Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh customer experience, brand trust, dan perceived value terhadap customer loyalty di era digital dengan studi kasus pada platform e-commerce Shopee. Dalam lanskap digital yang berkembang pesat, interaksi pelanggan dengan merek semakin kompleks, sehingga pengalaman pelanggan, kepercayaan terhadap merek, dan persepsi nilai menjadi faktor kunci dalam membentuk loyalitas. Customer experience mencerminkan persepsi pelanggan terhadap interaksi mereka dengan merek, sementara brand trust berkaitan dengan keyakinan pelanggan terhadap kredibilitas dan integritas merek, serta perceived value menggambarkan manfaat yang dirasakan dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan. Studi ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei, dimana data dikumpulkan melalui kuesioner online dari pengguna aktif Shopee dalam enam bulan terakhir. Teknik analisis data dilakukan dengan Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS) untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi perusahaan dalam merancang strategi pemasaran digital yang efektif guna meningkatkan loyalitas pelanggan dan mempertahankan daya saing di industri e-commerce yang kompetitif
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Adhari, I. Z. (2021). KEPUASAN PELANGGAN & PENCAPAIAN BRAND TRUS: Vol. Vol 01 (T. Q. Media, Ed.). CV. Penerbit Qiara Media.
- Ahmadi, M. A. (2023). MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH BANK. Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro, 7(1), 15–25. https://doi.org/10.56858/jmpkn.v7i1.167
- Banurea, S. R., & Riofita, H. (2024). Analisis Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Ekonodinamika Jurnal Ekonomi Dinamis, Vol 06(No 04), 96–109.
- Erawati, S. H., Amalia, N. S., Mauludin, H., & Liana, Y. (2023). PERAN BRAND IMAGE SEBAGAI MODERATOR CELEBRITY ENDORSER PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN. Akuntansi Bisnis & Manajemen ( ABM ), 30(2). https://doi.org/10.35606/jabm.v30i2.1276
- Gobe, M. (2019). Emotional Branding.
- Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, Vol 03(No 02).
- Ifadhila, Rukmana, A. Y., Erwin, Ratnaningrum, L. P. R. A., Aprilia, M., Setiawan, R., Judijanto, L., & Setiawan, H. (2024). Pemasaran Digital di Era Society 5.0 : Transformasi Bisnis di Dunia Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
- Indah Handaruwati. (2021). PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK KULINER LOKAL SOTO MBOK GEGER PEDAN KLATEN. Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis Dan Manajemen, 3(2), 16–33. https://doi.org/10.52005/bisnisman.v3i2.45
- Istiqomah, N. H. (2023). TRANSFORMASI PEMASARAN TRADISIONAL KE E-MARKETING: TINJAUAN LITERATUR TENTANG DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL TERHADAP DAYA SAING PEMASARAN BISNIS. Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam, Vol 04(No 02), 72–87.
- Kumbara, V. B. (2021). DETERMINASI NILAI PELANGGAN DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN: ANALISIS KUALITAS PRODUK, DESAIN PRODUK DAN ENDORSE. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5).
- Ma’rufah, A. (2023). Strategi Service Quality Sebagai Media dalam Menciptakan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Jasa Pendidikan. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 813–822. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.355
- Mashuri, M. (2020). Analisis Dimensi Loyalitas Pelangan Berdasarkan Perspektif Islam. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 54–64. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v9i1.212
- Murnawan, -, Lestari, S., Samihardjo, R., & Sapanji, R. A. E. V. T. (2023). Pelatihan Brand Identity Untuk UMKM: Meningkatkan Kesadaran Merek dan Daya Saing di Era Digital. ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(2), 490. https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.1247
- Pesa Nugraha, P. (2023). Keunikan Model Marketing Dari Mulut Ke Mulut Dalam Era Digital. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(10), 3160–3169. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i10.589
- Prahendratno, A., Aulis, M. R., Erwin, Setiawan, Z., Rijal, S., Rosdaliva, M., Ariasih, M. P., Adhicandra, I., & Rahmawati, E. (2023). Strategi Bisnis Digital Optimalisasi & Otomatisasi Sebuah Bisnis Menggunakan Media Digital: Vol. Vol 01 (Efitra, Sepriano, & N. Safitri, Eds.; 01 ed.). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
- Rachmad, Y. E., Erwin, E., Hamid, R. S., Suarniki, N. N., Ardyan, E., Syamil, A., Setiawan, Z., & Sepriano. (2023). PSIKOLOGI PEMASARAN SOCIETY 5.0 : Strategi Penjualan Maksimal Era Society 5.0: Vol. Vol 01 (Efitra & N. Safitri, Eds.; No 01). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
- Rizky Dwi Kurniawan, M., & Laily Nisa, F. (2024). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN PILIHAN NASABAH TERHADAP TABUNGAN WADIAH PADA BANK SYARIAH. JURNAL EKONOMI BISNIS DAN MANAJEMEN, 2(3), 158–168. https://doi.org/10.59024/jise.v2i3.811
- Saipuloh, Y., & Surono. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan di Hotel The Westin Jakarta. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin, Vol 02(No 09), 4441–4455.
