Main Article Content

Abstract

Meningkatnya pengguna e-wallet konvesional di indonesia yang bermayoritas agama islam, akibatnya penggunaan e-wallet syariah kurang diminati untuk itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh religiositas dan literasi keuangan syariah terhadap minat pengguna e-wallet Linkaja syariah dikalangan mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di UIN raden intan lampung dengan partisipan mahasiswa UIN raden intan lampung S1 Angkatan 2021-2024. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi yang diambil berjumlah 23.147 mahasiswa. Sampel penelitian sejumlah 100 orang yang diambil menggunakan Teknik pengambilan propability sampling dengan metode simple random sampling dengan rumus slovin. Analisis data menggunakan SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukan bahwa literasi keuangan syariah (X2) berpengaruh signifikan. Sedangkan, religiusitas (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap minat pengguna e-wallet linkaja syariah dikalangan mahasiswa Penelitian ini bisa menjadi referensi perkembangan e-wallet syariah dimasa akan datang dan terdapat persepektif baru terhadap seberapa efisiensi taktik ini bekerja terhadap tingkatan minat pengguna e-wallet linkaja syariah di kalangan mahasiswa islami.

Keywords

Religiusitas literasi keuangan syariah minat pengguna layanan transaksi syariah bisnis islam

Article Details

How to Cite
Basaroh, S., Madnasir, M., & Rosilawati, W. (2025). Pengaruh Religiositas Dan Literasi Keuangan Syariah Terhadap Minat Pengguna E-Wallet Linkaja Syariah Dikalangan Mahasiswa. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(2), 590–602. https://doi.org/10.57178/paradoks.v8i2.1166

References

  1. Annisa tri Andi dan Rachma Indrarini. (2024). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Religiusitas, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking Bank Syariah Pada Masyarakat Kabupaten Sidoarjo. 7, 158–171.
  2. Ayuningrum, F., & Sadiyah, S. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Dan Kemudahan Terhadap Minat Penggunaan Uang Elektronik Dana Sebagai Alat Transaksi. Jurnal Al-Fatih Global Mulia, 4(2), 65–76. https://doi.org/10.59729/alfatih.v4i2.52
  3. Dewi Arisma. (2023). Pengaruh Transaksi Link Aja Syari’ah Terhadap Minat Masyarakat Kelurahan Harjosari I Kecamatan Medan Amplas. Diss. Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara, 31–40.
  4. Fauzi, A., & Murniawaty, I. (2020). Pengaruh Religiusitas dan Literasi Keuangan Syariah Mahasiswa terhadap Minat Menjadi Nasabah di Bank Syariah. EEAJ Economic Education Analysis Journal, 9(2), 473–486. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i2.39541
  5. Habibi, A., & Rosilawati, W. (2010). Determinan Inovasi Produk Emas Digital Terhadap Minat Investasi Emas Digital Pada Aplikasi Treasury Dalam Perspektif Bisnis Islam ( Studi Pada Mahasiswa Generasi Z Di Bandar Lampung Determinants Of Digital Gold Product Innovation On Interest In Digital Go. 12(3), 1–18.
  6. Iqbal, M. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Niat Berperilaku, Dan Religiusitas Terhadap Inklusi Keuangan Syariah. Jurnal Ilmiah Hayam Wuruk Perbanas, 1(1), 1–16.
  7. Mardiana, E., Thamrin, H., & Nuraini, P. (2021). Analisis Religiusitas Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Kota Pekanbaru. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 4(2), 512–520. https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(2).8309
  8. Maslim, A. S. W., & Andayani, S. (2023). Penerapan Metode Theory of Planned Behavior Untuk Tingkat Kepercayaan Pelanggan Terhadap Minat Belanja Online. JuSiTik : Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi Komunikasi, 7(1), 7–14. https://doi.org/10.32524/jusitik.v7i1.1038
  9. NU online.(n.d). (n.d.). surat al-baqarah ayat 274: arab, latin, terjemah dan tafsir lengkap. https://quran.nu.or.id/al-baqarah/272
  10. Putri, A. F., & Fadhil, R. (2024). Akad Qard Pada E-Wallet Syariah(Studi Kasus Layanan Syariah LinkAja PT FINARYA). Al-Mizan, 8(1), 121–141.
  11. Rachmasari, A., Fadah, I., & Hanim, A. (2023). Pengaruh Religiusitas, Faktor Sosial Ekonomi, Dan Faktor Teknologi Terhadap Minat Pengggunaan Linkaja Syariah Pada Generasi Z Di Kabupaten Bondowoso. Ijabah, 1(1), 57–70. https://doi.org/10.19184/ijabah.v1i1.295
  12. Ramadhanissa, F., & Murtani, A. (2024). Analisis Pengaruh Disposible Income Dan Literasi Keuangan Syariah Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Nasabah Di Bank Syariah. Management, Accounting, Islamic Banking and Islamic Economic Journal, 2(1), 269–281.
  13. Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615
  14. Suprihati, S., Sumadi, S., & Tho’in, M. (2021). Pengaruh Religiusitas, Budaya, Pengetahuan Terhadap Minat Masyarakat Menabung di Koperasi Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 443. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1627
  15. Suryadi, B., & Hayat, B. (2021). Religiusitas_Cover_setengah isi Buku_Daftar Pustaka (Issue 40).
  16. Zulfayani, A., Nurmilasari, N., Nurul Afdhal, A. M., Rahayu, A., Achriaty, N., & Nurfadilla, I. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Tehadap Minat Mahasiswa Menggunakan Produk Dan Layanan Bank Syariah. Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 6(2), 201–207. https://doi.org/10.57093/metansi.v6i2.223