Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Sayang Rakyat Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang dirawat dirumah sakit Sayang Rakyat Makassar yang tidak diketahui secara pasti (akurat) berapa jumlahnya. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling non probabilitas (nonprobability sampling), karena besarnya peluang elemen untuk terpilih sebagai subjek tidak diketahui. Sehingga peneliti menetapkan 60 sampel. Sumber data penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada seluruh responden. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bukti fisik, daya tanggap berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Variabel kehandalan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pasien. Sementara variabel jaminan, kepedulian dan harga tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kepuasan pasien.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Afriadi, Y., & Sitohang, S. (2016). Pengaruh kualitas layanan, harga, dan fasilitas terhadap kepuasan pasien rawat inap. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(6). http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/742/750
- Al-Azzam, A. F. M. (2015). The impact of service quality dimensions on customer satisfaction: A field study of Arab bank in Irbid city, Jordan. European Journal of Business and Management, 7(15), 45–53. https://www.zu.edu.jo/MainFile/Profile_Dr_UploadFile/Researcher/Files/ActivityFile_3037_6_2.pdf
- Amalia, A., RFS, H. T., & Rusli, Z. (2017). Daya tanggap, jaminan, bukti fisik, empati, kehandalan, dan kepuasan pasien. JIANA (Jurnal Ilmu Administrasi Negara), 15(2), 356–363. http://dx.doi.org/10.46730/jiana.v15i2.4852
- Amelia, R., & Rodhiyah, R. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan dan kinerja karyawan terhadap kepuasan pasien (studi kasus pada pasien rawat inap RS. Pelabuhan Jakarta). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4), 163–172. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/13498
- Anfal, A. L. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan citra rumah sakit terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap Rumah Sakit Umum Sundari Medan tahun 2018. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.55541/emj.v3i2.130
- Arianty, N. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen handphone Samsung. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(2). http://dx.doi.org/10.30596%2Fjimb.v16i2.958
- Efendi, J. P., & Yuliati, L. A. (2016). Pengaruh kualitas terhadap pelayanan pada JNE Cabang Bandung. Bandung, September. https://ojs.uph.edu/index.php/DJM/article/view/197
- Hosang, N. (2016). Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pasien (studi kasus pada Rumah Sakit Siloam Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/10625
- Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175–182. https://core.ac.uk/download/pdf/235155686.pdf
- Idris, M., Arfah, A., & Semmaila, B. (2022). Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan konsumen. YUME: Journal of Management, 5(3), 420-434.
- Islami, M. M., Asdar, M., & Baumassepe, A. N. (2021). Analysis of perceived usefulness and perceived ease of use to the actual system usage through attitude using online guidance application. Hasanuddin Journal of Business Strategy, 3(1), 52-64.
- Istiatin, E. N. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada dealer PT. Ramayana Motor Sukoharjo. Jurnal Paradigma Universitas Islam Batik Surakarta, 13(01), 115736. https://www.neliti.com/publications/115736/pengaruh-kualitas-pelayanan-terhadap-kepuasan-konsumen-pada-dealer-pt-ramayana-m
- Javed, F., & Cheema, S. (2017). Customer satisfaction and customer perceived value and its impact on customer loyalty: the mediational role of customer relationship management. The Journal of Internet Banking and Commerce, 1–14. https://www.icommercecentral.com/open-access/customer-satisfaction-and-customer-perceived-value-and-its-impact-on-customer-loyalty-the-mediational-role-of-customer-relationship-management.php?aid=85790&view=mobile
- Maryani, M., & Gazali, A. U. (2024). The Effect of Work Conflict on Job Stress and Employee Performance. Golden Ratio of Human Resource Management, 4(2), 158-171.
- Maryani, M., Nurhadi, N., & Adnan, M. A. B. (2022). Implementation of job commitment and job motivation toward optimization of job satisfaction through employee performance. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(2), 254-262.
- Maryani, M., Nurhadi, N., & Ayob, N. (2022). Implementation of compensation policy and strengthening employee competency towards optimization of employee job satisfaction. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(1), 109-116.
- Maryani, M., Nurhadi, N., & Adnan, M. A. B. (2022). Implementation of job commitment and job motivation toward optimization of job satisfaction through employee performance. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(2), 254-262.
- Koestanto, T. H., & Yuniati, T. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Bank Jatim Cabang Klampis Surabaya. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 3(10), 1–18. https://core.ac.uk/download/pdf/151518500.pdf
- Kotler, P., & Armstrong, G. (2010). Principles of marketing. Pearson education.
- Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran, edisi 13. Jakarta: Erlangga, 14.
- Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2006). Manajemen pemasaran jasa.
- Pakurár, M., Haddad, H., Nagy, J., Popp, J., & Oláh, J. (2019). The service quality dimensions that affect customer satisfaction in the Jordanian banking sector. Sustainability, 11(4), 1113. https://www.mdpi.com/415378
- Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada jne cabang bandung [the influence of service quality on customer satisfaction at JNE Branch in Bandung]. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 11(2), 265–289. http://dx.doi.org/10.19166/derema.v11i2.197
- Paul, J., Mittal, A., & Srivastav, G. (2016). Impact of service quality on customer satisfaction in private and public sector banks. International Journal of Bank Marketing. https://doi.org/10.1108/IJBM-03-2015-0030
- Philip, K., & Keller, K. L. (2012). Manajemen pemasaran edisi 14, global edition. Pearson Prentice Hall.
- Puspita, R. M., & Santoso, S. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas pendukung terhadap kepuasan pelanggan Stasiun Lempuyangan Yogyakarta. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 69–80. https://doi.org/10.26533/eksis.v13i1.170
- Qaiser Danish, R., Afzal Humayon, A., Javaid Iqbal, H., Raza, S., & Shahid, J. (2018). The impact of service quality and service value on customer satisfaction through customer bonding: evidence from telecommunication sector. European Online Journal of Natural and Social Sciences: Proceedings, 7(1 (s)), pp-40. https://european-science.com/eojnss_proc/article/view/5346
- Radfan, N., & Hariyanti, T. (2015). Pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas pasien di poliklinik paru Rumah Sakit Paru Batu. Jurnal Aplikasi Manajemen, 13(2), 220–228. https://www.jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/763
- Rao, P. S., & Sahu, P. C. (2013). Impact of service quality on customer satisfaction in hotel industry. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 18(5), 39–44. https://www.academia.edu/download/34068822/F01853944.pdf
- Ritonga, H. (2019). Analisis pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan fasilitas terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Rantauprapat. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6231
- Saladin, D. (2006). Manajemen pemasaran. Edisi Keempat, Bandung: Linda Karya.
- Samosir, Z. Z. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa menggunakan perpustakaan USU. Jurnal Studi Perpustakaan Dan Informasi, 1(1). https://www.academia.edu/download/51482949/pengaruh_kualitas_pelayanan_terhadap.pdf
- Selvakumar, J. J. (2015). Impact of service quality on customer satisfaction in public sector and private sector banks. PURUSHARTHA-A Journal of Management, Ethics and Spirituality, 8(1), 1–12. http://journals.smsvaranasi.com/index.php/purushartha/article/view/62
- Simon, K., Utami, C. W., & Padmalia, M. (2016). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan Surya Nalendra Sejahtera Tours & Travel. Journal Of Management, 1(3), 15–26. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/182
- Sjahruddin, H., Ampauleng, A., Abdullah, S., Muhammadin, A., Anto, A., Hasmawati, H., ... & Yudistira, Y. (2024). Pengelolaan Limbah Cangkang Lobster Air Tawar sebagai bentuk Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1812-1820.
- Sjahruddin, H., Hasmawati, H., Kadir, F. A., & Halim, A. (2024). APAKAH PENILAIAN KINERJA DAN BEBAN KERJA DAPAT MEMPENGARUHI KINERJA PEGAWAI?. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 17(1), 495-504.
- Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa, edisi pertama, cetakan kesepuluh. Penerbit: Andi Yogyakarta.
- Tjiptono, F. (2019). Pemasaran jasa.
