Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kualitas Makanan dan Pengiriman Tepat Waktu terhadap Keputusan Pembelian Ulang pada pelanggan di Pusat Oleh-Oleh Umbul Mas Labuhanbatu. Metode yang digunakan adalah regresi linier berganda, yang menguji pengaruh variabel independen (kualitas makanan dan pengiriman tepat waktu) terhadap variabel dependen (keputusan pembelian ulang). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua variabel independen memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ulang, dengan nilai p-value yang lebih kecil dari 0,05. Koefisien regresi untuk kualitas makanan adalah 0,450, dan untuk pengiriman tepat waktu adalah 0,330, yang menunjukkan bahwa keduanya berkontribusi positif terhadap keputusan pembelian ulang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kualitas makanan dan pengiriman tepat waktu adalah faktor penting yang mempengaruhi keputusan pelanggan untuk membeli kembali. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi penyedia layanan untuk meningkatkan kualitas makanan dan ketepatan waktu pengiriman guna meningkatkan loyalitas pelanggan dan pembelian ulang.
Keywords
Article Details
References
- Chowdhury, R. & Saha, S. (2019). Impact Of Human Resource Management Practices On Service Quality In The Hospitality Industry. Journal Of Human Resources, 14(2), 56-63.
- Dube, J-P., Hitsch, G. J., & Chintagunta, P. K. (2010). Tipping And Customer Satisfaction. Marketing Science, 29(4), 713-732.
- Haneemsipatma, A., & Jufrizen, J. (2024). Pengaruh Kualitas Sistem Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Niat Beli Ulang Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Mediasi: Studi Pengiriman Makanan Secara Online Di Kota Medan. Jurnal Ilmu Manajemen, 13(2), 199-214.
- Haryadi, A. R., Nanggala, A., Prayogo, F. A., & Gunaningrat, R. (2022). Pengaruh Kualitas Makanan, Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Brand Image Dalam Membangun Kepuasan Konsumen Pada Restoran Ini Baru Steak Boyolali. In Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains Dan Teknologi (Vol. 2, No. 1, Pp. 934-934).
- Indianti, N. L. P., & Devi, D. A. C. R. (2023). Pengaruh E-Service Quality, Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Pada Lazada Di Era Covid-19. J-Esa (Jurnal Ekonomi Syariah), 6(1), 53-67.
- Iskandar, A., Taufik, D., & Prihandoyo, C. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Budi Frozen Di Balikpapan. Media Riset Ekonomi [Mr. Eko], 2(4), 175-188.
- Kabanga, M. S., & Sanam, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Makanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian:(Studi Pada Restoran Suka Ramai Kupang). Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 14(2), 272-280.
- Keller, K. L. (2003). Strategic Brand Management: Building, Measuring, And Managing Brand Equity. Pearson Education.
- Khalim, A. (2023). Pengaruh Kualitas Makanan, Kualitas Pelayanan Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Warung Soto Tamanwinangun Mbak Iin Darsum (Doctoral Dissertation, Universitas Putra Bangsa).
- Muhammed Isa An Niffari, M. I. A. N. (2023). Pengaruh Harga, Promo Gratis Ongkir, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Shopeefood (Studi Kasus Pengguna Shopeefood Di Semarang) (Doctoral Dissertation, Upt. Perpustakaan Undaris).
- Oktaviano, A., & Gustino, A. (2023). Pengaruh Program Promosi Dan Ketepatan Waktu Pengiriman Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus: Layanan Pesan Antar Makanan Aplikasi Shopeefood Di Kota Semarang). Etnik: Jurnal Ekonomi Dan Teknik, 2(6), 562-575.
- Rahim, M. A., & Taufiq, M. (2017). Consumer Buying Decision And Customer Satisfaction In E-Commerce: A Case Study On Online Retailers In Indonesia. International Journal Of Business And Society, 18(2), 321-334.
- Roisah, R., & Putri, T. M. (2023). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Layanan Pesan Antar Makanan Pada Shopee Food. Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa, 5(2), 87-97.
