Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur seberapa besar pengaruh dari Word of Mouth, Kualitas Produk dan Harga terhadap kepuasan konsumen pada entrepreneur Usaha Mie Setan Prigen Pasuruan. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan explanatory research. Populasi pada penelitian ini diambil dari konsumen viva cosmestic di bisnis e-commerce tiktokshop. Sampel yang diperoleh berjumlah 100 responden dengan teknik pengambilan non-probability sampling dengan rumus lemeshow. Pengambilan data pada penelitian ini dengan cara observasi dan menyebarkan kuisioner yang diukur dengan menggunakan skala likert. Penelitian ini menggunakan metode analisis SPSS. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Word of Mouth berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Kualitas Produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Harga berpengaruh terhadap Kepuasan konsumen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Word of Mouth, Kualitas Produk dan Harga berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen pada entrepreneur Usaha Mie Setan Prigen.

Keywords

Word of Mouth Kualitas Produk Harga Kepuasan Konsumen

Article Details

How to Cite
WDP, A. M., & Indayani, L. . (2025). Pengaruh Word of Mouth, Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Enterpreneur Usaha Mie Setan Prigen Pasuruan. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(2), 1300–1311. https://doi.org/10.57178/paradoks.v8i2.1186

References

  1. Agustin, Putri Dwi, Edy Kusnadi Hamdun, and Hendra Syahputra. 2023. “Pengaruh Word of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Ikan Kering Ud. Putra Putri Di Situbondo.” Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME) 2(9): 2040.
  2. Ardiyansyah, Muhammad, and Muhammad Taufiq Abadi. 2023. “Pengaruh Kualitas Layanan, Persepsi Harga, Dan Word of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Muslim Sebagai Pemediasi.” Journal of Business & Applied Management 16(1): 079.
  3. Ariyanti, Indria. 2023. “EKOSISTEM KULINER INDONESIABERSTANDAR GLOBAL.” jurnal ILMIAH ILMU pendidikan 6948(1645): 1–76.
  4. Bali, Asri Yanti. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening.” Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi 1(1): 1–14.
  5. Budi Utomo, Sulistyo et al. 2024. “Pengaruh Word of Mouth, Social Media Marketing Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna IPhone.” Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi 10(2): 1387–93. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i2.2323.
  6. Budiarno, Budiarno, Ida Bagus Nyoman Udayana, and Ambar Lukitaningsih. 2022. “Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan.” Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi 19(02): 226–33.
  7. Farizky, Muhamad ibnu, Supriadi Thalib, and Tyahya Whisnu Hendratni. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Kepuasan Pelanggan Di “What’S Good Coffee’.” JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila 2(2): 92–103.
  8. Jurnal, Score, Lentera Manajemen, and Kuwat Riyanto. 2023. “Pengaruh Penetapan Harga , Kualitas Produk , Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Abstrak Pendahuluan Perkembangan Dunia Usaha Dan Bisnis Saat Ini Tumbuh Dengan Pesat , Berdampak Pada Score : Jurnal Lentera Manajemen Pemasaran Indeks Kepuasa.” 01(01): 30–37.
  9. Muazaroh, Nailahtul, Rizky Eka Febriansah, and Lilik Indayani. 2024. “Ekonomis : Journal of Economics and Business Pengaruh Harga , Kualitas Produk , Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Mie Setan Prigen Pasuruan.” 8(2): 1832–39.
  10. Otaya, Lian Gafar. 2023. “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Spss Terhadap Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Mahasiswa Mengolah Data Statistik.” Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 11(1): 87–101.
  11. Pesta Gultom. 2021. “Pengaruh Motivasi Berwirausaha Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Keberhasilan Usaha Bisnis Farmasi Di Kecamatan Medan Petisah.” Jurnal Manajemen Bisnis Eka Prasetya : Penelitian Ilmu Manajemen 7(1): 52–65.
  12. Prabowo, Ivy Dian Puspitasari, Titin Lestariningsih, and Daniel Pandu Mau. 2024. “Kuliner Lokal Sebagai Daya Tarik Kota Malang.” Jurnal Industri Pariwisata 6(2): 143–46.
  13. Prastiwi, Erlin Setiani, and Alimuddin Rizal Rivai. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan.” SEIKO : Journal of Management & Business 5(1): 244–56. www.aisi.or.id.
  14. Putri, Nada Dwi Putri Dwi, Dewiana Novitasari, Teguh Yuwono, and Masduki Asbari. 2021. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan.” Journal Of Communication Education 15(1): 703–12.
  15. Rahmawati, Yuli. 2022. “Pengaruh Cita Rasa, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Resto Street Sushi Cabang Meruya Jakarta Barat).” Jurnal Humaniora, Ekonomi Syariah dan Muamalah 1(3): 117–27.
  16. Studies, Management, and Entrepreneurship Journal. 2023. “On Loyalty to Scarlett Product Customers ( Study On Scarlett Customers in Pati City ) Pengaruh e-WoM Dan Pengetahuan Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Terhadap Pelanggan Produk Scarlett ( Studi Pada Pelanggan Scarlett Di Kota Pati.” Management Studies and Entrepreneurship Journal 4(April): 2386–95.
  17. Surakarta, Universitas Muhammadiyah. 2024. “MEREK DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TRANSPORTASI ONLINE ( GOJEK ).” 13(September): 1789–1805.
  18. Suwikromo, Ratih Mirpay, Agus Supandi Soegoto, and Imelda W.J Ogi. 2022. “Analisis Kualitas Produk Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Pt. Air Manado.” Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 10(3): 410.
  19. Wicaksono, Dani Agung, Trias Ayu Laksanawati, and Dwi Budian Ningsih. 2022. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Serta Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bakso Pak Miad Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang.” Value 2(2): 91–100.
  20. Wijaya, W. R., C. C. Widayati, and D. H. Perkasa. 2023. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Restoran ABC Di Pantai Indah Kapuk).” Jurnal Kewirausahaan dan Multi Talenta 1(3): 82–91.
  21. Zainuddin, Muh.Zabir, La Ode Abdul Manan, and Hertia. 2022. “Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Viva Kosmetik (Studi Kasus Toko Beauty Kendari Cabang Baruga).” Sultra Journal of Economic and Business 3(2): 1–23.
  22. Zuhroh Siti, Febriansah Rizky Eka, Indayani Lilik, Yani Muhammad. 2024. “Pengaruh Penggunaan Platform Media Sosial, Persepsi Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Catering Rumahan Dapur Bunda Pasuruan.” Jurnal Darma Agung 32: 44–59. https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4257/3869.