- Saputra, A. M. A., Kharisma, L. P. I., Rizal, A. A., Burhan, M. I., & Purnawati, N. W. (2023). TEKNOLOGI INFORMASI : Peranan TI dalam berbagai bidang: Vol. Vol 01 (Sepriano & Y. Agusdi, Eds.). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
- Sawlani, D. K. (2021). Keputusan Pembelian Online : Kualitas Website (Dewi, Ed.). Scopindo Media Pustaka.
- Sihombing, Y. A. (2022). Loyalitas Pasien: Tinjauan Aspek Pelayanan, Kepuasan, Trust, Komitmen, Brand Equity dan Hospital Image: Vol. Vol 01. PT. Nasya Expanding Management.
- Sudirjo, F., Purwati, T., Widyastuti, Budiman, Y. U., & Manuhutu, M. (2023). Analisis Dampak Strategi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan: Perspektif Industri E-commerce. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol 07(No 02), 7524–7532.
- Supriyanti Neneng, I., & Zega, A. (2024). Analisis Kepuasan Pelanggan dalam Memilih Minimarket di Kecamatan Sipora Utara. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.70134/jukoni.v1i1.19
- Vasco A.H. Goeltom, Josephine Amelia Saputri, & Devi Christine. (2023). Pengaruh Customer Satisfaction, Customer Delight, Dan Customer Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan Restoran Otentik Di Tangerang. Jurnal Bintang Manajemen, 1(1), 89–118. https://doi.org/10.55606/jubima.v1i1.1094
- Wiwesa, N. R. (2021). User Interface dan User Experience Untuk Mengelola Kepuasan Pelanggan. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, Vol 3(No 2), 17–31.
- Yusepa, W., Kamilawati, A., Agesti, P. T., & Sanjaya, V. F. (2024). PERAN COMPETITIVE ADVANTAGEDALAM MENARIK KONSUMEN DI PASAR LOKAL(STUDI PADA TOPSHOP BANDAR LAMPUNG). Al - A’mal Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, Vol 01(No 02), 29–40.
References
Adhari, I. Z. (2021). KEPUASAN PELANGGAN & PENCAPAIAN BRAND TRUS: Vol. Vol 01 (T. Q. Media, Ed.). CV. Penerbit Qiara Media.
Ahmadi, M. A. (2023). MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH BANK. Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro, 7(1), 15–25. https://doi.org/10.56858/jmpkn.v7i1.167
Banurea, S. R., & Riofita, H. (2024). Analisis Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Ekonodinamika Jurnal Ekonomi Dinamis, Vol 06(No 04), 96–109.
Erawati, S. H., Amalia, N. S., Mauludin, H., & Liana, Y. (2023). PERAN BRAND IMAGE SEBAGAI MODERATOR CELEBRITY ENDORSER PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN. Akuntansi Bisnis & Manajemen ( ABM ), 30(2). https://doi.org/10.35606/jabm.v30i2.1276
Gobe, M. (2019). Emotional Branding.
Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, Vol 03(No 02).
Ifadhila, Rukmana, A. Y., Erwin, Ratnaningrum, L. P. R. A., Aprilia, M., Setiawan, R., Judijanto, L., & Setiawan, H. (2024). Pemasaran Digital di Era Society 5.0 : Transformasi Bisnis di Dunia Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Indah Handaruwati. (2021). PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK KULINER LOKAL SOTO MBOK GEGER PEDAN KLATEN. Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis Dan Manajemen, 3(2), 16–33. https://doi.org/10.52005/bisnisman.v3i2.45
Istiqomah, N. H. (2023). TRANSFORMASI PEMASARAN TRADISIONAL KE E-MARKETING: TINJAUAN LITERATUR TENTANG DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL TERHADAP DAYA SAING PEMASARAN BISNIS. Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam, Vol 04(No 02), 72–87.
