Main Article Content

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh keberagaman produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Toko Rafi Mart Pontianak. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik regresi linier berganda. Sampel penelitian berjumlah 96 responden yang dipilih menggunakan metode purposive sampling, dengan kriteria telah berbelanja minimal dua kali dalam satu tahun terakhir Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberagaman produk berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian), sementara harga dan kualitas pelayanan  berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, ketiga variabel berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelia , dengan kontribusi sebesar 25,4%. Kebaruan penelitian ini terletak pada perbedaan demografi responden dibandingkan studi sebelumnya serta temuan yang menyatakan bahwa keberagaman produk malah menurunkan keputusan pembelian konsumen Rafi Mart lalu temuan penelitian juga menyoroti bahwa keputusan pembelian konsumen di Kota Pontianak lebih dipengaruhi oleh harga dan kualitas pelayanan. Rekomendasi bagi penelitian selanjutnya adalah menambahkan variabel lain, seperti kualitas produk atau bauran pemasaran untuk mengatasi kelemahan model pada penelitian ini serta memperluas cakupan demografi responden untuk analisis yang lebih komprehensif.

Keywords

keberagaman produk harga kualitas pelayanan Keputusan Pembelian Konsumen

Article Details

How to Cite
Supardi, R. ., Sukardi, & Alif Ramadhan, M. E. . (2025). Pengaruh Keberagaman Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Rafi Mart Pontianak. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(2), 1312–1321. https://doi.org/10.57178/paradoks.v8i2.1199

References

  1. Aprindo.org. (2022). Bisnis Ritel Diyakini Tumbuh hingga 3 Persen Tahun Ini. Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO). https://www.aprindo.org/bisnis-ritel-diyakini-tumbuh-hingga-3-persen-tahun-ini/
  2. Djuraida, A., & Sukardi, S. (2025). The Influence Of Price And Product On Repurchase Intention At Pak Su ’ s Grocery Store. Ekombis Review - Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 1361–1370. https://doi.org/https://doi.org/10.37676/ekombis.v13i2
  3. Kotler, P., & Keller, K. L. (2006). Marketing management (12th ed.). Prentice Hall
  4. Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Marketing Management (13th ed.). Pearson Education.
  5. Mimi S.A, & Feliciana Daniaty. (2017). Pengaruh Harga, Pelayanan, Lokasi, Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Hypermat Puri Indah Di Jakarta Barat. Jurnal Ekonomi, 22(1), 124–131. https://doi.org/10.24912/je.v22i1.186
  6. Paujiah, N., & Sukardi, S. (2024). The Influence Of Price And Service Quality On Purchasing Decisions For Cafe Goela Gelato In Pontianak City. Ekombis Review - Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 12(3), 2559–2566. https://doi.org/https://doi.org/10.37676/ekombis.v12i3.6031
  7. Pradaka, I. F., & Fachri, H. (2024). the Effect of Service Quality and Expectations. Jurnal Manajemen Bisnis, 11(2), 1782–1790. https://doi.org/https://doi.org/10.33096/jmb.v11i2.929
  8. Rao, P. (1996). Measuring Consumer Perceptions Through Factor Analysis. The Asian Manager, February–March.
  9. Purnamasari, Y., Kurniasari, F., & Samsuddin, S. (2019). Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Cat Tembok Avitex Ukuran 5 Kg di Pontianak. Jurnal Produktivitas: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak, 6(1), 141-145.
  10. Rosita, N. S. (2015). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Swalayan Sinar Rahayu Negara Tahun 2014.
  11. Sari, M., & Rosyadah, K. (2025). Omnichannel Integration in Beauty Retail : Its Impact on Consumer Shopping Experience ( Case Study of Sociolla ). Paradoks: Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(1), 390–404. https://doi.org/10.57178/paradoks.v8i1.1119
  12. Sofian, A. (2024). Penyampaian Pelaksanaan Upah Minimum Kota Pontianak Tahun 2024 (560/12/DISNAKER/TAHUN 2024).
  13. Stianingrum, N. A. ., & Nurhayaty, E. (2024). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MINIMARKET RAYA BOGOR PEKAYON. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(2), 535-560. https://doi.org/10.46306/vls.v4i2.316
  14. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  15. Suhardi, Y., Syachroni, A., Burda, A., & Darmawan, A. (2020). Pengaruh Keragaman Produk, Persepsi Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Supermarket Ardevon Rawamangun Jakarta). Jurnal STEI Ekonomi, 29(2), 14–19. https://doi.org/http://repository.stei.ac.id/4761/
  16. Syafrudin, A. F., Arifin, R., & Mustapita, A. F. (2020). Pengaruh lokasi, harga, kelengkapan produk, kualitas produk, tata letak produk, kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada Depo Bangunan Malang). E–Jurnal Riset Manajemen, Fakultas Ekonomi Unisma.
  17. Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (Edisi 3). Yogyakarta: Andi.
  18. Waworuntu, A. Y., & Hasan, A. (2021). Improving Brand Image, Price and Promotion Through Consumer Purchase Decisions. Jurnal Manajemen Bisnis, 8(2), 245–254. https://doi.org/10.33096/jmb.v8i2.822