Main Article Content
Abstract
Kajian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh Celebrity Endorsement, Content Marketing, dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) terhadap keputusan pembelian produk fashion di platform TikTok pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Metode kajian yang dimanfaatkan ialah kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 96 responden yang merupakan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, Celebrity Endorsement, Content Marketing, dan E-WOM memiliki imbas signifikan terhadap keputusan pembelian. Celebrity Endorsement teruji efektif dalam meningkatkan kepercayaan konsumen akan produk melalui keterlibatan selebriti yang relevan, sementara Content Marketing berperan dalam memberikan informasi yang menarik dan relevan kepada konsumen. Di sisi lain, E-WOM menjadi aspek penting dalam memperkuat keputusan pembelian melalui rekomendasi dan testimoni dari pengguna lain. Secara simultan, ketiga variabel diatas memberikan kontribusi yang signifikan akan keputusan pembelian, dengan angka kontribusi sebesar 60,2%, sementara sisanya dipengaruhi oleh aspek lain di luar kajian ini. Perolehan kajian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran digital berbasis media sosial, terutama melalui TikTok, memiliki potensi besar dalam memengaruhi perilaku konsumen, khususnya di kalangan mahasiswa. Oleh karena itu, para pelaku bisnis disarankan untuk mengoptimalkan pemanfaatan selebriti, konten pemasaran yang kreatif, serta interaksi sosial digital guna meningkatkan daya tarik dan kepercayaan konsumen terhadap produk fashion mereka.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Alifyanti, Uchtisyah, Lia Nirawati, Sonja Andarini, and Rusdi Hidayat Nugroho. 2022. “Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek, Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Scarlett Whitening.” J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains) 7(2): 546.
- Andriani, Zihan, Satria Mirsya, and Affandy Nasution. 2023. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Fashion Di Tiktok Shop Pada Pengguna Aplikasi Tiktok.” Jurnal Ekonomi dan Bisnis 2(3).
- Annissa, Adinda Nur, and Eristia Lidia Paramita. 2021. “Brand Promotion: The Effects of Celebrity Endorsement and Brand Image on Consumer Buying Decision.” Jurnal Bisnis dan Manajemen 8(1): 82–90.
- Aruan, Samuel Hamonangan, Heddry Purba, and Francis Hutabarat. 2024. “The Influence of Using Influencer Services, Digital Content, and Enjoyment of Shopping on Purchase Intentions on Tiktok Social Media as an Information Adaptation Moderation.” Costing Journal of Economic Business and Accounting 7.
- Fathurrohman, Djuliana, Netti Nurlenawati, and Dexi Triadinda. 2023. “The Influence of Live Streaming and Customer Rating on Purchasing Decisions For Kenan Hijab on Tiktok.” 4(5): 6320–34.
- Fitri, T. Azura, and Syaefulloh Syaefulloh. 2023. “Pengaruh Influencer Marketing Dan Viral Marketing Terhadap Purchase Intention Melalui Online Customer Review Pada Fashion Terkini Di Tiktok Shop.” Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan 17(6): 3946.
- Fitriani, Risma, Ikah Ikah, and Mohammad Rizha Fauzi Amin. 2023. “Analisis Pengaruh Iklan Di Media Sosial TikTok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Di Era Digital.” Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri 9(1): 240.
- Helbert J, Ariawan I. 2021. “Pengaruh Celebrity Endorsement,Online Customer Review Terhadap Purchase Intention Pada Produk Skincare.” Jurnal Ekonomi dan Bisnis 8(2).
- Indrasari, M, and U Press. 2020. Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
- Indriawan, Bagas Mahendra, and Ignatius Hari Santoso. 2023. “Pengaruh Sales Promotion, Content Marketing, Dan Shopping Lifestyle Content Creator Tiktok Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada E-Commerce Shopee.” EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis 11(1): 905–14.
- Isfahami, Mubdi Mulya, Ratih Hurriyati, and Puspo Dewi Dirgantari. 2021. “Pengaruh Brand Trust Dan Celebrity Endorse Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.” Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan 17(2): 177–86.
- Jocks, Reihart, Iwan Adinugroho, Muh Ferils, and Universitas Muhammadiyah Mamuju. 2023. “Investigating the Impact of Price and Promotion on Fashion Product Purchasing Decisions on TikTok Shop: A Case Study of Muhammadiyah Mamuju University Students.” Management Studies and Entrepreneurship Journal 4(5): 6867–75.
- Kesumahati, Erilia. 2023. “Peningkatan Purchase Intention Dalam Peran E-WOM Dan Celebrity Endorser Pada Produk Skincare Internasional.” Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS) 5(2): 357–67.
- Khoirunisa, Alfi, and Edy Purwo Saputro. 2024. “Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Pada Produk Fashion Di Mediasi Oleh Citra Merek.” 17(3): 196–215.
- Kotler, P, and K L Keller. 2016. Marketing Management. 5th ed. London: Pearson Education.
- Lasfiana, E, and E Elpanso. 2023. “Pengaruh Harga, Kepercayaan, Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Tiktok Shop.” Management Studies and Entrepreneurship Journal 4(6): 7657–67.
- Manullang, Alga Morianto, Heddry Purba, and Universitas Advent Indonesia. 2024. “Pengaruh Content Marketing, Information Adoption Dan Onine Review Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion.” Journal of Economic, Business and Accounting 7(3): 6243–59.
- Mas, Oetarjo, and Sudarso Satrio. “Pengaruh Live Streaming , Online Customer Review Dan Voucher Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.” : 532–43.
- Novina Veronica, Yuliana, and Weny. 2024. “Analisis Pengaruh E- Wom Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa/i Dari Aplikasi Tiktok Shop.” Journal of Trends Economics and Accounting Research 4(2): 463–68.
- Nur Azizah, Luluk, Yunni DJ Rusmawati, Evi Fitrotun Najiah, and Inesa Mahdelia Laili Munna. 2024. “The Influence of Content Marketing, E-Wom and Price Perception on Tiktok Social Media on Purchase Decision Lamongan District.” JHSS (Journal of Humanities and Social Studies) 08(01): 107–9.
- Pandjaitan, Dorothy R.H., Artaditya Kosasi, Dwi Asri Siti Ambarwati, and Bram Hadianto. 2022. “Electronic Word of Mouth, Brand Image, Trust and Online Utilization Intention.” Academic Journal of Interdisciplinary Studies 11(2): 355–64.
- Parahita, Raras et al. 2023. “Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom)Di Sosial Media Tiktok, Kepercayaan Dan Persepsi Harga Terhadap Niat Beli Ulang Belanja Online.” Management Studies and Entrepreneurship Journal 4(2): 2002–9.
- Pratiwi, Duwi, Ati Hermawati, and Dewi Kurniawati. 2023. “Pengaruh Content Marketing, Influencer, Dan Free Ongkir Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Fashion Pada Tiktokshop.” JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila 3(1): 1–11.
- Rahman, Fahrulroji, and Siti Sarah. 2024. “Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Fashion Di Tiktok Shop Pada Pengguna Aplikasi Tiktok.” 10(3): 2041–49.
- S.satrio, and S.Sukiman. 2023. “Analysis of The Influence of Product Quality and Price on Customer Loyalty Through Customer Satisfaction as An Intervening Variable in Restaurants Hisana Fried Chicken Surabaya.” Sinergi : Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen 12(2): 63–70.
- Schiffman, L G, and J Wisenblit. 2019. Consumer Behavior. 12th ed. Jakarta: Pearson.
- Usman, Dhea Monicha, Misti Hariasih, and Alshaf Pebrianggara. 2024. “Peran Influencer, Fitur Live Streaming Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare The Originote Pada Aplikasi Tik Tok.” El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam 5(5): 3750–65.
