Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran dapat meningkatkan penjualan buku pada PT. Gramedia Kota Makassar serta untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran promosi dan harga yang dapat meningkatkan penjualan buku pada PT. Gramedia Kota Makassar. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini dimana variabel bebasnya yaitu Harga (X1) dan Promosi (X2) sedangkan variabel terikatnya yaitu Penjualan (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen PT. Gramedia Kota Makassar dengan total 80 orang. Metode yang digunakan dalam penentuan sampel yaitu metode Slovin. Penelitian ini menggunakan metode pengujian secara parsial (Uji T) dengan tingkat signifikan α = 0,025. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa variabel Harga (X1) dan Promosi (X2) yang diukur berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan (Y).

Keywords

Pemasaran

Article Details

How to Cite
Johanis M, A. R. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Buku Pada PT. Gramedia Kota Makassar. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 5(4), 309–315. Retrieved from https://jurnal.feb-umi.id/index.php/PARADOKS/article/view/531

References

  1. Aditya, W. R. 2017. Strategi Komunikasi Pemasaran (Studi Pada Event Tupperware Home Party dalam Menjaga Loyalitas Konsumen PT. Riau Cahaya Utami di Kota Pekanbaru). Jurnal JOM FISIP 4(1):1-15.
  2. Anugrah, G. G. 2017. Strategi Komunikasi Bisnis Untuk Mencapai Tujuan Pemasaran (Studi Kasus Pada Concept Photography Serang). Skripsi. Universitas Sultan Agung Tirtayasa. Banten.
  3. Arifin, Anwar. 2010. Strategi Komunikasi, Sebuah Pengantar Ringkas. CV. Armico. Bandung.
  4. Cangara, H. 2013. Pengantar Ilmu Komunikasi. PT. Raja Graffindo Persada. Jakarta.
  5. Cutlip, Scott M. et. al. 2013. Effective Public Realtions Edisi IX Cetakan Ke-II. Kencana. Jakarta.
  6. Darmawan. 2014. Pemasaran Strategi. Alfabeta. Bandung.
  7. Effendy, Onong Uchyana. 2010. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
  8. Effendy, Onong Uchjana. 2010. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. PT. Citra Aditya Bakti. Bandung.
  9. Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. CAPS (Center for Academic Publishing Service). Yogyakarta.
  10. Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Erlangga. Jakarta.
  11. Ismanto. 2017. Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Mempromosikan Produk Melalui Media Online (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro Anime Maximono Yogyakarta). Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
  12. Kotler, Philip. 2013. Proses Komunikasi Pemasaran. Jakarta. Erlangga.
  13. Kotler, Philip. 2011. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Selemba Empat. Jakarta.
  14. Kotler, Philip Dan Amstrong, Gray. 2011. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 Edisi 12. Erlangga. Jakarta.
  15. Kotler, Philip. 2016. Marketing Management. Global Edition. 15th Edition. Pearson. New York.
  16. Kotler dan Armstrong. 2013. Dasar-Dasar Pemasaran. Terjemahan Alexander Sindoro. Prenhallindo. Jakarta.
  17. Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 2012. Prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Erlangga. Jakarta.
  18. Liliweri, A. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Prenada Media Group. Jakarta.
  19. Limakrisna, N. Susilo. 2012. Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi dalam Bisnis. Mitra Wacana Media. Jakarta.
  20. Morrisan, M. A. 2010. Teori Komunikasi Massa. Ghalia Indonesia. Bogor.
  21. Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
  22. Mulyana, Deddy. 2011. Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
  23. Rangkuti, Freddy. 2014. Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
  24. Resmawa, I. N. 2017. Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Memasarkan
  25. Produk Cemilan Kerupuk Singkong Samiler “Samijali” di UKM Eks Lokalisasi Dolly, Jurnal Humaniora, 1(2): 68-75.
  26. Ruben, Brend D and Lea P. Steward. 2012. Communication and Human Behavior 4th Edition, Ally and Bacon A viacom Commpany.
  27. Sistaningrum, Widyaningtyas. 2012. Manajemen Penjualan Produk. Taristo. Yogyakarta.
  28. Setiadi, N. 2015. Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan dan Keinginan Konsumen Edisi Revisi. Kencana. Jakarta.
  29. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabet. Bandung.
  30. Sunyoto, Danang. 2013. Teori Kuisioner dan Analisis Data Untuk Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Graha Ilmu. Yogyakarta.
  31. Swastha, Basu DH. 2012. Manajemen Pemasaran. Modern Liberty. Yogyakarta.
  32. Tjiptono, Fandi. 2010. Strategi Pemasaran. ANDI.Yogyakarta.
  33. Uchjana, Onong. 2012. Dinamika Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung