Main Article Content

Abstract

Upaya penelitian bertujuan untuk menjelaskan konsekuensi diskon dan penjualan kilat pada perilaku pembelian konsumen, menggunakan minat beli sebagai variabel mediasi dalam kaitannya dengan merek Facetology. Metodologi yang digunakan menganut paradigma kuantitatif, khususnya menggunakan pendekatan Pemodelan Persamaan Struktural - Partial Least Squares (SEM-PLS). Sampel peserta untuk analisis ini terdiri dari 100 responden yang memiliki pengalaman sebelumnya atau minat dalam pengadaan produk Facetology melalui platform e-commerce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diskon memiliki efek nyata pada keputusan pembelian, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui bunga pembelian sebagai variabel mediasi. Sebaliknya, penjualan flash tidak menunjukkan efek signifikan pada keputusan pembelian; Namun, mereka memiliki dampak yang menguntungkan pada minat pembelian. Analisis menunjukkan bahwa minat beli berfungsi sebagai variabel mediasi dalam hubungan antara strategi promosi dan keputusan pembelian konsumen. Implikasi yang diperoleh dari penelitian ini menyoroti peran penting strategi pemasaran diskon-sentris dalam meningkatkan daya tarik produk, sedangkan efektivitas penjualan flash memerlukan penggabungan faktor tambahan untuk memaksimalkan konversi penjualan.

Keywords

Diskon Flash sale Minat Beli Keputusan Membeli TPB

Article Details

How to Cite
Utami, D. F. T., & Saputro, E. P. (2025). Minat Beli sebagai Mediator dalam Hubungan antara Diskon, Flash sale, terhadap Keputusan Pembelian Brand Facetology. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(2), 995–1006. https://doi.org/10.57178/paradoks.v8i2.1250

References

  1. Aini, D. N., Sidanti, H., & Apriyanti, A. (2022). ... E-COMMERCE DAN DISKON TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UD. In RAFI MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus .... SIMBA: Seminar Inovasi. https://doi.org/http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SIMBA/article/view/3345%0Ahttp://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SIMBA/article/download/3345/2688
  2. Alghifari, A., & Rahayu, T. S. M. (2020). Pengaruh Diskon, Kualitas Website, Persepsi Risiko Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Shopee: Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Jurnal Manajemen, 15(2), 223–236.
  3. Amelia, N. A. R. (2021). Analisis Pengaruh Diskon, Promosi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Aplikasi Shopee. Gastronomía ecuatoriana y turismo local, 1(69), 5–24.
  4. Ardelia, D. A., & Saputro, E. P. (2025). The Influence of Brand Image and Price Perception on Customer Loyalty to Apple Smartphones with Customer Satisfaction as Mediation. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE, 8(1), 2151–2167.
  5. Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. In European business review (Vol. 31, Issue 1).
  6. Herlina, H., Loisa, J., & Mulyana, T. M. S. (2021). Dampak Flash sale Countdown Timer Di Marketplace Online Pada Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Intervening. Digismantech (Jurnal Program Studi Bisnis Digital, 1(1), 11–17. https://doi.org/10.30813/digismantech.v1i1.2616
  7. Husniyyah, T., Pantjolo, D. S. W., & Pitoyo, B. S. (2024). Pengaruh Diskon, Flash sale, dan Live Shopping terhadap Keputusan Pembelian pada Brand The Originote di Shopee (Studi pada Mahasiswa Prodi Manajemen Angkatan 2020 Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Jurnal Economina, 3(2), 314–328. https://doi.org/10.55681/economina.v3i2.1203
  8. Irawati, Z., Saputro, E. P., & Setyaningrum, D. P. (2022). Counterfeit Products : Does Experience Affect Repurchase Intention Produk Palsu. Apakah Pengalaman Berpengaruh Terhadap Niat Pembelian Ulang.
  9. Isnanto, B., & Saputro, S. H. (2024). Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Kunci Loyalitas Konsumen: Mengungkap Rahasia Keberhasilan Bisnis di Era Kompetitif. ISOQUANT: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 8(1), 64–78.
  10. Jannah, M., Wahono, B., & Khalikussabir, K. (2022). Pengaruh Diskon Flash sale, Rating dan Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 10(13), 38–51.
  11. Kedaton, M., Purwanto, H., & Sidanti, H. (2022). Pengaruh Promosi Flash sale dan E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Aplikasi Shopee. SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi, 1(1), 1–12.
  12. Latifah, L., & Nurmalasari, N. (2023). Pengaruh Diskon Harga, Gratis Ongkos Kirim Dan Promosi Terhadap Minat Beli Mahasiswa Pada Aplikasi Tiktok Shop. Jurnal Ekonomi STIEP, 8(2), 120–127. https://doi.org/10.54526/jes.v8i2.187
  13. Lestari, A. P. (2023). Analisis Pengaruh Harga, Diskon Dan Kualitas Produk. Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo Alamat. https://doi.org/http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/114968
  14. Liu, X., Zhou, Y. W., Shen, Y., Ge, C., & Jiang, J. (2021). Zooming in the impacts of merchants’ participation in transformation from online flash sale to mixed sale e-commerce platform. Information and Management, 58(2), 103409. https://doi.org/10.1016/j.im.2020.103409
  15. Maharani, V. A., & Saputro, E. P. (2024). Pengaruh Influencer, Brand Image, dan Product Quality terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Skincare Skintific. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(3), 1899–1914. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i3.6190
  16. Mustajab, D. (2023). Brand Experience on Brand Loyalty through Brand Satisfaction and Brand Trust: Study on Altex Cat Customers in East Java. Innovation Business Management and Accounting Journal, 2(3), 111–126. https://doi.org/10.56070/ibmaj.v2i3.49
  17. Nabilla, S., & Saputro, E. P. (2025). The influence of social media marketing, consumer reviews, and brand image on purchasing decisions. Manajemen Dan Bisnis, 24(1), 51–68.
  18. Oktavia, F., & Fageh, A. (2022). Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ecodemica Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.31294/eco.v6i1.11196
  19. Prastyatini, S. L. Y., & Ramadhanti, S. (2023). Pengaruh Diskon Flash sale Dan Biaya Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Moderasi. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi ) Universitas Pendidikan Ganesha, 14(4), 1030–1039.
  20. Pratama, A. P., & Yoedtadi, M. G. (2021). Pengaruh Diskon 9.9 Super Shoping Day Shopee terhadap Minat Beli Pengguna Aplikasi Shopee. Prologia, 5(1), 204. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.10127
  21. Rahmalia, Y. P., & Saputro, E. P. (2025). Beauty Vlogger Fiani Adilaa dan Pembentukan Narasi Kecantikan. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 1–20.
  22. Rahmawati, N. D., Winarso, W., & Anas, H. (2023). PENGARUH FLASH SALE, LIVE SHOPPING, DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BRAND SKINTIFIC DI SHOPEE (Studi Kasus Mahasiswa Bhayangkara Jakarta Raya. Jurnal Economina, 2(10), 2740–2755. https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.897
  23. Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870
  24. Shabina, S., Darwensyah, F. A., H, T. J. C., Pradhitya, A. E., & Arum, D. P. (2024). REVITALISASI CITRA DAN BRANDING UMKM : UPAYA MENGEMBALIKAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK LOKAL MELALUI PENAMAAN MERK BERBAHASA INDONESIA. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 4(9), 55–65. https://doi.org/10.9644/sindoro.v4i9.3565
  25. Shibab, M. R., & Siregar, S. (2023). Pengaruh Brand Image dan Flash Sale ( Penjualan Kilat) Terhadap Keputusan Pembeli Pada Aplikasi Tokopedia (Survey Pada Followers Tiktok Tokopedia 2022. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(April), 745–754.
  26. Shoffi’ul, A., Basalamah, M. R., & Millannintyas, R. (2019). Pengaruh Diskon dan Promo Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian E-commerce Shopee. Jurnal Riset Manajemen, 111–113. www.fe.unisma.ac.id
  27. Widodo, J., Mukhamad Zulianto, M. W. B. S., Widodo, J., & Zulianto, M. (2022). Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee (Studi Kasus Masyarakat Desa Kesilir Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi dan Kewirausahaan (JPEAKU, 2(1), 24–29. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v2i1.17979
  28. Yanti, M. M., & Budiatmo, A. (2020). Pengaruh Store Atmosphere dan Harga terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Gelael Ciputra Mall Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(4), 582–589. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28850.