Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Sayang Rakyat Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang dirawat dirumah sakit Sayang Rakyat Makassar yang tidak diketahui secara pasti (akurat) berapa jumlahnya. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling non probabilitas (nonprobability sampling), karena besarnya peluang elemen untuk terpilih sebagai subjek tidak diketahui. Sehingga peneliti menetapkan 60 sampel. Sumber data penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada seluruh responden. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bukti fisik, daya tanggap berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Variabel kehandalan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pasien. Sementara variabel jaminan, kepedulian dan harga tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kepuasan pasien.

Keywords

bukti fisik kehandalan daya tanggap empati jaminan harga kepuasan

Article Details

How to Cite
Suaeb, M. I. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga terhadap Kepuasan Pasien. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 6(3), 218–231. Retrieved from https://jurnal.feb-umi.id/index.php/PARADOKS/article/view/683

References

  1. Afriadi, Y., & Sitohang, S. (2016). Pengaruh kualitas layanan, harga, dan fasilitas terhadap kepuasan pasien rawat inap. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(6). http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/742/750
  2. Al-Azzam, A. F. M. (2015). The impact of service quality dimensions on customer satisfaction: A field study of Arab bank in Irbid city, Jordan. European Journal of Business and Management, 7(15), 45–53. https://www.zu.edu.jo/MainFile/Profile_Dr_UploadFile/Researcher/Files/ActivityFile_3037_6_2.pdf
  3. Amalia, A., RFS, H. T., & Rusli, Z. (2017). Daya tanggap, jaminan, bukti fisik, empati, kehandalan, dan kepuasan pasien. JIANA (Jurnal Ilmu Administrasi Negara), 15(2), 356–363. http://dx.doi.org/10.46730/jiana.v15i2.4852
  4. Amelia, R., & Rodhiyah, R. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan dan kinerja karyawan terhadap kepuasan pasien (studi kasus pada pasien rawat inap RS. Pelabuhan Jakarta). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4), 163–172. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/13498
  5. Anfal, A. L. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan citra rumah sakit terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap Rumah Sakit Umum Sundari Medan tahun 2018. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.55541/emj.v3i2.130
  6. Arianty, N. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen handphone Samsung. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(2). http://dx.doi.org/10.30596%2Fjimb.v16i2.958
  7. Efendi, J. P., & Yuliati, L. A. (2016). Pengaruh kualitas terhadap pelayanan pada JNE Cabang Bandung. Bandung, September. https://ojs.uph.edu/index.php/DJM/article/view/197
  8. Hosang, N. (2016). Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pasien (studi kasus pada Rumah Sakit Siloam Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/10625
  9. Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175–182. https://core.ac.uk/download/pdf/235155686.pdf
  10. Idris, M., Arfah, A., & Semmaila, B. (2022). Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan konsumen. YUME: Journal of Management, 5(3), 420-434.
  11. Islami, M. M., Asdar, M., & Baumassepe, A. N. (2021). Analysis of perceived usefulness and perceived ease of use to the actual system usage through attitude using online guidance application. Hasanuddin Journal of Business Strategy, 3(1), 52-64.
  12. Istiatin, E. N. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada dealer PT. Ramayana Motor Sukoharjo. Jurnal Paradigma Universitas Islam Batik Surakarta, 13(01), 115736. https://www.neliti.com/publications/115736/pengaruh-kualitas-pelayanan-terhadap-kepuasan-konsumen-pada-dealer-pt-ramayana-m
  13. Javed, F., & Cheema, S. (2017). Customer satisfaction and customer perceived value and its impact on customer loyalty: the mediational role of customer relationship management. The Journal of Internet Banking and Commerce, 1–14. https://www.icommercecentral.com/open-access/customer-satisfaction-and-customer-perceived-value-and-its-impact-on-customer-loyalty-the-mediational-role-of-customer-relationship-management.php?aid=85790&view=mobile
  14. Maryani, M., & Gazali, A. U. (2024). The Effect of Work Conflict on Job Stress and Employee Performance. Golden Ratio of Human Resource Management, 4(2), 158-171.
  15. Maryani, M., Nurhadi, N., & Adnan, M. A. B. (2022). Implementation of job commitment and job motivation toward optimization of job satisfaction through employee performance. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(2), 254-262.
  16. Maryani, M., Nurhadi, N., & Ayob, N. (2022). Implementation of compensation policy and strengthening employee competency towards optimization of employee job satisfaction. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(1), 109-116.
  17. Maryani, M., Nurhadi, N., & Adnan, M. A. B. (2022). Implementation of job commitment and job motivation toward optimization of job satisfaction through employee performance. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(2), 254-262.
