Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelatihan, kompetensi, motivasi serta variabel yang paling berpengaruh terhadap kinerja tenaga pendidik.Penelitian ini dilakukan Di Balai Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Kelautan Perikanan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitan ini menggunakan data primer melalu survei sampel terhadap 81 dari 426 tenaga pendidik yang merupakan peserta pelatihan dan data sekunder yg diperoleh dari berbagai sumber sperti dokumentasi serta informasi dari pihak-pihak yang berkaitan. Metode analisis data menggunakan regresi berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan pelatihan, kompetensi dan motivasi berpengaruh positif dan siginifikan terhadap kinerja pendidik.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Aprileoni, W. P., Rulina, D., & Setiawan, R. (2020). Pengaruh Kedisiplinan, Pendidikan dan pelatihan Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 1 Bojong Picung. JURNAL COMM-EDU, 3(3), 297–307.
- Badroeni, & Mayasorakh, M. (2019). Pengaruh Komptensi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru PAUD Di Kecamatan Karamatmulya Kabupaten Kuningan. Jurnal Jendela Bunda, 7(1), 58–68.
- Diana, R., Ahmad, S., & Wahidy, A. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 1828–1835.
- Fahmi, M. E. (2017). Pengaruh Tunjangan Profesi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) Sub Rayon I Kabupaten Agam. Jurnal Al-Fikrah, 5(2), 113–122.
- Fitri, S., Arifin, A. H., & Yanita. (2019). Pengaruh Peltihan Dan Pemberdayaan Terhadap Kompetensi Dan Kinerja Guru Di UPTD-PK Dewantara. Jurnal Manajemen Indonesia (J-MIND), 4(1), 86–106.
- Giantoro, H. M., Haryadi, & Purnomo, R. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah Menurut Persepsi Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Di Kabupaten Purbalingga. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi (JEBA), 21(02). https://doi.org/10.32424/jeba.v21i2.1290
- Handayani, D. (2019). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan, Motivasi, Serta Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Banyuasin. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(2), 140–150. https://doi.org/10.32502/jimn.v6i2.1583
- Idris, M., Arfah, A., & Semmaila, B. (2022). Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan konsumen. YUME: Journal of Management, 5(3), 420-434.
- Islami, M. M., Asdar, M., & Baumassepe, A. N. (2021). Analysis of perceived usefulness and perceived ease of use to the actual system usage through attitude using online guidance application. Hasanuddin Journal of Business Strategy, 3(1), 52-64.
- Kasda, N., Sinring, B., & Imaduddin. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kompetensi Terhadap Kinerja Guru Di SMP Negeri Kecamatan Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 2(4), 162–168.
- Linggi, Y. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Otomotoif SMK Kristen Tagari Toraja Utara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 507–513. https://doi.org/10.33603/jibm.v3i1.2191
- Maryani, M., & Gazali, A. U. (2024). The Effect of Work Conflict on Job Stress and Employee Performance. Golden Ratio of Human Resource Management, 4(2), 158-171.
- Maryani, M., Nurhadi, N., & Adnan, M. A. B. (2022). Implementation of job commitment and job motivation toward optimization of job satisfaction through employee performance. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(2), 254-262.
- Maryani, M., Nurhadi, N., & Ayob, N. (2022). Implementation of compensation policy and strengthening employee competency towards optimization of employee job satisfaction. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(1), 109-116.
- Maryani, M., Nurhadi, N., & Adnan, M. A. B. (2022). Implementation of job commitment and job motivation toward optimization of job satisfaction through employee performance. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(2), 254-262.
- Maryani, M., & Gazali, A. U. (2023). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja. Jurnal Mirai Management, 8(1).
- Mulyawati, T., Bagia, I. W., & Yulianthini, N. N. (2016). Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan Program Dasar Instalasi Listrik Pada PT PLN Persero Area Bali Utara Singaraja. Jurnal Manajemen, 4(1).
- Rahmatullah, M. (2016). The Relationship between Learning Effectiveness, Teacher Competence and Teachers Performance Madrasah Tsanawiyah at Serang, Banten, Indonesia. Higher Education Studies, 6(1), 169–181. https://doi.org/10.5539/hes.v6n1p169
- Ramadhoan, Jufri, & Jama’ah. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja, Kompetensi Guru, Manajemen sekolah dan Pendidikan-Pelatihan Terhadap Kinerja Guru. (JIIP) Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(1), 228–237.
- Sahabuddin, S., Sutrisno, T., Subekti, I., & Andayani, W. (2021). The effect of public governance, human resource quality, characteristics of the government internal supervisory apparatus, and the government internal supervisory system on the quality of local government financial reports. Accounting, 7(7), 1535-1546.
- Sjahruddin, H., Ampauleng, A., Abdullah, S., Muhammadin, A., Anto, A., Hasmawati, H., ... & Yudistira, Y. (2024). Pengelolaan Limbah Cangkang Lobster Air Tawar sebagai bentuk Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1812-1820.
- Sjahruddin, H., Hasmawati, H., Kadir, F. A., & Halim, A. (2024). APAKAH PENILAIAN KINERJA DAN BEBAN KERJA DAPAT MEMPENGARUHI KINERJA PEGAWAI?. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 17(1), 495-504.
- Sappaile, N. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional dan Sikap Profesi Guru Tehadap Kinerja Penilaian Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(1), 47–58. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp/article/view/5334
- Sofyan, S., Prasada, D., & Akbar, I. R. (2020). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP/MTS Muhammadiyah Cabang Sawangan. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis (JIKB), XI(2a), 44–55. https://doi.org/10.47927/jikb.v11i2a.256
- Tuny, W. (2020). Kualitas Layanan dan Implikasinya Terhadap Kepuasan Peserta Diklat. Jurnal Diklat Keagamaan Ambon, 6(1), 55–79.
- Wati, T., Seta, H. B., & Isnainiyah, I. N. (2017). Pengukuran Usability dan Evaluasi E-Learning Untuk Program Pelatihan Bagi Tenaga Kependidikan. Journal Pekommas, 2(2), 177–184. https://doi.org/10.30818/jpkm.2017.2020208.
References
Aprileoni, W. P., Rulina, D., & Setiawan, R. (2020). Pengaruh Kedisiplinan, Pendidikan dan pelatihan Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 1 Bojong Picung. JURNAL COMM-EDU, 3(3), 297–307.
Badroeni, & Mayasorakh, M. (2019). Pengaruh Komptensi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru PAUD Di Kecamatan Karamatmulya Kabupaten Kuningan. Jurnal Jendela Bunda, 7(1), 58–68.
Diana, R., Ahmad, S., & Wahidy, A. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 1828–1835.
Fahmi, M. E. (2017). Pengaruh Tunjangan Profesi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) Sub Rayon I Kabupaten Agam. Jurnal Al-Fikrah, 5(2), 113–122.
Fitri, S., Arifin, A. H., & Yanita. (2019). Pengaruh Peltihan Dan Pemberdayaan Terhadap Kompetensi Dan Kinerja Guru Di UPTD-PK Dewantara. Jurnal Manajemen Indonesia (J-MIND), 4(1), 86–106.
Giantoro, H. M., Haryadi, & Purnomo, R. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah Menurut Persepsi Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Di Kabupaten Purbalingga. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi (JEBA), 21(02). https://doi.org/10.32424/jeba.v21i2.1290
Handayani, D. (2019). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan, Motivasi, Serta Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Banyuasin. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(2), 140–150. https://doi.org/10.32502/jimn.v6i2.1583
Idris, M., Arfah, A., & Semmaila, B. (2022). Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan konsumen. YUME: Journal of Management, 5(3), 420-434.
