Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Pendidikan, Fasilitas kerja dan Kepemimpinan terhadap kinerja Guru pada SMA Negeri 12 Makassar. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru tetap SMAN 12 Makassar. Populasi ini bersifat heterogen yang dapat dilihat dari beragamnya usia dan jenis kelamin sebanyak 42 orang. Dengan melihat jumlah populasi yang tidak terlalu besar, maka penelitian ini menggunakan metode sensus yaitu seluruh populasi dijadikan responden. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, dan regresi linier berganda dengan menggunakan Program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pendidikan, fasilitas kerja, berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru pada SMAN 12 Makassar. Kemudian pada variabel kepemimpinan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja guru pada SMAN 12 Makassar

Keywords

Pendidikan Fasilitas Kerja Kepemimpinan Kinerja Karyawan

Article Details

How to Cite
Basir, Z. P., Chalid, L., & Aziz, N. (2021). Pengaruh Pendidikan, Fasilitas Kerja dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru pada SMA Negeri 12 Makassar. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 4(4), 781–795. https://doi.org/10.57178/paradoks.v4i4.608

References

  1. Awaru, O. T. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transaksional Dan Transformasional Terhadap Kinerja Guru Sma Di Kabupaten Sinjai. Jurnal Ad’ministrare, 2(1), 27–35.
  2. Baihaqi, M. I. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Ma Ma’arif Selorejo Blitar. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, 7(2), 97–106. Https://Doi.Org/10.30957/Konstruk.V7i2.14
  3. Budiwibowo, S. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transaksional, Transformasional Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru (Karyawan) Di Kota Madiun. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(02), 119–132. Https://Doi.Org/10.25273/Pe.V4i02.312
  4. Darmawan, A. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 3(2), 244–256. Https://Doi.Org/10.33753/Mandiri.V3i2.85
  5. Hadromi, F. Al. (2017). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi, Kedisiplinan Dan Kinerja Guru Di Sd Islam Lumajang. Bisma, 11(1), 109. Https://Doi.Org/10.19184/Bisma.V11i1.6212
  6. Handayani, T., & Rasyid, A. A. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Wonosobo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 264–277. Https://Doi.Org/10.21831/Amp.V3i2.6342
  7. Jaya, W. S. (2022). Kinerja Guru Ditinjau Dari Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1286–1294. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i3.1738
  8. Nasution, L., & Ichsan, R. N. (2020). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 5(2), 78–86. Https://Jurnal-Lp2m.Umnaw.Ac.Id/Index.Php/Jp2sh/Article/View/473
  9. Nisa, W. I. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Dosen. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 155. Https://Doi.Org/10.24252/Idaarah.V2i2.6533
  10. Novitasari, A., Wahyudin, A., & Setiyani, R. (2012). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Lingkungan Kerja, Pendidikan, Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Guru. Economic Education Analysis Journal, 1(2).
  11. Patarai, I., Mustari, & Azis, M. (2018). Motivasi Mengajar, Kompetensi Profesional Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Mirai Management, 3(2), 120–133.
  12. Prananosa, A. G., Putra, M. R. E., Yuneti, A., & Alliyah, R. R. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Keterampilan Berkomunikasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Journal Of Physical Therapy Science, 9(1), 1–11.
  13. Http://Dx.Doi.Org/10.1016/J.Neuropsychologia.2015.07.010%0ahttp://Dx.Doi.Org/10.1016/J.Visres.2014.07.001%0ahttps://Doi.Org/10.1016/J.Humov.2018.08.006%0ahttp://Www.Ncbi.Nlm.Nih.Gov/Pubmed/24582474%0ahttps://Doi.Org/10.1016/J.Gaitpost.2018.12.007%0ahttps://Doi.Org/
  14. Priyono, B. H., Qomariah, N., & Winahyu, P. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Guru Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Guru Sman 1 Tanggul Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 144. Https://Doi.Org/10.32528/Jmbi.V4i2.1758
  15. Purwanto, A., Asbari, M., & Hari Hadi, A. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Tansformational, Authentic, Authoritarian, Transactional Terhadap Kinerja Guru Pesantren Di Tangerang. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 85–110. Https://Doi.Org/10.29062/Dirasah.V3i1.84
  16. Purwanto, A., Primahendra, R., Sopa, A., Kusumaningsih, S. W., & Pramono, R. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Tansformational, Authentic, Authoritarian, Transactional Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Di Tangerang. Journal Evaluasi, 4(1), 20. Https://Doi.Org/10.32478/Evaluasi.V4i1.342
  17. Rahawarin, C., & Arikunto, S. (2015). Pengaruh Komunikasi, Iklim Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sma. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 173–188. Https://Doi.Org/10.21831/Amp.V3i2.6334
  18. Rasdi, R. (2021). Pengaruh Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Pada Guru Smpn 8 Kota Jambi. Ekonomis: Journal Of Economics And Business, 5(2), 487. Https://Doi.Org/10.33087/Ekonomis.V5i2.403
  19. Ritonga, B. (2020). Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Di Man 2 Model. Journal Of Chemical Information And Modeling, 6(2), 1689–1699. Http://Journal.Umsu.Ac.Id/Index.Php/Edutech/Article/View/4930
  20. Sakti, C. A., Lisdiana, N., & Rahayu, L. P. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja, Pelatihan Dan Pendidikan Terhadap Kinerja Guru Di Smk Dwija Dharma Boyolali Di Boyolali. Ekobis : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 9(1), 74–80. Https://Doi.Org/10.36596/Ekobis.V9i1.463
  21. Sulfemi, W. B. (2020). Pengaruh Rasa Percaya Diri Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 157–179. Https://Doi.Org/10.31538/Ndh.V5i2.557
  22. Wasiman, & Sumani. (2019). Pengaruh Supervisi Pendidikan Terhadap Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Negeri Pembelajaran Di Sekolah Dasar Negeri 6 Pulau Rimau Kabupaten Banyuasin. Journal Of Materials Processing Technology, 639–649.
  23. Yunita, I. (2021). Pengaruh Program Sertifikasi Dan Supervisi Satuan Pendidikan Terhadap Kinerja Guru Di Smks Kabupaten Bandung Barat. Service Management Triangle: Jurnal Manajemen …, 3(1), 39–44. Http://Ejurnal.Ars.Ac.Id/Index.Php/Jsj/Article/View/506
  24. Yusuf, M. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Guru Militer Resimen Induk Komando Daerah Militer Vii/Wirabuana Di Sulawesi. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(2), 219–236. Http://Download.Garuda.Ristekdikti.Go.Id/Article.Php?Article=894869&Val=13321&Title=Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Guru Militer Resimen Induk Komando Daerah Militer Viiwirabuana Di Sulawesi