- Utami, I. A. I. S., & Jatra, I. M. (2015). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan restoran Baruna Sanur. Udayana University. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/download/12678/9708
- Veronica, D. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Journal Development, 5(1), 55–69. https://doi.org/10.53978/jd.v5i1.45
- Wariki, G. M., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). Pengaruh bauran promosi, persepsi harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen pada perumahan tamansari metropolitan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2). https://doi.org/10.35794/emba.3.2.2015.9286
- Wusko, A. U. (2014). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna jasa pada Rumah Sakit Umum Daerah Bangil Kabupaten Pasuruan. Sketsa Bisnis, 1(1). https://doi.org/10.35891/jsb.v1i1.23
- Yuliawan, R. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan pegawai administrasi akademik terhadap kepuasan mahasiswa. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 12(2), 126–134. https://doi.org/10.26533/eksis.v12i2.102
- Yuriansyah, A. L. (2016). Persepsi tentang kualitas pelayanan, nilai produk dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan. Management Analysis Journal, 2(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/1408
References
Afriadi, Y., & Sitohang, S. (2016). Pengaruh kualitas layanan, harga, dan fasilitas terhadap kepuasan pasien rawat inap. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(6). http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/742/750
Al-Azzam, A. F. M. (2015). The impact of service quality dimensions on customer satisfaction: A field study of Arab bank in Irbid city, Jordan. European Journal of Business and Management, 7(15), 45–53. https://www.zu.edu.jo/MainFile/Profile_Dr_UploadFile/Researcher/Files/ActivityFile_3037_6_2.pdf
Amalia, A., RFS, H. T., & Rusli, Z. (2017). Daya tanggap, jaminan, bukti fisik, empati, kehandalan, dan kepuasan pasien. JIANA (Jurnal Ilmu Administrasi Negara), 15(2), 356–363. http://dx.doi.org/10.46730/jiana.v15i2.4852
Amelia, R., & Rodhiyah, R. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan dan kinerja karyawan terhadap kepuasan pasien (studi kasus pada pasien rawat inap RS. Pelabuhan Jakarta). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4), 163–172. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/13498
Anfal, A. L. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan citra rumah sakit terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap Rumah Sakit Umum Sundari Medan tahun 2018. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.55541/emj.v3i2.130
Arianty, N. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen handphone Samsung. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(2). http://dx.doi.org/10.30596%2Fjimb.v16i2.958
Efendi, J. P., & Yuliati, L. A. (2016). Pengaruh kualitas terhadap pelayanan pada JNE Cabang Bandung. Bandung, September. https://ojs.uph.edu/index.php/DJM/article/view/197
Hosang, N. (2016). Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pasien (studi kasus pada Rumah Sakit Siloam Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/10625
Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175–182. https://core.ac.uk/download/pdf/235155686.pdf
Idris, M., Arfah, A., & Semmaila, B. (2022). Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan konsumen. YUME: Journal of Management, 5(3), 420-434.
Islami, M. M., Asdar, M., & Baumassepe, A. N. (2021). Analysis of perceived usefulness and perceived ease of use to the actual system usage through attitude using online guidance application. Hasanuddin Journal of Business Strategy, 3(1), 52-64.
Istiatin, E. N. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada dealer PT. Ramayana Motor Sukoharjo. Jurnal Paradigma Universitas Islam Batik Surakarta, 13(01), 115736. https://www.neliti.com/publications/115736/pengaruh-kualitas-pelayanan-terhadap-kepuasan-konsumen-pada-dealer-pt-ramayana-m
Javed, F., & Cheema, S. (2017). Customer satisfaction and customer perceived value and its impact on customer loyalty: the mediational role of customer relationship management. The Journal of Internet Banking and Commerce, 1–14. https://www.icommercecentral.com/open-access/customer-satisfaction-and-customer-perceived-value-and-its-impact-on-customer-loyalty-the-mediational-role-of-customer-relationship-management.php?aid=85790&view=mobile
Maryani, M., & Gazali, A. U. (2024). The Effect of Work Conflict on Job Stress and Employee Performance. Golden Ratio of Human Resource Management, 4(2), 158-171.
Maryani, M., Nurhadi, N., & Adnan, M. A. B. (2022). Implementation of job commitment and job motivation toward optimization of job satisfaction through employee performance. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(2), 254-262.
Maryani, M., Nurhadi, N., & Ayob, N. (2022). Implementation of compensation policy and strengthening employee competency towards optimization of employee job satisfaction. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(1), 109-116.
Maryani, M., Nurhadi, N., & Adnan, M. A. B. (2022). Implementation of job commitment and job motivation toward optimization of job satisfaction through employee performance. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(2), 254-262.
Koestanto, T. H., & Yuniati, T. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Bank Jatim Cabang Klampis Surabaya. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 3(10), 1–18. https://core.ac.uk/download/pdf/151518500.pdf
Kotler, P., & Armstrong, G. (2010). Principles of marketing. Pearson education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran, edisi 13. Jakarta: Erlangga, 14.
Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2006). Manajemen pemasaran jasa.
Pakurár, M., Haddad, H., Nagy, J., Popp, J., & Oláh, J. (2019). The service quality dimensions that affect customer satisfaction in the Jordanian banking sector. Sustainability, 11(4), 1113. https://www.mdpi.com/415378
Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada jne cabang bandung [the influence of service quality on customer satisfaction at JNE Branch in Bandung]. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 11(2), 265–289. http://dx.doi.org/10.19166/derema.v11i2.197
Paul, J., Mittal, A., & Srivastav, G. (2016). Impact of service quality on customer satisfaction in private and public sector banks. International Journal of Bank Marketing. https://doi.org/10.1108/IJBM-03-2015-0030
Philip, K., & Keller, K. L. (2012). Manajemen pemasaran edisi 14, global edition. Pearson Prentice Hall.
Puspita, R. M., & Santoso, S. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas pendukung terhadap kepuasan pelanggan Stasiun Lempuyangan Yogyakarta. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 69–80. https://doi.org/10.26533/eksis.v13i1.170
Qaiser Danish, R., Afzal Humayon, A., Javaid Iqbal, H., Raza, S., & Shahid, J. (2018). The impact of service quality and service value on customer satisfaction through customer bonding: evidence from telecommunication sector. European Online Journal of Natural and Social Sciences: Proceedings, 7(1 (s)), pp-40. https://european-science.com/eojnss_proc/article/view/5346
Radfan, N., & Hariyanti, T. (2015). Pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas pasien di poliklinik paru Rumah Sakit Paru Batu. Jurnal Aplikasi Manajemen, 13(2), 220–228. https://www.jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/763
Rao, P. S., & Sahu, P. C. (2013). Impact of service quality on customer satisfaction in hotel industry. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 18(5), 39–44. https://www.academia.edu/download/34068822/F01853944.pdf
Ritonga, H. (2019). Analisis pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan fasilitas terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Rantauprapat. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6231
Saladin, D. (2006). Manajemen pemasaran. Edisi Keempat, Bandung: Linda Karya.
Samosir, Z. Z. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa menggunakan perpustakaan USU. Jurnal Studi Perpustakaan Dan Informasi, 1(1). https://www.academia.edu/download/51482949/pengaruh_kualitas_pelayanan_terhadap.pdf
Selvakumar, J. J. (2015). Impact of service quality on customer satisfaction in public sector and private sector banks. PURUSHARTHA-A Journal of Management, Ethics and Spirituality, 8(1), 1–12. http://journals.smsvaranasi.com/index.php/purushartha/article/view/62
Simon, K., Utami, C. W., & Padmalia, M. (2016). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan Surya Nalendra Sejahtera Tours & Travel. Journal Of Management, 1(3), 15–26. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/182
Sjahruddin, H., Ampauleng, A., Abdullah, S., Muhammadin, A., Anto, A., Hasmawati, H., ... & Yudistira, Y. (2024). Pengelolaan Limbah Cangkang Lobster Air Tawar sebagai bentuk Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1812-1820.
Sjahruddin, H., Hasmawati, H., Kadir, F. A., & Halim, A. (2024). APAKAH PENILAIAN KINERJA DAN BEBAN KERJA DAPAT MEMPENGARUHI KINERJA PEGAWAI?. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 17(1), 495-504.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa, edisi pertama, cetakan kesepuluh. Penerbit: Andi Yogyakarta.
Tjiptono, F. (2019). Pemasaran jasa.
Utami, I. A. I. S., & Jatra, I. M. (2015). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan restoran Baruna Sanur. Udayana University. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/download/12678/9708
Veronica, D. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Journal Development, 5(1), 55–69. https://doi.org/10.53978/jd.v5i1.45
Wariki, G. M., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). Pengaruh bauran promosi, persepsi harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen pada perumahan tamansari metropolitan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2). https://doi.org/10.35794/emba.3.2.2015.9286
Wusko, A. U. (2014). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna jasa pada Rumah Sakit Umum Daerah Bangil Kabupaten Pasuruan. Sketsa Bisnis, 1(1). https://doi.org/10.35891/jsb.v1i1.23
Yuliawan, R. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan pegawai administrasi akademik terhadap kepuasan mahasiswa. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 12(2), 126–134. https://doi.org/10.26533/eksis.v12i2.102
Yuriansyah, A. L. (2016). Persepsi tentang kualitas pelayanan, nilai produk dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan. Management Analysis Journal, 2(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/1408