  18. Koestanto, T. H., & Yuniati, T. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Bank Jatim Cabang Klampis Surabaya. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 3(10), 1–18. https://core.ac.uk/download/pdf/151518500.pdf
  19. Kotler, P., & Armstrong, G. (2010). Principles of marketing. Pearson education.
  20. Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran, edisi 13. Jakarta: Erlangga, 14.
  21. Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2006). Manajemen pemasaran jasa.
  22. Pakurár, M., Haddad, H., Nagy, J., Popp, J., & Oláh, J. (2019). The service quality dimensions that affect customer satisfaction in the Jordanian banking sector. Sustainability, 11(4), 1113. https://www.mdpi.com/415378
  23. Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada jne cabang bandung [the influence of service quality on customer satisfaction at JNE Branch in Bandung]. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 11(2), 265–289. http://dx.doi.org/10.19166/derema.v11i2.197
  24. Paul, J., Mittal, A., & Srivastav, G. (2016). Impact of service quality on customer satisfaction in private and public sector banks. International Journal of Bank Marketing. https://doi.org/10.1108/IJBM-03-2015-0030
  25. Philip, K., & Keller, K. L. (2012). Manajemen pemasaran edisi 14, global edition. Pearson Prentice Hall.
  26. Puspita, R. M., & Santoso, S. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas pendukung terhadap kepuasan pelanggan Stasiun Lempuyangan Yogyakarta. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 69–80. https://doi.org/10.26533/eksis.v13i1.170
  27. Qaiser Danish, R., Afzal Humayon, A., Javaid Iqbal, H., Raza, S., & Shahid, J. (2018). The impact of service quality and service value on customer satisfaction through customer bonding: evidence from telecommunication sector. European Online Journal of Natural and Social Sciences: Proceedings, 7(1 (s)), pp-40. https://european-science.com/eojnss_proc/article/view/5346
  28. Radfan, N., & Hariyanti, T. (2015). Pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas pasien di poliklinik paru Rumah Sakit Paru Batu. Jurnal Aplikasi Manajemen, 13(2), 220–228. https://www.jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/763
  29. Rao, P. S., & Sahu, P. C. (2013). Impact of service quality on customer satisfaction in hotel industry. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 18(5), 39–44. https://www.academia.edu/download/34068822/F01853944.pdf
  30. Ritonga, H. (2019). Analisis pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan fasilitas terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Rantauprapat. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6231
  31. Saladin, D. (2006). Manajemen pemasaran. Edisi Keempat, Bandung: Linda Karya.
  32. Samosir, Z. Z. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa menggunakan perpustakaan USU. Jurnal Studi Perpustakaan Dan Informasi, 1(1). https://www.academia.edu/download/51482949/pengaruh_kualitas_pelayanan_terhadap.pdf
  33. Selvakumar, J. J. (2015). Impact of service quality on customer satisfaction in public sector and private sector banks. PURUSHARTHA-A Journal of Management, Ethics and Spirituality, 8(1), 1–12. http://journals.smsvaranasi.com/index.php/purushartha/article/view/62
  34. Simon, K., Utami, C. W., & Padmalia, M. (2016). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan Surya Nalendra Sejahtera Tours & Travel. Journal Of Management, 1(3), 15–26. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/182
  35. Sjahruddin, H., Ampauleng, A., Abdullah, S., Muhammadin, A., Anto, A., Hasmawati, H., ... & Yudistira, Y. (2024). Pengelolaan Limbah Cangkang Lobster Air Tawar sebagai bentuk Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1812-1820.
  36. Sjahruddin, H., Hasmawati, H., Kadir, F. A., & Halim, A. (2024). APAKAH PENILAIAN KINERJA DAN BEBAN KERJA DAPAT MEMPENGARUHI KINERJA PEGAWAI?. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 17(1), 495-504.
  37. Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa, edisi pertama, cetakan kesepuluh. Penerbit: Andi Yogyakarta.
  38. Tjiptono, F. (2019). Pemasaran jasa.
  39. Utami, I. A. I. S., & Jatra, I. M. (2015). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan restoran Baruna Sanur. Udayana University. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/download/12678/9708
  40. Veronica, D. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Journal Development, 5(1), 55–69. https://doi.org/10.53978/jd.v5i1.45
  41. Wariki, G. M., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). Pengaruh bauran promosi, persepsi harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen pada perumahan tamansari metropolitan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2). https://doi.org/10.35794/emba.3.2.2015.9286
  42. Wusko, A. U. (2014). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna jasa pada Rumah Sakit Umum Daerah Bangil Kabupaten Pasuruan. Sketsa Bisnis, 1(1). https://doi.org/10.35891/jsb.v1i1.23
  43. Yuliawan, R. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan pegawai administrasi akademik terhadap kepuasan mahasiswa. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 12(2), 126–134. https://doi.org/10.26533/eksis.v12i2.102
  44. Yuriansyah, A. L. (2016). Persepsi tentang kualitas pelayanan, nilai produk dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan. Management Analysis Journal, 2(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/1408