Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh penerapan E-Filing, kualitas pelayanan dan tingkat kepuasan user terhadap kepatuhan wajib pajak . Data dalam penelitian ini diperoleh dari Wajib Pajak pengguna E-Filing pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Maros yang bersedia menjadi responden. Penelitian menggunakan data primer dimana diperoleh dengan cara melakukan penelitian langsung di lapangan dengan memberikan lembar pertanyaan kepada 123 responden. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah program Statistical Package for Social Sciences (SPSS). Hasil pengujian menunjukkan bahwa penerapan E-Filing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, kualitas pelayanan tidak signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, serta tingkat kepuasan user berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Adi supriyatna, vivi maria. (2016). Analisis tingkat kepuasan pengguna dan tingkat kepentingan penerapan sistem informasi djp online dengan kerangka pieces.
- Arabella oeantari fuadi, yeni mangoting. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan petugas pajak, sanksi perpajakan dan biaya kepatuhan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak umkm.
- Danar diswara,i ketut jati. (2016). Pengaruh penerapan E-Filing dan peran account representative terhadap pencitraan otoritas pajak dan kepatuhan wajib pajak.
- Darwis lannai (2020). Perpajakan andalan. Cv nas media pustaka, makassar
- Hermawan. (2016). Retrieved from https://prastyahermawanprayoga.blogspot.com/2016/10/indikator-kualitas- pelayanan-menurut.html. Diakses tanggal 10 maret 2020.
- Hernando toniko. (2017). Diambil kembali dari https://www.aturduit.com/articles/pengertian- jenis-manfaat-fungsi-pajak-indonesia/. Di akses pada tanggal 10 maret 2020.
- Hestanto. (2019). Diambil kembali dari https://www.hestanto.web.id/kepatuhan-wajib-pajak/ .
- Jumadil Ismail, Gasim, dan Fitriningsih Amalo (2018). Pengaruh penerapan sistem E–Filing terhadap kepatuhan wajib pajak dengan sosialisasi sebagai variabel moderasi (studi kasus pada kpp pratama kupang)
- Lina nurlaela (2017) pengaruh penerapan E-Filing terhadap kepatuhan wajib pajak di kpp pratama garutno name (2020)
- Mega ayu agustina. (2018). Pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan dan kepuasan terhadap penggunaan E-Filing wajib pajak .
- Pratami luh putu kania asri wahyuni, ni luh gede erni sulindawati dan made arie wahyuni. 2017. Pengaruh penerapan e-system perpajakan terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi dalam membayar pajak pada kantor pelayanan pajak (kpp) praama singaraja. E-journal s1 ak universitas pendidikan ganesha.
- Putu rara sasmita, ni luh supadmi. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan, sanksi perpajakan, biaya kepatuhan pajak, dan penerapan E-Filing pada kepatuhan wajib pajak.
- Riri novita kara. (2018). Pengaruh penggunaan dan kepuasan pengguna E-Filing terhadap kepatuhan pajak.
- Sari nurhidayah (2015) Pengaruh penerapan sistem E-Filing terhadap kepatuhan wajib pajak Dengan pemahaman internet sebagai variabel pemoderasi pada kpp Pratama klaten
- Situmorang. (2016). Diambil kembali dari http://eprints.umm.ac.id/41480/3/bab%20ii.pdf . Di akses pada tanggal 10 maret 2020.
- Suaib side. (2018). Penerapan sistem E-Filing dalam pelayanan surat pemberitahuan tahunan (spt) di kantor pelayanan pajak pratama.
- Syahnur, K. N. F. (2017). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Wajib Pajak Dalam Menggunakan Sistem E-Filing (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Utara). Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makassar, 25-37.
- Teguh erawati s.e,m.si,rita ratnasari. (2018). Pengaruh penerapan E-Filing terhadap kepatuhan wajib pajak dalam menyampaikan spt tahunan dengan kepuasan kualitas pelayanan sebagai variabel intervening.
- Widomoko dan novriyanti (2017). Pengaruh kualitas pelayanan, pengawasan dan konsultasi oleh account representative (ar) terhadap kepatuhan wajib pajak (studi kasus pada kpp menteng satu Jakarta.
- Wulandari agustiningsih (2016). Pengaruh penerapan E-Filing, tingkat pemahaman perpajakan dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak di kpp pratama yogyakarta.
- Yovita widiyadinata, agus arianto toly. (2014). Pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, ketepatan waktu, dan kerahasiaan terhadap kepuasan wajib pajak pengguna E- Filing
- Yuni muharromah wulandari sigit,adhi pratomo wahjoe,sri irwanto. (2016). Pengaruh persepsi kebermanfaatan, kemudahan penggunaan, kepuasan pengguna, keamanan dan kerahasiaan.
References
Adi supriyatna, vivi maria. (2016). Analisis tingkat kepuasan pengguna dan tingkat kepentingan penerapan sistem informasi djp online dengan kerangka pieces.
Arabella oeantari fuadi, yeni mangoting. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan petugas pajak, sanksi perpajakan dan biaya kepatuhan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak umkm.
Danar diswara,i ketut jati. (2016). Pengaruh penerapan E-Filing dan peran account representative terhadap pencitraan otoritas pajak dan kepatuhan wajib pajak.
Darwis lannai (2020). Perpajakan andalan. Cv nas media pustaka, makassar
Hermawan. (2016). Retrieved from https://prastyahermawanprayoga.blogspot.com/2016/10/indikator-kualitas- pelayanan-menurut.html. Diakses tanggal 10 maret 2020.
Hernando toniko. (2017). Diambil kembali dari https://www.aturduit.com/articles/pengertian- jenis-manfaat-fungsi-pajak-indonesia/. Di akses pada tanggal 10 maret 2020.
Hestanto. (2019). Diambil kembali dari https://www.hestanto.web.id/kepatuhan-wajib-pajak/ .
Jumadil Ismail, Gasim, dan Fitriningsih Amalo (2018). Pengaruh penerapan sistem E–Filing terhadap kepatuhan wajib pajak dengan sosialisasi sebagai variabel moderasi (studi kasus pada kpp pratama kupang)
Lina nurlaela (2017) pengaruh penerapan E-Filing terhadap kepatuhan wajib pajak di kpp pratama garutno name (2020)
Mega ayu agustina. (2018). Pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan dan kepuasan terhadap penggunaan E-Filing wajib pajak .
Pratami luh putu kania asri wahyuni, ni luh gede erni sulindawati dan made arie wahyuni. 2017. Pengaruh penerapan e-system perpajakan terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi dalam membayar pajak pada kantor pelayanan pajak (kpp) praama singaraja. E-journal s1 ak universitas pendidikan ganesha.
Putu rara sasmita, ni luh supadmi. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan, sanksi perpajakan, biaya kepatuhan pajak, dan penerapan E-Filing pada kepatuhan wajib pajak.
Riri novita kara. (2018). Pengaruh penggunaan dan kepuasan pengguna E-Filing terhadap kepatuhan pajak.
Sari nurhidayah (2015) Pengaruh penerapan sistem E-Filing terhadap kepatuhan wajib pajak Dengan pemahaman internet sebagai variabel pemoderasi pada kpp Pratama klaten
Situmorang. (2016). Diambil kembali dari http://eprints.umm.ac.id/41480/3/bab%20ii.pdf . Di akses pada tanggal 10 maret 2020.
Suaib side. (2018). Penerapan sistem E-Filing dalam pelayanan surat pemberitahuan tahunan (spt) di kantor pelayanan pajak pratama.
Syahnur, K. N. F. (2017). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Wajib Pajak Dalam Menggunakan Sistem E-Filing (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Utara). Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makassar, 25-37.
Teguh erawati s.e,m.si,rita ratnasari. (2018). Pengaruh penerapan E-Filing terhadap kepatuhan wajib pajak dalam menyampaikan spt tahunan dengan kepuasan kualitas pelayanan sebagai variabel intervening.
Widomoko dan novriyanti (2017). Pengaruh kualitas pelayanan, pengawasan dan konsultasi oleh account representative (ar) terhadap kepatuhan wajib pajak (studi kasus pada kpp menteng satu Jakarta.
Wulandari agustiningsih (2016). Pengaruh penerapan E-Filing, tingkat pemahaman perpajakan dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak di kpp pratama yogyakarta.
Yovita widiyadinata, agus arianto toly. (2014). Pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, ketepatan waktu, dan kerahasiaan terhadap kepuasan wajib pajak pengguna E- Filing
Yuni muharromah wulandari sigit,adhi pratomo wahjoe,sri irwanto. (2016). Pengaruh persepsi kebermanfaatan, kemudahan penggunaan, kepuasan pengguna, keamanan dan kerahasiaan.