Main Article Content
Abstract
Persaingan penjualan produk pada beberapa e-commerce di Indonesia, telah menjadi peluang utama oleh konsumen untuk mendapatkan produk yang dianggap terbaik dan memiliki kemudahan mendapatkan produk tersebut. Permasalahan yang terjadi pada persaingan tersebut, sehingga penelitian ini bertujuan untuk menggali efek interaksi pemanfaatan media promosi pada strategi digital marketing dan perilaku konsumen terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi pada penelitian adalah seluruh pengguna aplikasi beberapa e-commerce di Indonesia, seperti Tiktok, Tokopedia, Shopee, dan Lazada. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 115 responden. Metode analisis menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) Strategi digital marketing berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen, (2) Perilaku konsumen berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen, (3) peran media promosi dapat memediasi pengaruh strategi digital marketing terhadap minat beli konsumen, dan (4) peran media promosi dapat memediasi pengaruh perilaku konsumen terhadap minat beli konsumen.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Andrian. (2019). Digital Marketing dan Ragam Produk pada Minat Beli Konsumen Toko Online Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Angkatan 2016). Ekspektra : Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3, 14–24. https://doi.org/10.25139/ekt.v3i1.1430
- Anggraini, I. D. (2020). Pengaruh Visual Merchandising dan Store Atmosphere Terhadap Perilaku Impulse Buying (Studi Kasus Pada Konsumen Miniso di Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(1), 660–666.
- Bautista, A., León, A., Rojas, J., & Raymundo, C. (2020). Strategic planning model to increase the profitability of an HR outsourcing SME through digital transformation. Advances in Intelligent Systems and Computing, 1018, 856–862. https://doi.org/10.1007/978-3-030-25629-6_134
- Darmanto, A. R. P., & Sari, D. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Bradermaker Store. EProceedings …, 9(2), 727–733.
- Faisol, F., Sri Aliami, & Samari. (2022). Internal and External Factors of Consumer Behaviour: Phenomenon in Buying Decisions at the Keboen Rodjo Restaurant, Kediri. Efektor, 9(1), 35–47. https://doi.org/10.29407/e.v9i1.16454
- Firmansyah, D. M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Perilaku konsumen). Jurnal Agora, 5 No.(september), 5–299. https://www.academia.edu/37610166/PERILAKU_KONSUMEN_PERILAKU_KONSUMEN_MAKALAH_PERILAKU_KONSUMEN
- Gamache, S., Abdul-Nour, G., & Baril, C. (2019). Development of a digital performance assessment model for Quebec manufacturing SMEs. Procedia Manufacturing, 38(2019), 1085–1094. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2020.01.196
- Hakim, L., & Pambudi, B. S. (2021). Pengaruh Promosi Online Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Ud. Bintang Sembilan). Competence : Journal of Management Studies, 15(2), 204–214. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v15i2.12517
- Halim, H. (2019). Pengaruh User Interface Quality, Information Quality, Perceived Security, Perceived Privacy, Belief, Dan Knowledge Terhadap Niat Beli Barang Di Website E-Commerce Di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(2), 63–70. https://doi.org/10.24912/jmbk.v3i2.4961
- Haque, M. G. (2020). The Effect of Digital Marketing and Media Promotion Utilization to a Bakpia Patok Yogyakarta SMES’ Sales Performance. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 10(1), 233. https://doi.org/10.26858/jiap.v10i1.14336
- Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, & Rayendra, A. (2019). Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 53–60.
- Izzah Nur Masyithoh, & Ivo Novitaningtyas. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Tokopedia. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 7(1). https://doi.org/10.36805/manajemen.v7i1.1951
- Jasmani, J., & Sunarsi, D. (2020). The Influence of Product Mix, Promotion Mix and Brand Image on Consumer Purchasing Decisions of Sari Roti Products in South Tangerang. PINISI Discretion Review, 1(1), 165. https://doi.org/10.26858/pdr.v1i1.13409
- Linardi, R. L., Goh, T. S., Julitawaty, W., & Syawaluddin, S. (2022). Pengaruh Perilaku Konsumen dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli pada PT. Mulia Cipta Abadi Medan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 1645–1650. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2665
- Mustika, W., & Kurniawati, D. M. (2022). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Minat Beli Handuk Pada Marketplace “X.” Serina Iv, 709–716.
