Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh content marketing dan review product terhadap minat beli konsumen skincare Skintific di platform TikTok, dengan pemasaran viral sebagai variabel mediasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik non-probability sampling dengan purposive sampling dan penyebaran kuesioner kepada 170 responden Analisis data dilakukan menggunakan metode Partial Least Squares (PLS) versi 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa content marketing dan review product memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pemasaran viral, serta secara langsung memengaruhi minat beli konsumen. Selain itu, pemasaran viral terbukti memediasi pengaruh content marketing dan review produk terhadap minat beli konsumen.

Keywords

Content marketing Review product Viral Marketing Minat Beli

Article Details

How to Cite
Deny Ardiansyah, D. A., Muhafidhah Novie, Laily Muzdalifah, & Edita Rachma Kamila. (2025). Peran Pemasaran Viral Sebagai Mediasi Pengaruh Pemasaran Konten Dan Review Product Pada Pengguna Tiktok Terhadap Minat Beli Konsumen Skincare Skintific. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(2), 1059–1068. https://doi.org/10.57178/paradoks.v8i2.1227

References

  1. Abdillah, R. F., & Pramesti, A. N. (2024). Dampak Rating dan Ulasan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian di E-Commerce. Seminar Nasional AMIKOM Surakarta (SEMNASA, N, 3031–5581.
  2. Adelia, R., & Cahya, S. B. (2023). Pengaruh Brand Image dan Content Marketing terhadap Minat Beli Mafia Gedang di Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Bisnis (JPTN, 11(3), 325–333.
  3. Ardiansyah, D., Novie, M., Muzdalifah, L., & Kamila, E. R. (2024). Peran Pemasaran Viral Sebagai Mediasi Pengaruh Pemasaran Konten Dan Review Product Pada Pengguna Tiktok Terhadap Minat Beli Konsumen Skincare Skintific. Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.
  4. Ayu, J. N. R. (2020). Kemampuan pemasaran viral untuk meningkatkan niat pembelian dan pilihan konsumen di era digital. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA, 2(1). https://doi.org/10.15642/manova.v2i1.353.
  5. Azahri. (2023). Dampak Review Produk terhadap Ketetapan Belanja. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(1), 45–58.
  6. Bening, B., & Kurniawati, L. (2019). Pengaruh Pemasaran Konten terhadap Keterlibatan Pelanggan Pengguna Tokopedia Yogyakarta. Jurnal.Ustjogja.Ac.
  7. Candra Susanto, P., Ulfah Arini, D., Yuntina, L., Panatap Soehaditama, J., & Nuraeni, N. (2024). Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka. Jurnal Ilmu Multidisplin, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.38035/jim.v3i1.504
  8. Gede, D., Pratama Viveka, A., & Psikologi, M. (2022). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan Perilaku Diskriminatif Dalam Pengupahan Kerja Bagi Pekerja Atau Buruh Antargender. JIMAK, 1(2).
  9. Kholis, C. H. (2023). Menggunakan aplikasi TikTok untuk mempromosikan pembelajaran yang kreatif dan inovatif di era digital. In Prosiding Seminar Daring Nasional (pp. 721–726).
  10. Nasta’in, A. F., Samad, A., & Sujatmiko, S. (2023). Pengaruh media sosial dan pemasaran konten terhadap minat pembelian ulang Bekind.Id. Jurnal Perbankan Dan Manajemen Keuangan Nitro, 7(1), 38–52. https://doi.org/10.56858/jmpkn.v7i1.211.
  11. Pasaribu. (2023). Peran Mediasi Pemasaran Viral dalam Online Customer Review. Jurnal Pemasaran, 9(2), 89–102.
  12. Rachman, N. S., Permatasari, T. M., Apriani, E., Permana, I., & Latif, A. (2024). Analisis Pemasaran konten, Viral Marketing, dan Brand Awareness Terhadap Purchase Decision Instagram Pada Brand Es Teh Indonesia. Journal Economics and Strategy, 5(2), 43–52.
  13. Sholikhah. (2024). Dampak Pemasaran Konten, Viral Marketing, dan Influencer Marketing terhadap Perilaku Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 14(1), 112–125.
  14. Sholikhah, D. A., & Rokhmat, R. (2024). Dampak Influencer, Viral, dan Content Marketing terhadap Perilaku Pembelian Pengguna Social Commerce TikTok Shop di Yogyakarta. Jurnal Co-Value Kewirausahaan Dan Ekonomi Koperasi, 15(3), 7243.
  15. Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif.