
  41. Miles, Mathew B dan Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia, 1992.
  42. Moerdiyanto. Manajemen Sekolah Indonesia Yang Efektif Melalui Penerapan Total Quality Management
  43. Moleong, Lexy J. Metodologi Kualitatif. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset, 2007.
  44. Narwoko, Dwi J. & Suyanto, Bagon. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007.
  45. Partowisastro, H. Koestoer. Diagnosa dan Pemecahan Kesulitan Belajar. Jakarta: Erlangga, 1986.
  46. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 27 Tahun 1990 Pasal 1 Tentang Pendidikan Prasekolah
  47. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 28 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Pendidikan Dasar Presiden Republik Indonesia, dan No. 29 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Menengah Presiden Republik Indonesia.
  48. Popi, Sopiatin. Manajemen Belajar Berbasis kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia, 2010.
  49. Qodir, July. Sosiologi Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
  50. Ritzer, Goeroge dan Douglas J. Goodman. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Prenada Media, 2004.
  51. S. Nasution, Didaktik Asas-Asas Mengajar. (Cet.I; Jakarta: Bumi Kasara, 1995.
  52. Sahertian, P. A. Dimensi Adminstrasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, 1985
  53. Saleh, Muhammad. Peranan Guru BK dalam mencegah perilaku menyimpang. Tesis PPs UNM Makassar, Tahun 2016.
  54. Saleh, Muhammad., Peranan Guru BK dalam mencegah perilaku menyimpang, Tesis PPs UNM Makassar, Tahun 2016.
  55. Soedijarto. Landasan dan arah Pendidikan Nasional kita Kompetitif. Edisi Kedua.Yokyakarta: BPFE, 2003.
  56. Soekanto, Soerjono. Sosiologi Keluarga: Tentang Ikhwal Keluarga, Remaja dan Anak. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
  57. Soekanto, Soerjono. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja grafindo Persada, 2012.
  58. Sosiologi Keluarga: Tentang Ikhwal Keluarga, Remaja dan Anak. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
  59. Sosiologi Keluarga: Tentang Ikhwal Keluarga, Remaja dan Anak. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
  60. Sunarto, Kamanto.Pengantar Sosiologi. Edisi Ketiga. Jakarta: Fakultas Ekonomi UI, 2004.
  61. Sutjipto & Mukti. Manajemen Kesiswaan, (Online), (http:// warna dunia. com/manajemen-pembinaan-kesiswaan/). Di akses tanggal 21 Maret 2019.
  62. Syaiful, Sagala. Profesi Jabatan Kependidikan dan Guru Sebagai Upaya Menjamin Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Uhamka Press, 2004.
  63. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  64. Wilis, Sofyan S. Remaja dan Permasalahannya. Bandung: Alfabeta, 2012.
  65. Yatim Riyanto. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: UNESA University Press, 2007.
  66. Zakiah Darajat, Ilmu JIwa Agama. (cet. XVII; Jakarta: Bulan Bintang, 2005).