- Utami, Retno, Muinah Fadhilah, and Bernadetta Diansepti Maharani. 2024. “Pengaruh Online Customer Review Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Purchasing Decision Dengan Brand Image Sebagai Varibel Intervening Pada Konsumen Lazada Di Yogyakarta.” Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan 13(02): 390–404.
- Widyatama, Universitas. 2024. “Pengaruh Hedonic Motivation, Electronic Word Of Mouth, Perceived Ease Of Use, Dan Perceived Usefullness Terhadap Purchase Intention Live Streaming TikTok Shop.” 17(1): 80–97.
- Yuniar, Suci Rahmatillah Haromaini, and Sri Abidah Suryaningsih. 2023. “Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Muslim Lozy Hijab.” Jurnal Ekonomika dan BisnisIslam 6(1): 21–31.
References
Alifyanti, Uchtisyah, Lia Nirawati, Sonja Andarini, and Rusdi Hidayat Nugroho. 2022. “Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek, Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Scarlett Whitening.” J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains) 7(2): 546.
Andriani, Zihan, Satria Mirsya, and Affandy Nasution. 2023. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Fashion Di Tiktok Shop Pada Pengguna Aplikasi Tiktok.” Jurnal Ekonomi dan Bisnis 2(3).
Annissa, Adinda Nur, and Eristia Lidia Paramita. 2021. “Brand Promotion: The Effects of Celebrity Endorsement and Brand Image on Consumer Buying Decision.” Jurnal Bisnis dan Manajemen 8(1): 82–90.
Aruan, Samuel Hamonangan, Heddry Purba, and Francis Hutabarat. 2024. “The Influence of Using Influencer Services, Digital Content, and Enjoyment of Shopping on Purchase Intentions on Tiktok Social Media as an Information Adaptation Moderation.” Costing Journal of Economic Business and Accounting 7.
Fathurrohman, Djuliana, Netti Nurlenawati, and Dexi Triadinda. 2023. “The Influence of Live Streaming and Customer Rating on Purchasing Decisions For Kenan Hijab on Tiktok.” 4(5): 6320–34.
Fitri, T. Azura, and Syaefulloh Syaefulloh. 2023. “Pengaruh Influencer Marketing Dan Viral Marketing Terhadap Purchase Intention Melalui Online Customer Review Pada Fashion Terkini Di Tiktok Shop.” Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan 17(6): 3946.
Fitriani, Risma, Ikah Ikah, and Mohammad Rizha Fauzi Amin. 2023. “Analisis Pengaruh Iklan Di Media Sosial TikTok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Di Era Digital.” Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri 9(1): 240.
Helbert J, Ariawan I. 2021. “Pengaruh Celebrity Endorsement,Online Customer Review Terhadap Purchase Intention Pada Produk Skincare.” Jurnal Ekonomi dan Bisnis 8(2).
Indrasari, M, and U Press. 2020. Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
Indriawan, Bagas Mahendra, and Ignatius Hari Santoso. 2023. “Pengaruh Sales Promotion, Content Marketing, Dan Shopping Lifestyle Content Creator Tiktok Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada E-Commerce Shopee.” EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis 11(1): 905–14.
Isfahami, Mubdi Mulya, Ratih Hurriyati, and Puspo Dewi Dirgantari. 2021. “Pengaruh Brand Trust Dan Celebrity Endorse Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.” Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan 17(2): 177–86.
Jocks, Reihart, Iwan Adinugroho, Muh Ferils, and Universitas Muhammadiyah Mamuju. 2023. “Investigating the Impact of Price and Promotion on Fashion Product Purchasing Decisions on TikTok Shop: A Case Study of Muhammadiyah Mamuju University Students.” Management Studies and Entrepreneurship Journal 4(5): 6867–75.
Kesumahati, Erilia. 2023. “Peningkatan Purchase Intention Dalam Peran E-WOM Dan Celebrity Endorser Pada Produk Skincare Internasional.” Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS) 5(2): 357–67.
