Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan stres kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Pelindo Makassar New Port. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis Regresi Berganda. Data penelitian diperoleh dari karyawan PT. Pelindo Makassar New Port. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kuantitatif. Populasi adalah keseluruhan dari karyawan tetap PT. Pelindo Petikemas Makassar New Port yang berjumlah 37 orang. Sedangkan sampel yang diambil adalah keseluruhan dari jumlah populasi yaitu sebanyak 37 orang karena jumlah populasi relativ kecil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Pelindo Petikemas Makassar New Port, hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi budaya organisasi yang dimiliki oleh karyawan, maka semakin tinggi pula kinerja karyawan dalam menjalankan tanggung jawabnya, (2) Stres kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Pelindo Petikemas MakassarNew Port, hal ini menunjukkan bahwa jika seorang karyawan mempunyai stres kerja yang tinggi, maka karyawan tersebut akan melakukan pekerjaannya dengan keras, tekun, dan dengan dedikasi tinggi sehingga akan tercapai hasil yang maksimal.

Keywords

Budaya Organisasi Stress Kerja Kinerja Karyawan

Article Details

How to Cite
Nurtan, D., Modding, B., & Murfat, M. Z. (2023). Pengaruh Budaya Organisasi dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 6(3), 298–206. Retrieved from https://jurnal.feb-umi.id/index.php/PARADOKS/article/view/651

References

  1. Idris, M., Arfah, A., & Semmaila, B. (2022). Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan konsumen. YUME: Journal of Management, 5(3), 420-434.
  2. Islami, M. M., Asdar, M., & Baumassepe, A. N. (2021). Analysis of perceived usefulness and perceived ease of use to the actual system usage through attitude using online guidance application. Hasanuddin Journal of Business Strategy, 3(1), 52-64.
  3. Maryani, M., & Gazali, A. U. (2024). The Effect of Work Conflict on Job Stress and Employee Performance. Golden Ratio of Human Resource Management, 4(2), 158-171.
  4. Salle, I. Z. (2015). Akuntabilitas Manuntungi: Memaknai Nilai Kalambusang pada Lembaga Amil Zakat Kawasan Adat Ammatoa. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 6(1), 28-37.
  5. Maryani, M., Nurhadi, N., & Adnan, M. A. B. (2022). Implementation of job commitment and job motivation toward optimization of job satisfaction through employee performance. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(2), 254-262.
  6. Maryani, M., Nurhadi, N., & Ayob, N. (2022). Implementation of compensation policy and strengthening employee competency towards optimization of employee job satisfaction. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(1), 109-116.
  7. Maryani, M., Nurhadi, N., & Adnan, M. A. B. (2022). Implementation of job commitment and job motivation toward optimization of job satisfaction through employee performance. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(2), 254-262.
  8. Maryani, M., & Gazali, A. U. (2023). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja. Jurnal Mirai Management, 8(1).
  9. Robbins, Stephen. P. 2006. Perilaku organisasi. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta : PT Indeks Kelompok GRAMEDIA
  10. Sjahruddin, H., Ampauleng, A., Abdullah, S., Muhammadin, A., Anto, A., Hasmawati, H., ... & Yudistira, Y. (2024). Pengelolaan Limbah Cangkang Lobster Air Tawar sebagai bentuk Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1812-1820.
  11. Sjahruddin, H., Hasmawati, H., Kadir, F. A., & Halim, A. (2024). APAKAH PENILAIAN KINERJA DAN BEBAN KERJA DAPAT MEMPENGARUHI KINERJA PEGAWAI?. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 17(1), 495-504.
  12. Sutarto Wijono (2010). Pskilogi Industri & Organisasi. Dalam suatu bidang gerak psikologi sumber daya manusia. Jakarta : Pranadamedia Group
  13. Ghasemi, Mahbooheh. 2013.TheImpact of Organizational Culture on Job Satisfaction andEmployee Performance Evidences From CommercialBanks of the Pune City.JKLJournal.386-397