Main Article Content

Abstract

Penelitian ini menyelidiki efek keterlibatan dengan konten berkelanjutan pada platform media sosial pada promosi advokasi keberlanjutan, memanfaatkan kebiasaan berkelanjutan dan perilaku konsumsi berkelanjutan sebagai variabel perantara. Menggunakan metodologi Structural Equation Modeling - Partial Least Squares (SEM-PLS), data diperoleh dari 166 peserta yang memiliki pengalaman dalam memanfaatkan produk yang bertanggung jawab terhadap lingkungan. Temuan menunjukkan bahwa keterlibatan dengan konten berkelanjutan memberikan pengaruh besar pada pembentukan kebiasaan berkelanjutan dan perilaku konsumsi berkelanjutan. Selain itu, kebiasaan berkelanjutan secara positif berkontribusi pada advokasi keberlanjutan, sedangkan perilaku konsumsi berkelanjutan tidak menunjukkan efek yang signifikan secara statistik pada advokasi keberlanjutan. Hasil ini menyoroti peran penting yang dimainkan media sosial dalam meningkatkan kesadaran dan mempengaruhi perilaku individu yang terkait dengan keberlanjutan. Ketika paparan konten berkelanjutan meningkat, individu lebih cenderung menumbuhkan kebiasaan yang selaras dengan keberlanjutan, berpotensi mendorong advokasi untuk keberlanjutan. Penelitian ini menganjurkan penguatan kampanye keberlanjutan di media sosial untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam masalah keberlanjutan serta untuk memperluas dampak menguntungkannya.

Keywords

Advokasi Keberlanjutan Kebiasaan Berkelanjutan Konten Berkelanjutan Media sosial Perilaku Konsumsi

Article Details

How to Cite
Agustyawati, L., & Kuswati, R. (2025). Paparan Konten Berkelanjutan dan Pengaruhnya terhadap Perilaku Pro-Lingkungan. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(2), 984–994. https://doi.org/10.57178/paradoks.v8i2.1248

References

  1. Ahmadi, A., & Ataei, A. (2024). Emotional attachment: a bridge between brand reputation and brand advocacy. Asia-Pacific Journal of Business Administration, 16(1), 1–20.
  2. Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211.
  3. Ardana, M. A., & Praswati, A. N. (2024). Pengaruh Kepedulian Lingkungan Dan Pengetahuan Lingkungan Terhadap Perilaku Pro Lingkungan YangDimediasi Oleh Sikap. Jurnal Bina Bangsa, 17(1), 466–486.
  4. Atha’ammar, M., & Kuswati, R. (2023). The Effect of Environmental Knowledge and Environmental Risk Perception on Sustainable Consumption mediated by Environmental Concern. The, 16th, 548–564.
  5. Bulmer, S., Palakshappa, N., Dodds, S., & Harper, S. (2024). Sustainability, brand authenticity and Instagram messaging. Journal of Business Research, 175(December 2022), 114547.
  6. Choirunnisa, A., & Kuswati, R. (2023). Antecedent of Sustainable Consumption Behavior: Purchase, Using and Disposing. International Journal of Business Marketing and Management, 8(2), 2456–4559. www.ijbmm.com
  7. Confetto, M. G., Covucci, C., Addeo, F., & Normando, M. (2023). Sustainability advocacy antecedents: how social media content influences sustainable behaviours among Generation Z. Journal of Consumer Marketing, 40(6), 758–774.
  8. Corboș, R. A., Bunea, O. I., & Triculescu, S. M. (2023). Towards Sustainable Consumption: Consumer Behavior and Market Segmentation in the Second-Hand Clothing Industry. Amfiteatru Economic, 25(Special Issue 17), 1064–1080.
  9. Enrico, M., & Kuswati, R. (2024). PERAN PEMEDIASI PRO-ENVIRONMENTAL ATTITUDE PADA PENGARUH INNOVATIVENESS TERHADAP NIAT BELI PRODUK HERBAL. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 17(2), 1304–1322.
  10. Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. In European business review (Vol. 31, Issue 1).
  11. Jacobson, J., & Harrison, B. (2022). Sustainable fashion social media Influencers and content creation calibration. International Journal of Advertising, 41(1), 150–177.
  12. Jasrotia, S. S., Darda, P., & Pandey, S. (2023). Changing values of millennials and centennials towards responsible consumption and sustainable society. Society and Business Review, 18(2), 244–263.
  13. Kapoor, P. S., Balaji, M. S., & Jiang, Y. (2023). Greenfluencers as agents of social change: the effectiveness of sponsored messages in driving sustainable consumption. European Journal of Marketing, 57(2), 533–561.
  14. Kuswati, R., & Saleha, A. (2018). Antecedents of online purchasing behavior Antesenden perilaku pembelian secara daring. Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis (Jurnal ini Sudah Migrasi, 3(1), 39–48.
  15. Kuswati, R., Soepatini, S., Vrasica, R., & Rayyantika, F. (2021). Instruments Validation of Pro-Environmental Behaviour Model. The, 14th, 525– 537.
  16. Mulati, I. R., & Kuswati, R. (2022). Pengaruh Sikap Lingkungan Terhadap Perilaku Pro Lingkungan Yang Dimediasi Oleh Kepedulian Lingkungan Dan Kemauan Membayar Lebih. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 18(3), 157–167.
  17. Nafees, L., Cook, C. M., Nikolov, A. N., & Stoddard, J. E. (2021). Can social media Influencer (SMI) power influence consumer brand attitudes? The mediating role of perceived SMI credibility. Digital Business, 1(2).
  18. Orea-Giner, A., & Fusté-Forné, F. (2023). The way we live, the way we travel: generation Z and sustainable consumption in food tourism experiences. British Food Journal, 125(13), 330–351.
  19. Pradeep, S., & Pradeep, M. (2023). Awareness of sustainability, climate emergency, and generation Z’s consumer behaviour in UAE. Cleaner and Responsible Consumption, 11(April), 100137.
  20. Rodrigo, A., & Mendis, T. (2023). Impact of social media Influencers’ credibility on millennial consumers’ green purchasing behavior: a concept paper on personal and social identities. Management Matters, 20(2), 134–153.
  21. Salciuviene, L., Banytė, J., Vilkas, M., Dovalienė, A., & Gravelines, Ž. (2022). Moral identity and engagement in sustainable consumption. Journal of Consumer Marketing, 39(5), 445–459.
  22. Shimul, A. S., & Phau, I. (2023). The role of brand self-congruence, brand love and brand attachment on brand advocacy: a serial mediation model. Marketing Intelligence and Planning, 41(5), 649–666.
  23. Venciute, D., Karalius, L., Reardon, J., & Auruskeviciene, V. (2020). The impact of employees’ social media advocacy on attitudes toward the brand: the mediating role of parasocial relationships. Journal of Product and Brand Management, 32(8), 1374–1387.
  24. Volpp, K. G., & Loewenstein, G. (2020). What is a habit? Diverse mechanisms that can produce sustained behavior change. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 161(S), 36–38.
  25. Wangka, H. A., & Krisjanti, M. N. (2020). Pengaruh Paparan Media Sosial Terhadap Niat Mengunjungi Destinasi Wisata (Studi Pada Studio Alam Gamplong. Modus, 32(2), 175–195.
  26. Zeng, L., Moore, M., & Rothenberg, L. (2024). Promoting Sustainable Consumption: The Roles of Consumers’ Domain-Specific Environmental Knowledge and Personality Traits. Sustainability (Switzerland, 16(2).