Kumbara, V. B. (2021). DETERMINASI NILAI PELANGGAN DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN: ANALISIS KUALITAS PRODUK, DESAIN PRODUK DAN ENDORSE. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5).
Ma’rufah, A. (2023). Strategi Service Quality Sebagai Media dalam Menciptakan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Jasa Pendidikan. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 813–822. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.355
Mashuri, M. (2020). Analisis Dimensi Loyalitas Pelangan Berdasarkan Perspektif Islam. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 54–64. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v9i1.212
Murnawan, -, Lestari, S., Samihardjo, R., & Sapanji, R. A. E. V. T. (2023). Pelatihan Brand Identity Untuk UMKM: Meningkatkan Kesadaran Merek dan Daya Saing di Era Digital. ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(2), 490. https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.1247
Pesa Nugraha, P. (2023). Keunikan Model Marketing Dari Mulut Ke Mulut Dalam Era Digital. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(10), 3160–3169. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i10.589
Prahendratno, A., Aulis, M. R., Erwin, Setiawan, Z., Rijal, S., Rosdaliva, M., Ariasih, M. P., Adhicandra, I., & Rahmawati, E. (2023). Strategi Bisnis Digital Optimalisasi & Otomatisasi Sebuah Bisnis Menggunakan Media Digital: Vol. Vol 01 (Efitra, Sepriano, & N. Safitri, Eds.; 01 ed.). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Rachmad, Y. E., Erwin, E., Hamid, R. S., Suarniki, N. N., Ardyan, E., Syamil, A., Setiawan, Z., & Sepriano. (2023). PSIKOLOGI PEMASARAN SOCIETY 5.0 : Strategi Penjualan Maksimal Era Society 5.0: Vol. Vol 01 (Efitra & N. Safitri, Eds.; No 01). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Rizky Dwi Kurniawan, M., & Laily Nisa, F. (2024). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN PILIHAN NASABAH TERHADAP TABUNGAN WADIAH PADA BANK SYARIAH. JURNAL EKONOMI BISNIS DAN MANAJEMEN, 2(3), 158–168. https://doi.org/10.59024/jise.v2i3.811
Saipuloh, Y., & Surono. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan di Hotel The Westin Jakarta. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin, Vol 02(No 09), 4441–4455.
Saputra, A. M. A., Kharisma, L. P. I., Rizal, A. A., Burhan, M. I., & Purnawati, N. W. (2023). TEKNOLOGI INFORMASI : Peranan TI dalam berbagai bidang: Vol. Vol 01 (Sepriano & Y. Agusdi, Eds.). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sawlani, D. K. (2021). Keputusan Pembelian Online : Kualitas Website (Dewi, Ed.). Scopindo Media Pustaka.
Sihombing, Y. A. (2022). Loyalitas Pasien: Tinjauan Aspek Pelayanan, Kepuasan, Trust, Komitmen, Brand Equity dan Hospital Image: Vol. Vol 01. PT. Nasya Expanding Management.
Sudirjo, F., Purwati, T., Widyastuti, Budiman, Y. U., & Manuhutu, M. (2023). Analisis Dampak Strategi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan: Perspektif Industri E-commerce. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol 07(No 02), 7524–7532.
Supriyanti Neneng, I., & Zega, A. (2024). Analisis Kepuasan Pelanggan dalam Memilih Minimarket di Kecamatan Sipora Utara. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.70134/jukoni.v1i1.19
Vasco A.H. Goeltom, Josephine Amelia Saputri, & Devi Christine. (2023). Pengaruh Customer Satisfaction, Customer Delight, Dan Customer Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan Restoran Otentik Di Tangerang. Jurnal Bintang Manajemen, 1(1), 89–118. https://doi.org/10.55606/jubima.v1i1.1094
Wiwesa, N. R. (2021). User Interface dan User Experience Untuk Mengelola Kepuasan Pelanggan. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, Vol 3(No 2), 17–31.
Yusepa, W., Kamilawati, A., Agesti, P. T., & Sanjaya, V. F. (2024). PERAN COMPETITIVE ADVANTAGEDALAM MENARIK KONSUMEN DI PASAR LOKAL(STUDI PADA TOPSHOP BANDAR LAMPUNG). Al - A’mal Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, Vol 01(No 02), 29–40.