- Susanto, F. R., Arief, M. A. K., Habibi, M. Y., Restu, L. B., & Maesaroh, S. S. (2023). Pengaruh Potongan Harga Dan Kualitas Makanan Terhadap Keputusan Pembelian Shopeefood Mahasiswa Bisnis Digital Upi. Jambura: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 6(3), 1083-1093.
- Winarsih, R., Mandey, S. L., & Wenas, R. S. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Makanan, Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Dabu–Dabu Lemong Resto Dan Coffee Kawasan Megamas Di Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 388-399.
- Yakin, I. H., Supriatna, U., Rusdian, S., & Global Akademia, M. (2023). Metodologi Penelitian (Kuantitatif & Kualitatif). Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents.
References
Chowdhury, R. & Saha, S. (2019). Impact Of Human Resource Management Practices On Service Quality In The Hospitality Industry. Journal Of Human Resources, 14(2), 56-63.
Dube, J-P., Hitsch, G. J., & Chintagunta, P. K. (2010). Tipping And Customer Satisfaction. Marketing Science, 29(4), 713-732.
Haneemsipatma, A., & Jufrizen, J. (2024). Pengaruh Kualitas Sistem Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Niat Beli Ulang Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Mediasi: Studi Pengiriman Makanan Secara Online Di Kota Medan. Jurnal Ilmu Manajemen, 13(2), 199-214.
Haryadi, A. R., Nanggala, A., Prayogo, F. A., & Gunaningrat, R. (2022). Pengaruh Kualitas Makanan, Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Brand Image Dalam Membangun Kepuasan Konsumen Pada Restoran Ini Baru Steak Boyolali. In Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains Dan Teknologi (Vol. 2, No. 1, Pp. 934-934).
Indianti, N. L. P., & Devi, D. A. C. R. (2023). Pengaruh E-Service Quality, Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Pada Lazada Di Era Covid-19. J-Esa (Jurnal Ekonomi Syariah), 6(1), 53-67.
Iskandar, A., Taufik, D., & Prihandoyo, C. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Budi Frozen Di Balikpapan. Media Riset Ekonomi [Mr. Eko], 2(4), 175-188.
Kabanga, M. S., & Sanam, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Makanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian:(Studi Pada Restoran Suka Ramai Kupang). Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 14(2), 272-280.
Keller, K. L. (2003). Strategic Brand Management: Building, Measuring, And Managing Brand Equity. Pearson Education.
Khalim, A. (2023). Pengaruh Kualitas Makanan, Kualitas Pelayanan Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Warung Soto Tamanwinangun Mbak Iin Darsum (Doctoral Dissertation, Universitas Putra Bangsa).
Muhammed Isa An Niffari, M. I. A. N. (2023). Pengaruh Harga, Promo Gratis Ongkir, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Shopeefood (Studi Kasus Pengguna Shopeefood Di Semarang) (Doctoral Dissertation, Upt. Perpustakaan Undaris).
Oktaviano, A., & Gustino, A. (2023). Pengaruh Program Promosi Dan Ketepatan Waktu Pengiriman Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus: Layanan Pesan Antar Makanan Aplikasi Shopeefood Di Kota Semarang). Etnik: Jurnal Ekonomi Dan Teknik, 2(6), 562-575.
Rahim, M. A., & Taufiq, M. (2017). Consumer Buying Decision And Customer Satisfaction In E-Commerce: A Case Study On Online Retailers In Indonesia. International Journal Of Business And Society, 18(2), 321-334.
Roisah, R., & Putri, T. M. (2023). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Layanan Pesan Antar Makanan Pada Shopee Food. Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa, 5(2), 87-97.
Susanto, F. R., Arief, M. A. K., Habibi, M. Y., Restu, L. B., & Maesaroh, S. S. (2023). Pengaruh Potongan Harga Dan Kualitas Makanan Terhadap Keputusan Pembelian Shopeefood Mahasiswa Bisnis Digital Upi. Jambura: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 6(3), 1083-1093.
Winarsih, R., Mandey, S. L., & Wenas, R. S. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Makanan, Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Dabu–Dabu Lemong Resto Dan Coffee Kawasan Megamas Di Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 388-399.
Yakin, I. H., Supriatna, U., Rusdian, S., & Global Akademia, M. (2023). Metodologi Penelitian (Kuantitatif & Kualitatif). Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents.