Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Marketing TikTok Affiliate, Kualitas Viral Marketing, dan Harga terhadap Minat Beli Konsumen TikTok Shop pada Generasi Z di Lamongan. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif asosiatif dengan pendekatan kausal, dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan pengukuran menggunakan skala Likert. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang dipilih menggunakan teknik random sampling berdasarkan rumus Slovin. Hasil analisis menunjukkan bahwa Marketing TikTok Affiliate, Kualitas Viral Marketing, dan Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Konsumen. Selain itu, harga memperkuat pengaruh antara Marketing TikTok Affiliate dan Kualitas Viral Marketing terhadap Minat Beli. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran berbasis afiliasi dan viral marketing, disertai dengan penawaran harga yang kompetitif, menjadi faktor kunci dalam meningkatkan minat beli Generasi Z di platform TikTok Shop.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Justiana, S., & Yuliana, L. (2024). PENGARUH VIRAL MARKETING TERHADAP MINAT BELI PRODUK MOTHER OF PEARL. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 17(1), 150-158.
- Andriyanti, E., & Farida, S. N. (2022, March). Pengaruh Viral Marketing Shopee Affiliate, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Shopee Indonesia (Studi Pada Generasi Z Pengguna Tiktok Di Sidoarjo). In Forbiswira Forum Bisnis Dan Kewirausahaan (Vol. 11, No. 2, pp. 228-241).
- Soleha, S. L. (2025). PENGARUH CONTENT MARKETING TIKTOK AFFILIATE TERHADAP MINAT BELI PADA MAHASISWA EKONOMI SYARIAH TAHUN 2020 IAIN METRO. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 5(1), 40-59.
- Brilianita, S., & Sulistyowati, R. (2023). Affiliate Marketing terhadap Minat Beli Mahasiswa di TikTok Shop. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 7(2), 157-167.
- Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran Jilid 1. In Jakarta (13th ed.).
- Cahyani, I. (2024). Pengaruh Review Produk dan Affiliate Marketing Terhadap Minat Beli Produk dengan Harga sebagai Variabel Moderasi (Suatu Studi pada Konsumen Fashion di Marketplace Shopee di Kecamatan Cipaku).
- Shinta, N. P., Maduwinarti, A., & Nasution, U. C. M. (2024). Pengaruh Affiliate Marketing dan Online Customer Reviews TikTok Shop Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z. Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 10(1), 44-52.
- Damanik, E. O., Kemala, Z., & Sipayung, T. (2023). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Pada Live Streaming Aplikasi TIKTOK Terhadap Minat Beli Mahasiswa Ekonomi Universitas Simalungun. Manajemen: Jurnal Ekonomi, 5(2), 90-104.
- Karina, N. D., Awalludin, D., & Bakhri, A. S. (2023, May). Pengaruh Affiliate Marketing Dalam Peningkatan Penjualan Pada Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumen. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK) (Vol. 3, No. 1, pp. 80-89).
- Firda Izumi, C. (2024). PENGARUH LIVE STREAMING SHOPPING DAN AFFILIATE MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA APLIKASI TIKTOK SHOP (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Bengkulu).
- Az-Zahra, P., & Sukmalengkawati, A. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 2008-2018.
- Katiandagho, N. J., & Hidayatullah, S. (2023). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, Harga, dan Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna TikTok Shop. Sains Manajemen, 9(1), 13-27.
- Ayu, J. N. R. (2019). Efektifitas viral marketing dalam meningkatkan niat dan keputusan pembelian konsumen di era digital. Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), 2(1).
- Sari, P. N., & Nainggolan, B. M. (2024). Meningkatkan Keputusan Pembelian Viral Marketing, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga pada Mixue Ice Cream And Tea. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9297-9311.
- Lamongan, badan pusat statistik kabupaten. (2024). Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin di Kabupaten Lamongan, 2024. Diambil dari https://lamongankab.bps.go.id/id/statistics-table/3/WVc0MGEyMXBkVFUxY25KeE9HdDZkbTQzWkVkb1p6MDkjMw==/jumlah-penduduk-menurut-kelompok-umur-dan-jenis-kelamin-di-kabupaten-lamongan--2024.html?year=2024
References
Justiana, S., & Yuliana, L. (2024). PENGARUH VIRAL MARKETING TERHADAP MINAT BELI PRODUK MOTHER OF PEARL. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 17(1), 150-158.
Andriyanti, E., & Farida, S. N. (2022, March). Pengaruh Viral Marketing Shopee Affiliate, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Shopee Indonesia (Studi Pada Generasi Z Pengguna Tiktok Di Sidoarjo). In Forbiswira Forum Bisnis Dan Kewirausahaan (Vol. 11, No. 2, pp. 228-241).
Soleha, S. L. (2025). PENGARUH CONTENT MARKETING TIKTOK AFFILIATE TERHADAP MINAT BELI PADA MAHASISWA EKONOMI SYARIAH TAHUN 2020 IAIN METRO. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 5(1), 40-59.
Brilianita, S., & Sulistyowati, R. (2023). Affiliate Marketing terhadap Minat Beli Mahasiswa di TikTok Shop. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 7(2), 157-167.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran Jilid 1. In Jakarta (13th ed.).
Cahyani, I. (2024). Pengaruh Review Produk dan Affiliate Marketing Terhadap Minat Beli Produk dengan Harga sebagai Variabel Moderasi (Suatu Studi pada Konsumen Fashion di Marketplace Shopee di Kecamatan Cipaku).
Shinta, N. P., Maduwinarti, A., & Nasution, U. C. M. (2024). Pengaruh Affiliate Marketing dan Online Customer Reviews TikTok Shop Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z. Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 10(1), 44-52.
Damanik, E. O., Kemala, Z., & Sipayung, T. (2023). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Pada Live Streaming Aplikasi TIKTOK Terhadap Minat Beli Mahasiswa Ekonomi Universitas Simalungun. Manajemen: Jurnal Ekonomi, 5(2), 90-104.
Karina, N. D., Awalludin, D., & Bakhri, A. S. (2023, May). Pengaruh Affiliate Marketing Dalam Peningkatan Penjualan Pada Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumen. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK) (Vol. 3, No. 1, pp. 80-89).
Firda Izumi, C. (2024). PENGARUH LIVE STREAMING SHOPPING DAN AFFILIATE MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA APLIKASI TIKTOK SHOP (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Bengkulu).
Az-Zahra, P., & Sukmalengkawati, A. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 2008-2018.
Katiandagho, N. J., & Hidayatullah, S. (2023). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, Harga, dan Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna TikTok Shop. Sains Manajemen, 9(1), 13-27.
Ayu, J. N. R. (2019). Efektifitas viral marketing dalam meningkatkan niat dan keputusan pembelian konsumen di era digital. Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), 2(1).
Sari, P. N., & Nainggolan, B. M. (2024). Meningkatkan Keputusan Pembelian Viral Marketing, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga pada Mixue Ice Cream And Tea. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9297-9311.
Lamongan, badan pusat statistik kabupaten. (2024). Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin di Kabupaten Lamongan, 2024. Diambil dari https://lamongankab.bps.go.id/id/statistics-table/3/WVc0MGEyMXBkVFUxY25KeE9HdDZkbTQzWkVkb1p6MDkjMw==/jumlah-penduduk-menurut-kelompok-umur-dan-jenis-kelamin-di-kabupaten-lamongan--2024.html?year=2024