Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji serta mengetahui bagaimana pengaruh pendidikan, pelatihan, dan teknologi terhadap peningkatan kinerja guru di SMK Negeri 4 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMK Negeri 4 Makassar sebenyak 61 orang. Metode penentuan jumlah sampel yang digunakan yaitu metode sensus sampling, sehingga semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil pengisian kuesioner oleh para responden. Metode analisis data yang akan dilakukan terdiri dari analisis statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, serta pengujian hipotesis melalui analisis regersi linear berganda, uji t uji f dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa Pendidikan, Pelatihan dan Teknologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di SMK Negeri 4 Makassar. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa pendidikan, pelatihan, dan teknologi secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap terhadap kinerja guru di SMK Negeri 4 Makassar.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Alex, S. N. (2006). Manajemen personalia: manajemen sumber daya manusia. In Ghalia Indonesia, Jakarta (Edisi Ketiga).
- Alfhan, R. (2018). Pengaruh pendidikan, pelatihan dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru ekonomi akuntansi SMA Negeri dan Swasta Se-Kabupaten Kendal. Semarang: Universitas Negeri Semarang. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jap/article/view/11
- Ardiana, T. E. (2017). Pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru akuntansi SMK di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 17(02). http://dx.doi.org/10.29040/jap.v17i02.11
- Asye Rachmawaty, S. T. (2019). Pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap kinerja guru pada SMP Negeri 43 Bandung. Tematik: Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 1(1), 26–35. https://doi.org/10.38204/tematik.v1i1.33
- Audah, Z. (2020). Pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja guru pada SMA Muhammadiyah Martapura. Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhanan, 10(2), 159–174. https://pdp-journal.hangtuah.ac.id/index.php/jurnal/article/view/18
- Aulia, R., & Sasmita, J. (2014). Pengaruh pendidikan dan pelatihan kepuasan kerja dan kepemimpinan terhadap kinerja perawat rawat inap di RSUD Kabupaten Siak. https://jtmb.ejournal.unri.ac.id/index.php/JTMB/article/viewFile/2386/2346
- Aulia, S. A. (2016). Pengaruh pendidikan, pelatihan dan motivasi kerja terhadap produktivitas kerja karyawan (pada PT. Inti Sukses Garmindo, Semarang). Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/40445
- Bhatt, G. D. (2011). Knowledge management in organizations: examining the interaction between technologies, techniques, and people. Journal of Knowledge Management. https://doi.org/10.1108/13673270110384419
- Dahlan, M., Arafat, Y., & Eddy, S. (2020). Pengaruh budaya sekolah dan diklat terhadap kinerja guru. Journal of Education Research, 1(3), 218–225. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.25
- Destiana, B., & Soenarto, S. (2014). Faktor determinan pemanfaatan tik dan pengaruhnya terhadap kinerja guru SMK di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(3). http://dx.doi.org/10.21831/jpv.v4i3.2555
- Fitriyah, A., & Isnowati, S. (2021). Pengaruh pendidikan pelatihan dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/8604
- Handayani, D. (2019). Pengaruh pendidikan dan pelatihan, motivasi, serta lingkungan kerja terhadap kinerja guru SMK Negeribanyuasin. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(2), 140–150. https://jurnal.um-palembang.ac.id/ilmu_manajemen/article/view/1583
- Harahap, L. P. (2020). Pengaruh supervisi kepala madrasah dan kemampuan penggunaan teknologi terhadap kinerja guru man di kota medan. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 6(1), 10–16. https://doi.org/10.30596/edutech.v6i1.4389
- Hasibuan, M. S. P., & Hasibuan, H. M. S. P. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Bumi Aksara.
- Indrayani, I., Aulia, N., & Arwin, A. (2022). pengaruh pendidikan pelatihan dan pemanfaatan teknologi terhadap kinerja guru SMP di Kabupaten Sidrap. Economos: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 76–80. https://www.jurnal.umpar.ac.id/index.php/economos/article/download/1625/991
- Kumaat, R. J., & Dotulong, L. O. H. (2015). Pengaruh pendidikan, pelatihan, dan inovasi terhadap kinerja pegawai Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3). https://doi.org/10.35794/emba.3.3.2015.9393
- Mangkunegara, A. P., & Prabu, A. (2005). Sumber daya manusia perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Mangkunegara, A. P., & Prabu, A. (2016). Evaluasi kinerja sumber daya manusia, cetakan ketiga. Bandung: Refika Aditama.
- Putri, N. R., & Ratnasari, S. L. (2019). Pengaruh tingkat pendidikan, pelatihan, dan pengembangan karir terhadap kinerja karyawan PT. Asuransi Takaful Batam. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 7(1), 48–55. https://103.209.1.42/index.php/JAEMB/article/view/1083
- Rahmadin, A. N., Saleh, M., & Esabella, S. (2022). Dampak pelatihan dan pendidikan terhadap tingkat kinerja guru dengan teknologi informasi komunikasi sebagai variabel mediasi di Sekolah Dasar Negeri Telaga Baru Kabupaten Sumbawa Barat. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2823–2834. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/download/784/709
- Simamora, H. (2004). Manajemen sumber daya manusia.
