Main Article Content
Abstract
Metode Penelitian ini merupakan Penelitian kuantitatif kausalitas dengan tujuan untuk mengetahui Sosial Media Marketing, Service Quality, dan E-WoM Terhadap Intention Purchase Intention. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang mengikuti facebook Kafe Delima di Kabupaten Dompu dan Sampel penelitian ini adalah konsumen yang telah mengikuti facebook. Sebanyak 231 responden dari 1677 populasi telah menjawab kuesioner yang telah didistribusikan dalam bentuk google form kuesioner online, pengambilan sampel menggunakan sample size calculator. Alat Analisa yang digunakan SEMPLS v 3 untuk menganalisa hipotesa yang telah bangun. Hasil Penelitian membuktikan Social Media Marketing dan eWOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention, sedangkan Service Quality tidak berpengaruh terhadap Purchase Intention. Rekomendasi dari penelitian ini secara praktis membantu UMKM dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk mendapatkan niat beli konsumen sehingga dapat meningkatkan pangsa pasar. Selain itu sebagai pembanding dalam merekomendasikan arah kebijakan penerapan teknologi bagi UMKM.
Keywords
Article Details
References
- Abdillah, H. A. and Pradana, B. I. (2023) ‘Pengaruh Social Media Marketing terhadap Purchase Intention dengan Brand Awareness sebagai Mediasi’, Jurnal Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen, 2(1), pp. 134–143. doi: 10.21776/jmppk.2023.02.1.14.
- As’ad, A., Brasit, N., Muis, M., & Umar, F. (2024). uNVEILING THE ANTECEDENTS OF SuSTAINABLE PERFORMANCE: INSIGHTS FROM HOSPITALITY INDuSTRY MANAGERS.
- As’ad, A., Brasit, N., Muis, M., & Umar, F. (2023, May). How Leadership Style, Commitment, Work Climate, and Work Motivation Affect on Satisfaction and Performance. In 7th International Conference on Accounting, Management and Economics (ICAME-7 2022) (pp. 546-563). Atlantis Press.
- Aprilia, D. (2023) ‘Media Sosial Sebagai Penunjang Komunikasi Bisnis Di Era Digital’, UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, 7(2), pp. 64–74. Available at: http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility.
- Bernika, D. (2023) ‘Pengaruh Service Quality, Website Quality, Brand Reputation, Trust, Dan Perceived Risk Terhadap Purchase Intention’, Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 3(1), pp. 234–247. doi: 10.55047/transekonomika.v3i1.372.
- Fahmi, M. et al. (2019) ‘Peran Brand Image dalam Memediasi Pengaruh Social Media Marketing terhadap Repeat Purchase pada Fast-Food Restaurant di Kota Medan’, Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, 11(1), pp. 53–68. doi: 10.33059/jseb.v11i1.1722.
- Hartanto, dkk (2022) ‘Analisis Sosial Media Marketing Terhadap Purchase Intention’, Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 4, pp. 227–232. doi: 10.37034/infeb.v4i4.180.
- Ii, B. A. B. and Teori, L. (2020) ‘Suarsa, S. H. (2020).’, (2018), pp. 12–31.
- Indriana, D. (2024) ‘Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Online Purchase Intention Melalui Brand Image Sebagai Variabel Mediasi’, Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(1), pp. 2779–2787. doi: 10.31539/costing.v7i1.3802.
- Kusuma, B. A. and Putri, B. P. S. P. (2019) ‘Pengaruh Social Media Marketing terhadap Brand Equity’, Jim Upb, 7(1), pp. 33–37.
- Maman, dkk (2020) ‘Faktor yang mempengaruhi purchase intention’.
- MStefani Chandra, dkk (2020) Service Quality, Consumer Satisfaction, Dan Consumer Loyality : Tinjauan Teoritis, Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
- Naufaliza, D. (2024) ‘Pengaruh Content Marketing dan e-WOM Terhadap Purchase Intention Pada Media Sosial TikTok’, 02(02), pp. 1031–1034.
- Nguyen, et al (2020) ‘Factors affecting intention to purchase green products in Vietnam’, Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(4), pp. 205–211. doi: 10.13106/JAFEB.2020.VOL7.NO4.205.
- Ni Made dan I Gusti Ngurah Jaya (2021) ‘Peran Brand Awareness memediasi Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Purchase Intention’, 10(2), pp. 145–164.
- Nugraha, W. (2019) ‘Analisa Pengaruh Media Sosial Terhadap Keinginan Pembelian Oleh Konsumen Di Batam Dengan Keterikatan Konsumen Sebagai Mediator Ditinjau Dari Metode Regresi Linear’, Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI), 4(1), pp. 127–138. doi: 10.36352/jt-ibsi.v4i1.187.
- Purwianti, L. et al. (2021) ‘Pengaruh Price, Service Quality, Food Quality, Dan E-Wom Terhadap Purchase Intention Steakjobs Di Kota Batam ’, Economics and Digital Business Review, 4(2), pp. 202–219.