Islami, M. M., Asdar, M., & Baumassepe, A. N. (2021). Analysis of perceived usefulness and perceived ease of use to the actual system usage through attitude using online guidance application. Hasanuddin Journal of Business Strategy, 3(1), 52-64.
Kasda, N., Sinring, B., & Imaduddin. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kompetensi Terhadap Kinerja Guru Di SMP Negeri Kecamatan Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 2(4), 162–168.
Linggi, Y. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Otomotoif SMK Kristen Tagari Toraja Utara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 507–513. https://doi.org/10.33603/jibm.v3i1.2191
Maryani, M., & Gazali, A. U. (2024). The Effect of Work Conflict on Job Stress and Employee Performance. Golden Ratio of Human Resource Management, 4(2), 158-171.
Maryani, M., Nurhadi, N., & Adnan, M. A. B. (2022). Implementation of job commitment and job motivation toward optimization of job satisfaction through employee performance. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(2), 254-262.
Maryani, M., Nurhadi, N., & Ayob, N. (2022). Implementation of compensation policy and strengthening employee competency towards optimization of employee job satisfaction. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(1), 109-116.
Maryani, M., Nurhadi, N., & Adnan, M. A. B. (2022). Implementation of job commitment and job motivation toward optimization of job satisfaction through employee performance. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(2), 254-262.
Maryani, M., & Gazali, A. U. (2023). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja. Jurnal Mirai Management, 8(1).
Mulyawati, T., Bagia, I. W., & Yulianthini, N. N. (2016). Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan Program Dasar Instalasi Listrik Pada PT PLN Persero Area Bali Utara Singaraja. Jurnal Manajemen, 4(1).
Rahmatullah, M. (2016). The Relationship between Learning Effectiveness, Teacher Competence and Teachers Performance Madrasah Tsanawiyah at Serang, Banten, Indonesia. Higher Education Studies, 6(1), 169–181. https://doi.org/10.5539/hes.v6n1p169
Ramadhoan, Jufri, & Jama’ah. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja, Kompetensi Guru, Manajemen sekolah dan Pendidikan-Pelatihan Terhadap Kinerja Guru. (JIIP) Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(1), 228–237.
Sahabuddin, S., Sutrisno, T., Subekti, I., & Andayani, W. (2021). The effect of public governance, human resource quality, characteristics of the government internal supervisory apparatus, and the government internal supervisory system on the quality of local government financial reports. Accounting, 7(7), 1535-1546.
Sjahruddin, H., Ampauleng, A., Abdullah, S., Muhammadin, A., Anto, A., Hasmawati, H., ... & Yudistira, Y. (2024). Pengelolaan Limbah Cangkang Lobster Air Tawar sebagai bentuk Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1812-1820.
Sjahruddin, H., Hasmawati, H., Kadir, F. A., & Halim, A. (2024). APAKAH PENILAIAN KINERJA DAN BEBAN KERJA DAPAT MEMPENGARUHI KINERJA PEGAWAI?. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 17(1), 495-504.
Sappaile, N. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional dan Sikap Profesi Guru Tehadap Kinerja Penilaian Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(1), 47–58. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp/article/view/5334
Sofyan, S., Prasada, D., & Akbar, I. R. (2020). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP/MTS Muhammadiyah Cabang Sawangan. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis (JIKB), XI(2a), 44–55. https://doi.org/10.47927/jikb.v11i2a.256
Tuny, W. (2020). Kualitas Layanan dan Implikasinya Terhadap Kepuasan Peserta Diklat. Jurnal Diklat Keagamaan Ambon, 6(1), 55–79.
Wati, T., Seta, H. B., & Isnainiyah, I. N. (2017). Pengukuran Usability dan Evaluasi E-Learning Untuk Program Pelatihan Bagi Tenaga Kependidikan. Journal Pekommas, 2(2), 177–184. https://doi.org/10.30818/jpkm.2017.2020208.