- Sohal, A. S., & Ng, L. (2008). The role and impact of information technology in Australian business. Journal of Information Technology, 13(3), 201–217. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/026839698344846
- Sondang, P. S. (2008). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
- Spencer, L. M., & Spencer, P. S. M. (2008). Competence at Work models for superior performance. John Wiley & Sons. http://sde.sfedu.ru/files/learn_files/file_11942.pdf
- Sukoco, F. (2018). Pengaruh pendidikan dan pelatihan, pembelajaran organisasi terhadap kinerja dengan kompetensi sebagai mediasi. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 17(1). https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/fe3/article/view/327/211
- Sulistyo, B., Minarsih, M. M., & Warso, M. M. (2016). Pengaruh pendidikan dan latihan profesi guru (Plpg), kedisiplinan guru, dan kompetensi guru terhadap kinerja guru di Smp Masehi Jepara. Journal of Management, 2(2). https://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/490
- Sunyoto, D. (2012). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: CAPS (center for academic publishing service).
- Supomo, R., & Nurhayati, E. (2018). Manajemen sumber daya manusia.
- Taufik, A. (2011). Supervision model of guidance counseling for improving the quality of Senior High School counselor’s professional competence. Educationist, 148. http://jurnal.upi.edu/educationist/view/920/
- Wardono, M. N. S. (2016). Pengaruh pendidikan pelatihan dan motivasi terhadap kinerja pegawai di kantor Kecamatan Semen Kabupaten Kediri. Jurnal Ilmu Manajemen, REVITALISASI, 1(2), 115–124. http://publikasi.uniska-kediri.ac.id/data/uniska/revitalisasi/revitalisasivol1no2sep2012/revitalisasi-vol1no2sep2012-10. Moch. Noor Setyo Wardono.pdf
- Wijaya, C. O., & Nurwahidin, M. (2022). Pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 31–35. https://doi.org/10.56854/tp.v1i2.20
- Wimartono, S., Soedijono, B., & Amborowati, A. (2015). Analisis pengaruh penggunaan teknologi informasi terhadap profesi guru (studi kasus: Kab. Kebumen). Creative Information Technology Journal, 3(1), 74–88. https://doi.org/10.24076/citec.2015v3i1.67
- Yudiastra, P. P., & Darma, G. S. (2015). Pengaruh penggunaan teknologi informasi, disiplin kerja, insentif, turnover terhadap kinerja pegawai. Jurnal Manajemen Bisnis, 12(1), 151–176. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/article/view/291/304
References
Alex, S. N. (2006). Manajemen personalia: manajemen sumber daya manusia. In Ghalia Indonesia, Jakarta (Edisi Ketiga).
Alfhan, R. (2018). Pengaruh pendidikan, pelatihan dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru ekonomi akuntansi SMA Negeri dan Swasta Se-Kabupaten Kendal. Semarang: Universitas Negeri Semarang. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jap/article/view/11
Ardiana, T. E. (2017). Pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru akuntansi SMK di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 17(02). http://dx.doi.org/10.29040/jap.v17i02.11
Asye Rachmawaty, S. T. (2019). Pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap kinerja guru pada SMP Negeri 43 Bandung. Tematik: Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 1(1), 26–35. https://doi.org/10.38204/tematik.v1i1.33
Audah, Z. (2020). Pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja guru pada SMA Muhammadiyah Martapura. Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhanan, 10(2), 159–174. https://pdp-journal.hangtuah.ac.id/index.php/jurnal/article/view/18
Aulia, R., & Sasmita, J. (2014). Pengaruh pendidikan dan pelatihan kepuasan kerja dan kepemimpinan terhadap kinerja perawat rawat inap di RSUD Kabupaten Siak. https://jtmb.ejournal.unri.ac.id/index.php/JTMB/article/viewFile/2386/2346
Aulia, S. A. (2016). Pengaruh pendidikan, pelatihan dan motivasi kerja terhadap produktivitas kerja karyawan (pada PT. Inti Sukses Garmindo, Semarang). Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/40445
Bhatt, G. D. (2011). Knowledge management in organizations: examining the interaction between technologies, techniques, and people. Journal of Knowledge Management. https://doi.org/10.1108/13673270110384419
Dahlan, M., Arafat, Y., & Eddy, S. (2020). Pengaruh budaya sekolah dan diklat terhadap kinerja guru. Journal of Education Research, 1(3), 218–225. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.25
Destiana, B., & Soenarto, S. (2014). Faktor determinan pemanfaatan tik dan pengaruhnya terhadap kinerja guru SMK di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(3). http://dx.doi.org/10.21831/jpv.v4i3.2555
Fitriyah, A., & Isnowati, S. (2021). Pengaruh pendidikan pelatihan dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/8604
Handayani, D. (2019). Pengaruh pendidikan dan pelatihan, motivasi, serta lingkungan kerja terhadap kinerja guru SMK Negeribanyuasin. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(2), 140–150. https://jurnal.um-palembang.ac.id/ilmu_manajemen/article/view/1583
Harahap, L. P. (2020). Pengaruh supervisi kepala madrasah dan kemampuan penggunaan teknologi terhadap kinerja guru man di kota medan. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 6(1), 10–16. https://doi.org/10.30596/edutech.v6i1.4389
Hasibuan, M. S. P., & Hasibuan, H. M. S. P. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Bumi Aksara.
Indrayani, I., Aulia, N., & Arwin, A. (2022). pengaruh pendidikan pelatihan dan pemanfaatan teknologi terhadap kinerja guru SMP di Kabupaten Sidrap. Economos: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 76–80. https://www.jurnal.umpar.ac.id/index.php/economos/article/download/1625/991
Kumaat, R. J., & Dotulong, L. O. H. (2015). Pengaruh pendidikan, pelatihan, dan inovasi terhadap kinerja pegawai Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3). https://doi.org/10.35794/emba.3.3.2015.9393
Mangkunegara, A. P., & Prabu, A. (2005). Sumber daya manusia perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mangkunegara, A. P., & Prabu, A. (2016). Evaluasi kinerja sumber daya manusia, cetakan ketiga. Bandung: Refika Aditama.
Putri, N. R., & Ratnasari, S. L. (2019). Pengaruh tingkat pendidikan, pelatihan, dan pengembangan karir terhadap kinerja karyawan PT. Asuransi Takaful Batam. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 7(1), 48–55. https://103.209.1.42/index.php/JAEMB/article/view/1083
Rahmadin, A. N., Saleh, M., & Esabella, S. (2022). Dampak pelatihan dan pendidikan terhadap tingkat kinerja guru dengan teknologi informasi komunikasi sebagai variabel mediasi di Sekolah Dasar Negeri Telaga Baru Kabupaten Sumbawa Barat. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2823–2834. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/download/784/709
Simamora, H. (2004). Manajemen sumber daya manusia.
Sohal, A. S., & Ng, L. (2008). The role and impact of information technology in Australian business. Journal of Information Technology, 13(3), 201–217. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/026839698344846
Sondang, P. S. (2008). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Spencer, L. M., & Spencer, P. S. M. (2008). Competence at Work models for superior performance. John Wiley & Sons. http://sde.sfedu.ru/files/learn_files/file_11942.pdf
Sukoco, F. (2018). Pengaruh pendidikan dan pelatihan, pembelajaran organisasi terhadap kinerja dengan kompetensi sebagai mediasi. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 17(1). https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/fe3/article/view/327/211
Sulistyo, B., Minarsih, M. M., & Warso, M. M. (2016). Pengaruh pendidikan dan latihan profesi guru (Plpg), kedisiplinan guru, dan kompetensi guru terhadap kinerja guru di Smp Masehi Jepara. Journal of Management, 2(2). https://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/490
Sunyoto, D. (2012). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: CAPS (center for academic publishing service).
Supomo, R., & Nurhayati, E. (2018). Manajemen sumber daya manusia.
Taufik, A. (2011). Supervision model of guidance counseling for improving the quality of Senior High School counselor’s professional competence. Educationist, 148. http://jurnal.upi.edu/educationist/view/920/
Wardono, M. N. S. (2016). Pengaruh pendidikan pelatihan dan motivasi terhadap kinerja pegawai di kantor Kecamatan Semen Kabupaten Kediri. Jurnal Ilmu Manajemen, REVITALISASI, 1(2), 115–124. http://publikasi.uniska-kediri.ac.id/data/uniska/revitalisasi/revitalisasivol1no2sep2012/revitalisasi-vol1no2sep2012-10. Moch. Noor Setyo Wardono.pdf
Wijaya, C. O., & Nurwahidin, M. (2022). Pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 31–35. https://doi.org/10.56854/tp.v1i2.20
Wimartono, S., Soedijono, B., & Amborowati, A. (2015). Analisis pengaruh penggunaan teknologi informasi terhadap profesi guru (studi kasus: Kab. Kebumen). Creative Information Technology Journal, 3(1), 74–88. https://doi.org/10.24076/citec.2015v3i1.67
Yudiastra, P. P., & Darma, G. S. (2015). Pengaruh penggunaan teknologi informasi, disiplin kerja, insentif, turnover terhadap kinerja pegawai. Jurnal Manajemen Bisnis, 12(1), 151–176. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/article/view/291/304