- Nawaz, S. S., & Kaldeen, M. (2020). Impact of digital marketing on purchase intention. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(4), 1113–1120.
- Pangkey, F. M., Furkan, L. M., & Mulyono, L. E. H. (2019). Pengaruh Artificial Intelligence dan Digital Marketing terhadap Minat Beli Konsumen. Jmm Unram - Master of Management Journal, 8(3), 258–269. https://doi.org/10.29303/jmm.v8i3.448
- Prathama, F., & Sahetapy, W. L. (2019). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen E-Commerce Lazada. Jurnal Agora, 7(1), 287015.
- Priyanti, Y., Susanti, F., & Aziz, N. (2017). Minat Beli Konsumen Toko Sepatu Bata Dipasar Raya Padang Dilihat Dari Sikap Dan Iklan. Jurnal Pundi, 1(2), 87–96. https://doi.org/10.31575/jp.v1i2.17
- Purnama, I. (2020). Pengaruh Promosi Online Dan Endorserment Selebgram Terhadap Minat Beli Konsumen. Youth & Islamic Economic Journal, 1(2), 14–20.
- Purwanti, P., Sarwani, S., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt. Unilever Indonesia. Inovasi, 7(1), 24. https://doi.org/10.32493/inovasi.v7i1.p24-31.5442
- Rahayu, R. (2018). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap minat beli produk kosmetik online Pada Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah FEBI Institut Agama Islam Negri Ponorogo. Skripsi, 1–91.
- Rengifurwarin, Z. A., Akib, H., Jasruddin, & Salam, R. (2018). Snapshot of public service quality in the center for integrated business service (CIBS), cooperative micro small and medium enterprises (CMSME), Maluku province, Indonesia. Journal of Entrepreneurship Education, 21(3), 2651.
- Sulianta, F., Rah, D., & Nugrahani, U. (2014). Efek Komunikasi Bermediakan Komputer Pada Periklanan Online Computer Mediated Communication Effects in Online Advertising. 15(Desember), 112–121.
- Taufik, Y., Risna, A., Aminatus, S., Ivonne, Z., Ade, A., & Siregar, P. (2022). Peran Social Media Marketing dan Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Produk Es Teh Indonesia. 6(2), 5234–5240.
- Wardinata, G & Alam, I. A. (2022). Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Di Masa Pandemi Covid-19. 1(5), 677–688.
References
Andrian. (2019). Digital Marketing dan Ragam Produk pada Minat Beli Konsumen Toko Online Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Angkatan 2016). Ekspektra : Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3, 14–24. https://doi.org/10.25139/ekt.v3i1.1430
Anggraini, I. D. (2020). Pengaruh Visual Merchandising dan Store Atmosphere Terhadap Perilaku Impulse Buying (Studi Kasus Pada Konsumen Miniso di Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(1), 660–666.
Bautista, A., León, A., Rojas, J., & Raymundo, C. (2020). Strategic planning model to increase the profitability of an HR outsourcing SME through digital transformation. Advances in Intelligent Systems and Computing, 1018, 856–862. https://doi.org/10.1007/978-3-030-25629-6_134
Darmanto, A. R. P., & Sari, D. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Bradermaker Store. EProceedings …, 9(2), 727–733.