Khoirunisa, Alfi, and Edy Purwo Saputro. 2024. “Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Pada Produk Fashion Di Mediasi Oleh Citra Merek.” 17(3): 196–215.
Kotler, P, and K L Keller. 2016. Marketing Management. 5th ed. London: Pearson Education.
Lasfiana, E, and E Elpanso. 2023. “Pengaruh Harga, Kepercayaan, Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Tiktok Shop.” Management Studies and Entrepreneurship Journal 4(6): 7657–67.
Manullang, Alga Morianto, Heddry Purba, and Universitas Advent Indonesia. 2024. “Pengaruh Content Marketing, Information Adoption Dan Onine Review Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion.” Journal of Economic, Business and Accounting 7(3): 6243–59.
Mas, Oetarjo, and Sudarso Satrio. “Pengaruh Live Streaming , Online Customer Review Dan Voucher Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.” : 532–43.
Novina Veronica, Yuliana, and Weny. 2024. “Analisis Pengaruh E- Wom Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa/i Dari Aplikasi Tiktok Shop.” Journal of Trends Economics and Accounting Research 4(2): 463–68.
Nur Azizah, Luluk, Yunni DJ Rusmawati, Evi Fitrotun Najiah, and Inesa Mahdelia Laili Munna. 2024. “The Influence of Content Marketing, E-Wom and Price Perception on Tiktok Social Media on Purchase Decision Lamongan District.” JHSS (Journal of Humanities and Social Studies) 08(01): 107–9.
Pandjaitan, Dorothy R.H., Artaditya Kosasi, Dwi Asri Siti Ambarwati, and Bram Hadianto. 2022. “Electronic Word of Mouth, Brand Image, Trust and Online Utilization Intention.” Academic Journal of Interdisciplinary Studies 11(2): 355–64.
Parahita, Raras et al. 2023. “Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom)Di Sosial Media Tiktok, Kepercayaan Dan Persepsi Harga Terhadap Niat Beli Ulang Belanja Online.” Management Studies and Entrepreneurship Journal 4(2): 2002–9.
Pratiwi, Duwi, Ati Hermawati, and Dewi Kurniawati. 2023. “Pengaruh Content Marketing, Influencer, Dan Free Ongkir Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Fashion Pada Tiktokshop.” JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila 3(1): 1–11.
Rahman, Fahrulroji, and Siti Sarah. 2024. “Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Fashion Di Tiktok Shop Pada Pengguna Aplikasi Tiktok.” 10(3): 2041–49.
S.satrio, and S.Sukiman. 2023. “Analysis of The Influence of Product Quality and Price on Customer Loyalty Through Customer Satisfaction as An Intervening Variable in Restaurants Hisana Fried Chicken Surabaya.” Sinergi : Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen 12(2): 63–70.
Schiffman, L G, and J Wisenblit. 2019. Consumer Behavior. 12th ed. Jakarta: Pearson.
Usman, Dhea Monicha, Misti Hariasih, and Alshaf Pebrianggara. 2024. “Peran Influencer, Fitur Live Streaming Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare The Originote Pada Aplikasi Tik Tok.” El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam 5(5): 3750–65.
Utami, Retno, Muinah Fadhilah, and Bernadetta Diansepti Maharani. 2024. “Pengaruh Online Customer Review Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Purchasing Decision Dengan Brand Image Sebagai Varibel Intervening Pada Konsumen Lazada Di Yogyakarta.” Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan 13(02): 390–404.
Widyatama, Universitas. 2024. “Pengaruh Hedonic Motivation, Electronic Word Of Mouth, Perceived Ease Of Use, Dan Perceived Usefullness Terhadap Purchase Intention Live Streaming TikTok Shop.” 17(1): 80–97.
Yuniar, Suci Rahmatillah Haromaini, and Sri Abidah Suryaningsih. 2023. “Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Muslim Lozy Hijab.” Jurnal Ekonomika dan BisnisIslam 6(1): 21–31.