Main Article Content

Abstract




Dengan kondisi persaingan usaha yang ketat, ide - ide pengembangan usaha banyak bermunculan di dunia bisnis, dan tak bisa dipungkiri pelaku ekonomi kreatif banyak bermunculan. Bagi para pelaku usaha kreatif dukungan dari segala sektor sangat diperlukan guna meningkatkan kepercayaan akan kemampuan dan keterampilan berwirausaha yang dimilikinya, meningkatkan mental berwirausahanya sehingga para pelaku usaha kreatif bisa memaksimalkan bisnisnya, dengan melakukan pengembangan - pengembangan dalam bisnis atau usaha yang mereka jalankan. Dari beberapa penelitian yang pernah dilakukan mengenai motivasi seseorang dalam berwirausaha, disimpulkan bahwa motivasi memiliki hubungan yang konsisten dengan kewirausahaan (B. R. Johnson, 1990) . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Keterampilan Berwirausaha (Studi kasus: Pelaku Ekonomi Kreatif di Kota Makassar). Jumlah sampel di dalam penelitian ini adalah sebanyak 50 orang pelaku usaha di industri ekonomi kreatif yang ada di wilayah Kota Makassar. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang disebar keseluruh responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menyimpulkan dukungan sosial dengan keterampilan berwirausaha para pelaku ekonomi kreatif di kota Makassar.




Keywords

Dukungan Sosial Keterampilan Wirausaha Ekonomi Kreatif

Article Details

How to Cite
Sudirman, Anugrah Lutfi, Putri Diha, & Fatillah Amanda. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Keterampilan Berwirausaha (Studi kasus: Pelaku Ekonomi Kreatif di Kota Makassar). Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(4), 260–272. Retrieved from https://jurnal.feb-umi.id/index.php/PARADOKS/article/view/587

References

  1. Arie Welianto. (2020). Manusia Sebagai MAkhluk Sosial dan Cirinya. Kompas.Com. https://www.kompas.com/skola/read/2020/07/07/123000469/manusia-sebagai-makhluk- sosial-dan-cirinya
  2. Baum, J. R., & Locke, E. A. (2004). The relationship of entrepreneurial traits, skill, and motivation to subsequent venture growth. Journal of Applied Psychology, 89(4), 587–598. https://doi.org/10.1037/0021-9010.89.4.587
  3. Belay Seyoum, Ravi Chinta, B. G. M. (2021). Social support as a driver of social entrepreneurial intentions: the moderating roles of entrepreneurial education and proximity to the US small business administration. Journal of Small Business and Enterprise Development, 28(3), 337– 359. https://doi.org/10.1108/JSBED-08-2020-0306
  4. Bidang Kajian Kebijakan Dan Inovasi Administrasi Negara. (2019). Processing Data Penelitian Menggunakan SPSS. Pusat Kajian Dan Pendidikan Dan Pelatihan Aparatur IV Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia, 53(9), 1–22.
  5. Edward P. Safarino, T. W. S. (2011). Health psychology : biopsychosocial interactions (C. Johnson (ed.); 7th ed.). John Wiley & Sons, Inc.
  6. Hermiyanty, Wandira Ayu Bertin, D. S. (2017). Buku Ajar Kewirausahaan Entrepreneur Agribuisiness Start Your Own Buisiness. Journal of Chemical Information and Modeling, 8(9), 1–58.
  7. Johnson, B. R. (1990). Johnson. Entrepreneurship Theory and Practice, 14(3), 39–54. https://doi.org/10.1177%2F104225879001400306
  8. Madrianah, M., & Verawaty, V. (2020). Analisis Pendidikan Kewirausahaan, Ekspektasi Pendapatan dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa IBK Nitro Makassar. PARADOKS: Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(1), 181-188.
  9. Marta, M. S., Kurniasari, D., & Kurniasari, D. (2019). Interaksi Dukungan Sosial Pada Hubungan Pendidikan Wirausaha, Efikasi Diri Dan Niat Berwirausaha M. BENEFIT Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 16–26. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/benefit.v4i1.7113
  10. Negara, K. (2019). Perpres Nomor 69 Tahun 2019 tentang Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. BPK.Go.Id, 24(012599).
  11. Pangestu, M. E. (2008). Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025. Studi Industri Kreatif Indonesia, Departemen Perdagangan RI.
  12. Pearson, J. E. (1986). The Definition and Measurement of Social Support. Journal of Counseling & Development, 64(6), 390–395. https://doi.org/10.1002/j.1556-6676.1986.tb01144.x
  13. Reza Faturahman Sihab. (2016). Kreativitas dalam Psikologi Pendidikan. https://sites.google.com/a/mhs.uinjkt.ac.id/rezafathurahman/kreativitas
  14. Rochmat Aldy Purnomo. (2016). Ekonomi Kreatif : Pilar Pembangunan Indonesia (1st ed.). Ziyad Visi Media,Jalan Banyuanyar Selatan No 4 RT. 02/XII Surakarta 57137.
  15. Sahban, M. A., Kumar, D., & Ramalu, S. S. (2015). Instrument Development: Entrepreneurial Social Support Assessment Instrument (IESSA). Research Journal of Economic & Business Studies, 4(3), 21–36.
  16. Sarason, I. sarason & B. (1983). Social Support: Theory, Research and Application (I. G. and barbara R. S. Sarason (ed.)). NATO Scientific Affairs Division. https://doi.org/10.1007/978-94-009- 5115-0
  17. Sari, S. M., Lestari, Y. I., & Yulianti, A. Y. (2016). Hubungan antara Social Support dan Self-Efficacy dengan Stress pada Ibu Rumah Tangga yang Berpendidikan Tinggi. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2), 171–178. https://doi.org/10.15575/psy.v3i2.1108
  18. Selatan, P. S. (2021). Dibawah Pimpinan Plt Gubernur, Angka Pertumbuhan Ekonomi Sulsel Triwulan II-2021 Diatas Nasiona. Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik Dan Persandian Provinsi Sulawesi Selatan. https://sulselprov.go.id/welcome/post/dibawah-pimpinan-plt- gubernur-angka-pertumbuhan-ekonomi-sulsel-triwulan-ii-2021-diatas-nasional
  19. Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif , kualitatif dan r & d. 456.
  20. Pengaruh Dukungan Sosial terh.......... 271
  21. PARADOKS:JurnalIlmuEkonomi.Vol.3No.4(2020);Oktober
  22. Suharti, L., & Sirine, H. (2012). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Niat Kewirausahaan (Entrepreneurial Intention). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 13(2). https://doi.org/10.9744/jmk.13.2.124-134
  23. Widjaja, Y. R., & Winarso, W. (2019). Bisnis Kreatif dan Inovasi. 117.