Faisol, F., Sri Aliami, & Samari. (2022). Internal and External Factors of Consumer Behaviour: Phenomenon in Buying Decisions at the Keboen Rodjo Restaurant, Kediri. Efektor, 9(1), 35–47. https://doi.org/10.29407/e.v9i1.16454
Firmansyah, D. M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Perilaku konsumen). Jurnal Agora, 5 No.(september), 5–299. https://www.academia.edu/37610166/PERILAKU_KONSUMEN_PERILAKU_KONSUMEN_MAKALAH_PERILAKU_KONSUMEN
Gamache, S., Abdul-Nour, G., & Baril, C. (2019). Development of a digital performance assessment model for Quebec manufacturing SMEs. Procedia Manufacturing, 38(2019), 1085–1094. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2020.01.196
Hakim, L., & Pambudi, B. S. (2021). Pengaruh Promosi Online Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Ud. Bintang Sembilan). Competence : Journal of Management Studies, 15(2), 204–214. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v15i2.12517
Halim, H. (2019). Pengaruh User Interface Quality, Information Quality, Perceived Security, Perceived Privacy, Belief, Dan Knowledge Terhadap Niat Beli Barang Di Website E-Commerce Di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(2), 63–70. https://doi.org/10.24912/jmbk.v3i2.4961
Haque, M. G. (2020). The Effect of Digital Marketing and Media Promotion Utilization to a Bakpia Patok Yogyakarta SMES’ Sales Performance. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 10(1), 233. https://doi.org/10.26858/jiap.v10i1.14336
Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, & Rayendra, A. (2019). Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 53–60.
Izzah Nur Masyithoh, & Ivo Novitaningtyas. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Tokopedia. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 7(1). https://doi.org/10.36805/manajemen.v7i1.1951
Jasmani, J., & Sunarsi, D. (2020). The Influence of Product Mix, Promotion Mix and Brand Image on Consumer Purchasing Decisions of Sari Roti Products in South Tangerang. PINISI Discretion Review, 1(1), 165. https://doi.org/10.26858/pdr.v1i1.13409
Linardi, R. L., Goh, T. S., Julitawaty, W., & Syawaluddin, S. (2022). Pengaruh Perilaku Konsumen dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli pada PT. Mulia Cipta Abadi Medan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 1645–1650. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2665
Mustika, W., & Kurniawati, D. M. (2022). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Minat Beli Handuk Pada Marketplace “X.” Serina Iv, 709–716.
Nawaz, S. S., & Kaldeen, M. (2020). Impact of digital marketing on purchase intention. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(4), 1113–1120.
Pangkey, F. M., Furkan, L. M., & Mulyono, L. E. H. (2019). Pengaruh Artificial Intelligence dan Digital Marketing terhadap Minat Beli Konsumen. Jmm Unram - Master of Management Journal, 8(3), 258–269. https://doi.org/10.29303/jmm.v8i3.448
Prathama, F., & Sahetapy, W. L. (2019). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen E-Commerce Lazada. Jurnal Agora, 7(1), 287015.
Priyanti, Y., Susanti, F., & Aziz, N. (2017). Minat Beli Konsumen Toko Sepatu Bata Dipasar Raya Padang Dilihat Dari Sikap Dan Iklan. Jurnal Pundi, 1(2), 87–96. https://doi.org/10.31575/jp.v1i2.17
Purnama, I. (2020). Pengaruh Promosi Online Dan Endorserment Selebgram Terhadap Minat Beli Konsumen. Youth & Islamic Economic Journal, 1(2), 14–20.
Purwanti, P., Sarwani, S., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt. Unilever Indonesia. Inovasi, 7(1), 24. https://doi.org/10.32493/inovasi.v7i1.p24-31.5442
Rahayu, R. (2018). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap minat beli produk kosmetik online Pada Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah FEBI Institut Agama Islam Negri Ponorogo. Skripsi, 1–91.
Rengifurwarin, Z. A., Akib, H., Jasruddin, & Salam, R. (2018). Snapshot of public service quality in the center for integrated business service (CIBS), cooperative micro small and medium enterprises (CMSME), Maluku province, Indonesia. Journal of Entrepreneurship Education, 21(3), 2651.
Sulianta, F., Rah, D., & Nugrahani, U. (2014). Efek Komunikasi Bermediakan Komputer Pada Periklanan Online Computer Mediated Communication Effects in Online Advertising. 15(Desember), 112–121.
Taufik, Y., Risna, A., Aminatus, S., Ivonne, Z., Ade, A., & Siregar, P. (2022). Peran Social Media Marketing dan Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Produk Es Teh Indonesia. 6(2), 5234–5240.
Wardinata, G & Alam, I. A. (2022). Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Di Masa Pandemi Covid-19. 1(5), 677–688.