- Ramadhan, dkk (2024) ‘MARKETING TERHADAP PURCHASE DECISION JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen , Ekonomi , dan Akuntansi )’, jurnal ilmiah MEA, 8(1), pp. 1485–1497.
- Tanjung, D. (2023) ‘Pengaruh Celebrity Endorser dan E-WOM terhadap Purchase Intention Produk Skincare di Jakarta dengan Brand Trust sebagai Variabel Mediasi’, Mbia, 22(1), pp. 88–102. doi: 10.33557/mbia.v22i1.2144.
- Yakin, I. H., Supriatna, U., Rusdian, S., & Global Akademia, M. (2023). Metodologi Penelitian (Kuantitatif & Kualitatif). Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents.
References
Abdillah, H. A. and Pradana, B. I. (2023) ‘Pengaruh Social Media Marketing terhadap Purchase Intention dengan Brand Awareness sebagai Mediasi’, Jurnal Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen, 2(1), pp. 134–143. doi: 10.21776/jmppk.2023.02.1.14.
As’ad, A., Brasit, N., Muis, M., & Umar, F. (2024). uNVEILING THE ANTECEDENTS OF SuSTAINABLE PERFORMANCE: INSIGHTS FROM HOSPITALITY INDuSTRY MANAGERS.
As’ad, A., Brasit, N., Muis, M., & Umar, F. (2023, May). How Leadership Style, Commitment, Work Climate, and Work Motivation Affect on Satisfaction and Performance. In 7th International Conference on Accounting, Management and Economics (ICAME-7 2022) (pp. 546-563). Atlantis Press.
Aprilia, D. (2023) ‘Media Sosial Sebagai Penunjang Komunikasi Bisnis Di Era Digital’, UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, 7(2), pp. 64–74. Available at: http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility.
Bernika, D. (2023) ‘Pengaruh Service Quality, Website Quality, Brand Reputation, Trust, Dan Perceived Risk Terhadap Purchase Intention’, Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 3(1), pp. 234–247. doi: 10.55047/transekonomika.v3i1.372.
Fahmi, M. et al. (2019) ‘Peran Brand Image dalam Memediasi Pengaruh Social Media Marketing terhadap Repeat Purchase pada Fast-Food Restaurant di Kota Medan’, Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, 11(1), pp. 53–68. doi: 10.33059/jseb.v11i1.1722.
Hartanto, dkk (2022) ‘Analisis Sosial Media Marketing Terhadap Purchase Intention’, Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 4, pp. 227–232. doi: 10.37034/infeb.v4i4.180.
Ii, B. A. B. and Teori, L. (2020) ‘Suarsa, S. H. (2020).’, (2018), pp. 12–31.
Indriana, D. (2024) ‘Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Online Purchase Intention Melalui Brand Image Sebagai Variabel Mediasi’, Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(1), pp. 2779–2787. doi: 10.31539/costing.v7i1.3802.
Kusuma, B. A. and Putri, B. P. S. P. (2019) ‘Pengaruh Social Media Marketing terhadap Brand Equity’, Jim Upb, 7(1), pp. 33–37.
Maman, dkk (2020) ‘Faktor yang mempengaruhi purchase intention’.
MStefani Chandra, dkk (2020) Service Quality, Consumer Satisfaction, Dan Consumer Loyality : Tinjauan Teoritis, Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Naufaliza, D. (2024) ‘Pengaruh Content Marketing dan e-WOM Terhadap Purchase Intention Pada Media Sosial TikTok’, 02(02), pp. 1031–1034.
Nguyen, et al (2020) ‘Factors affecting intention to purchase green products in Vietnam’, Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(4), pp. 205–211. doi: 10.13106/JAFEB.2020.VOL7.NO4.205.
Ni Made dan I Gusti Ngurah Jaya (2021) ‘Peran Brand Awareness memediasi Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Purchase Intention’, 10(2), pp. 145–164.
Nugraha, W. (2019) ‘Analisa Pengaruh Media Sosial Terhadap Keinginan Pembelian Oleh Konsumen Di Batam Dengan Keterikatan Konsumen Sebagai Mediator Ditinjau Dari Metode Regresi Linear’, Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI), 4(1), pp. 127–138. doi: 10.36352/jt-ibsi.v4i1.187.
Purwianti, L. et al. (2021) ‘Pengaruh Price, Service Quality, Food Quality, Dan E-Wom Terhadap Purchase Intention Steakjobs Di Kota Batam ’, Economics and Digital Business Review, 4(2), pp. 202–219.
Ramadhan, dkk (2024) ‘MARKETING TERHADAP PURCHASE DECISION JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen , Ekonomi , dan Akuntansi )’, jurnal ilmiah MEA, 8(1), pp. 1485–1497.
Tanjung, D. (2023) ‘Pengaruh Celebrity Endorser dan E-WOM terhadap Purchase Intention Produk Skincare di Jakarta dengan Brand Trust sebagai Variabel Mediasi’, Mbia, 22(1), pp. 88–102. doi: 10.33557/mbia.v22i1.2144.
Yakin, I. H., Supriatna, U., Rusdian, S., & Global Akademia, M. (2023). Metodologi Penelitian (Kuantitatif & Kualitatif). Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents.