Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti peran kewirausahaan sosial berpengaruh pada pengembangan usaha sektor UMKM saat kondisi pandemic covid 19 di Makassar. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang pelaku UMKM di kota Makassar. Adapun Hasil penelitian menggunakan analisa regresi sederhana menunjukkan hasil analisis parsial dengan uji t bahwa variabel kewirausahaan sosial tidak berpengaruh dan tidak signifikan dalam meningkatkan usaha sektor UMKM yang ada di kota Makassar pada saat kondisi pandemic covid 19.
Keywords
Article Details
References
- Adam I, Indra Wijaya. 2000. Perubahan dan Pengembangan Organisasi. Bandung: Sinar Baru. Alyas, & Rakib, M. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dalam Penguatan Ekonomi Kerakyatan (Studi Kasus pada Usaha Roti Maros di Kabupaten Maros).
- Sosiohumaniora, 114-120.
- Amirin, T., 2011, Populasi Dan Sampel Penelitian 4: Ukuran Sampel Rumus Slovin, Erlangga,
- Jakarta.
- Ashoer, M, M. N. Hamzah, and F. Mustafa. 2019. “Analisis Faktor Yang Mendorong Konsumen
- Memilih Hotel Melalui Situs Traveloka.Com.” Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen 5(2). Ashoer, M., and S. Said. 2016. “The Impact of Perceived Risk on Consumer Purchase Intention in Indonesia; A Social Commerce Study.” in International Journal of International Conference on Accounting, Management, Economics and Social Sciences (ICAMESS). FEB Universitas
- Singaperbangsa Karawang.
- Ashoer, M., R. R. Taufan, M. H. Syahnur, and A. M. Arumbarkah. 2020. “Determinants of
- Consumers’ E-Satisfaction in E-Commerce Website: Role of E-Service Quality
- Dimensions.” The International Journal of Business & Management 8(2):113–18.
- Ashoer, Muhammad. 2019. “Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction Pada Pelanggan
- Situs Toko Online Brodo.” Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika 15(3):238–51. Ashoer, Muhammad, Haerdiansyah Syahnur, and Imaduddin Murdifin. 2019. “Bagaimana Gaya Hidup Mempengaruhi Keputusan Pembelian Tiket Online?” Jurnal Ilmiah Manajemen Dan
- Bisnis 20(1):52–65.
- Christiana, Y., Pradhanawati, A., & Hidayat, W. (2014). Pengaruh Kompetensi Wirausaha,
- Pembinaan Usaha dan Inovasi Produk Terhadap Perkembangan Usaha (Studi Pada Usaha Kecil dan Menengah Batik di Sentra Pesindon Kota Pekalongan). Diponegoro Journal of Social and Politic, 1-10.
- Hery dan Sony. (2015). Kewirausahaan Sosial.Bandung: Unpad Press
- Dess, J. Gregory, Jed Emerson & Peter Economy. 2001. Enterprising Non Profit: A tool for Social Entrepreneur. Wiley Non Profit Series.
- Dewi Meisari Haryanti, Sri Rahayu Hijrah Hati, Astari Wirastuti, Kumala Susanto, 2015, Berani jadi Wirausaha sosial, Depok, PT. Bank DBS Indonesia.
- Santosa, Setyanto. 2007. ”Peran Social Entrepreneurship dalam Pembangunan”.http://nurrahmanarif.wordpress.com/social-entrepreneurship
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.
- Wibowo Hery, Soni a. Nulhaqim, 2015, Kewirausahaan Sosial Merevolusi Pola Pikir Menginisiasi Mitra Pembangunan, Lembang, Unpad Press
- https://mediaindonesia.com/read/detail/304370-mengantisipasi-darurat-krisis-ekonomi-indonesia http://www.diskop.id/umkm-2/
References
Adam I, Indra Wijaya. 2000. Perubahan dan Pengembangan Organisasi. Bandung: Sinar Baru. Alyas, & Rakib, M. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dalam Penguatan Ekonomi Kerakyatan (Studi Kasus pada Usaha Roti Maros di Kabupaten Maros).
Sosiohumaniora, 114-120.
Amirin, T., 2011, Populasi Dan Sampel Penelitian 4: Ukuran Sampel Rumus Slovin, Erlangga,
Jakarta.
Ashoer, M, M. N. Hamzah, and F. Mustafa. 2019. “Analisis Faktor Yang Mendorong Konsumen
Memilih Hotel Melalui Situs Traveloka.Com.” Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen 5(2). Ashoer, M., and S. Said. 2016. “The Impact of Perceived Risk on Consumer Purchase Intention in Indonesia; A Social Commerce Study.” in International Journal of International Conference on Accounting, Management, Economics and Social Sciences (ICAMESS). FEB Universitas
Singaperbangsa Karawang.
Ashoer, M., R. R. Taufan, M. H. Syahnur, and A. M. Arumbarkah. 2020. “Determinants of
Consumers’ E-Satisfaction in E-Commerce Website: Role of E-Service Quality
Dimensions.” The International Journal of Business & Management 8(2):113–18.
Ashoer, Muhammad. 2019. “Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction Pada Pelanggan
Situs Toko Online Brodo.” Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika 15(3):238–51. Ashoer, Muhammad, Haerdiansyah Syahnur, and Imaduddin Murdifin. 2019. “Bagaimana Gaya Hidup Mempengaruhi Keputusan Pembelian Tiket Online?” Jurnal Ilmiah Manajemen Dan
Bisnis 20(1):52–65.
Christiana, Y., Pradhanawati, A., & Hidayat, W. (2014). Pengaruh Kompetensi Wirausaha,
Pembinaan Usaha dan Inovasi Produk Terhadap Perkembangan Usaha (Studi Pada Usaha Kecil dan Menengah Batik di Sentra Pesindon Kota Pekalongan). Diponegoro Journal of Social and Politic, 1-10.
Hery dan Sony. (2015). Kewirausahaan Sosial.Bandung: Unpad Press
Dess, J. Gregory, Jed Emerson & Peter Economy. 2001. Enterprising Non Profit: A tool for Social Entrepreneur. Wiley Non Profit Series.
Dewi Meisari Haryanti, Sri Rahayu Hijrah Hati, Astari Wirastuti, Kumala Susanto, 2015, Berani jadi Wirausaha sosial, Depok, PT. Bank DBS Indonesia.
Santosa, Setyanto. 2007. ”Peran Social Entrepreneurship dalam Pembangunan”.http://nurrahmanarif.wordpress.com/social-entrepreneurship
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.
Wibowo Hery, Soni a. Nulhaqim, 2015, Kewirausahaan Sosial Merevolusi Pola Pikir Menginisiasi Mitra Pembangunan, Lembang, Unpad Press
https://mediaindonesia.com/read/detail/304370-mengantisipasi-darurat-krisis-ekonomi-indonesia http://www.diskop.id/umkm-2/