Main Article Content

Abstract

Peningkatan teknologi kesehatan menghadirkan inovasi layanan telemedisin untuk memperluas akses pelayanan, terutama di daerah terpencil dengan rasio dokter rendah. Telemedisin diharapkan dapat meningkatkan pemerataan, kualitas layanan, efisiensi biaya, serta menjangkau daerah bencana. Meski banyak penyedia resmi bermitra dengan pemerintah, pemanfaatan layanan ini masih terbatas karena berbagai faktor. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh usia, kepercayaan, dan persepsi terhadap kepuasan pengguna telemedisin di Jabodetabek. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, dengan 149 responden yang dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil uji parsial menunjukkan bahwa usia dan kepercayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna, sedangkan persepsi berpengaruh signifikan. Namun, uji simultan menunjukkan bahwa usia, kepercayaan, dan persepsi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna layanan telemedisin di Jabodetabek.

Keywords

usia; kepercayaan; persepsi; kepuasan pengguna layanan telemedisin

Article Details

How to Cite
Hastuti, R., Vip Paramarta, Widjajanti Utojo, Rulia, Kosasih, & Farida Yuliaty. (2025). Pengaruh Usia, Kepercayaan dan Persepsi Terhadap Kepuasan Pengguna Layanan Telemedisin. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(2), 1289–1299. https://doi.org/10.57178/paradoks.v8i2.1159

References

  1. Ahdiat, A. (2023). Rasio Jumlah Dokter Per 1.000 Penduduk di Negara ASEAN. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/03/indonesia-kekurangan-dokter-rasionya-terendah-ke-3-di-asean
  2. Aloba, O., Mapayi, B., Akinsulore, S., Ukpong, D., & Fatoye, O. (2014). Trust in Physician Scale: Factor Structure, Reliability, Validity And Correlates of Trust In A Sample Of Nigerian Psychiatric Outpatients. Asian Journal Of Psychiatry, 11, 20–27.
  3. Andrianto, W., & Athira, A. B. (2022). Telemedicine (Online Medical Services) Dalam Era New Normal Ditinjau Berdasarkan Hukum Kesehatan (Studi: Program Telemedicine Indonesia/TEMENIN Di Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo). Jurnal Hukum Dan Pembangunan, 52(1), 220–250.
  4. Andrianto, W., & Fajrina, A. R. (2021). Tinjauan Perbandingan Penyelenggaraan Telemedicine Antara Indonesia Dan Amerika Serikat. Jurnal Hukum Kesehatan Indonesia, 1(2), 70–85.
  5. Assaye, B. T., Belachew, M., Worku, A., Birhanu, S., Sisay, A., Kassaw, M., & Mekonen, H. (2023). Perception Towards The Implementation Of Telemedicine During COVID-19 Pandemic: A Cross Sectional Study. BMC Health Services Research, 23(967).
  6. Banowati, A. D., Kristina, S. A., & Puspandari, D. A. (2023). Hubungan Persepsi Telemedicine Dengan Kesediaan Menggunakan Telemedicine Pada Mahasiswa Farmasi Yogyakarta. Majalah Farmaseutik, 19(4).
  7. Chairani, M. S. (2023). Telemedicine Sebagai Bentuk Digitalisasi Pelayanan Kesehatan Di Indonesia: Tinjauan Literatur. Research Gate.
  8. Chaniaud, N., Megalalaki, O., Capo, S., & Loup-Escande, E. (2021). Effects Of User Characteristics On the Usability Of A Home-Connected Medical Device (Smart Angel) For Ambulatory Monitoring: Usability Study. JMIR Human Factors, 8(1).
  9. Danila, M. I., Gavigan, K., Rivera, E., Nowell, W. B., George, M. D., Curtis, J. R., Stein, L. C., Banerjee, S., Merkel, P. A., Young, K., Shaw, D. G., Gordon, J., & Venkatachalam, S. (2022). Patient Perceptions And Preferences Regarding Telemedicine For Autoimmune Rheumatic Diseases Care During The Covid-19 Pandemic. Arthritis Care & Research, 1–9.
  10. Dario, C., Luisotto, E., Pozzo, E. D., Mancin, S., Aletras, V., Newman, S., Gubian, L., & Saccavini, C. (2016). Assessment Of Patients’ Perception Of Telemedicine Services Using the Service User Technology Acceptability Questionnaire. International Journal Of Integrated Care, 16(2), 1–11.
  11. Detriawan, H. N., & Kurniasari. (2023). Usia dan Kepercayaan Berkorelasi dengan Kepuasan terhadap Telemedicine pada Konsumen Usia 18 – 49 Tahun. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2), 673–683.
  12. Fakih, M. (2022). Telemedicine In Indonesia During The Covid-19 Pandemic: Patients Privacy Rights Protection Overview. Fiat Justisia: Jurnal Ilmu Hukum, 16(1), 81–102.
  13. Hoque, S. I., Karim, A. M., Hossen, R., & Arjumand, D. (2021). Evaluation Of Patient`s Satisfaction In Telemedicine Service Quality: A Case Study On Maizbhanderi Foundation, Fatikchari, Bangladesh. American Economic & Social Review, 8(1).
  14. Jang-Jaccard, J., Nepal, S., Alem, L., & Li, J. (2014). Barriers For Delivering Telehealth In Rural Australia: A Review Based On Australian Trials And Studies. Telemed J E Health, 20(5), 496–504.
  15. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2021). Profil Kesehatan Indonesia 2020 (B. Hardhana, F. Sibuea, & W. Widiantini, Eds.). Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
  16. Lee, H., Uhm, K. E., Cheong, I. Y., Yoo, J. S., Chung, S. H., Park, Y. H., & Hwang, J. H. (2018). Patient Satisfaction With Mobile Health (mHealth) Application For Exercise Intervention In Breast Cancer Survivors. Journal of Medical Systems, 42(12).
  17. Malhotra, P., Ramachandran, A., Chauhan, R., & NupurGarg. (2020). Assessment Of Knowledge, Perception, And Willingness Of Using Telemedicine Among Medical And Allied Healthcare Students Studying In Private Institutions. Telehealth And Medicine Today, 1–14.
  18. Penyelenggaraan Pelayanan Telemedicine Antar Fasilitas Pelayanan Kesehatan, 1 (2019).
  19. Rahim, A. H. (2019). Implementasi Telemedicine Di Indonesia.
  20. Setiawan, W. (2017). Era Digital Dan Tantangannya. Seminar Nasional Pendidikan, 1–9. https://eprints.ummi.ac.id/151/2/1. Era Digital dan Tantangannya.pdf
  21. Sidik, Z. N. (2022). Evaluasi Layanan Telemedicine Rumah Sakit di Indonesia : Systematic Review. Research Gate, 1–14.
  22. Survei: Konsumen Makin Nyaman Menggunakan Layanan Telemedik. (2022).
  23. T, H., A-M, K., A, K., L, L., S, T., & K, G. (2022). The Role Of Age And Digital Competence On The Use Of Online Health And Social Care services: A Cross-Sectional Population-Based Survey. Digital Health, 8, 1–10.
  24. Zein, S. H., Zein, M., Ilmi, B., Febriana, S. K. T., Suhartono, E., & Rofii, A. (2022). Meta-Analysis: Relationship of Age, Sex, Time of Serving, and Consultation Modalitas with Patient Satisfaction on Telemedicine Use. International Journal Of Health And Medical Service, 8, 20–26.