Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan pendidikan terhadap aspirasi karir Generasi Z dengan mempertimbangkan peran dukungan sosial sebagai variabel mediasi. Generasi Z dikenal sebagai generasi yang tumbuh di era digital dengan akses informasi yang luas, termasuk mengenai pendidikan dan pilihan karir. Pengetahuan pendidikan dianggap sebagai faktor penting dalam membentuk pemahaman individu tentang berbagai jalur karir yang tersedia. Namun, dalam proses pembentukan aspirasi karir, dukungan sosial dari keluarga, teman, dan orang yang ada di lingkungan sekitar juga memiliki peran yang signifikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, memanfaatkan metode berbasis data survei untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi, melibatkan responden dari kalangan Generasi Z yang sedang menempuh pendidikan menengah dan tinggi. Data tersebut dianalisis menggunakan teknik Structural Equation Modeling (SEM) untuk menguji hubungan langsung dan tidak langsung antara variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap aspirasi karir, baik secara langsung maupun melalui dukungan sosial sebagai variabel mediasi. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya penyediaan informasi pendidikan yang memadai serta penguatan peran sosial dalam mendukung perencanaan karir Generasi Z.

Keywords

Pengetahuan, Pengetahuan Pendidikan, Aspirasi Karir, Generasi Z, Dukungan Sosial

Article Details

How to Cite
Elvyana Putri, & Bimanti Esthi, R. . (2025). Pengaruh Pengetahuan Pendidikan Terhadap Aspirasi Karir Generasi Z Melalui Dukungan Sosial. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(2), 1610–1620. https://doi.org/10.57178/paradoks.v8i2.1288

References

  1. Ahmed, H., Ahmed, A., Ahmed, H., & Khan, E. (2022). Factors influencing career choice in Generation Z: a study from students of private colleges in Lahore. BioMedica, 38, 230–234. https://doi.org/10.24911/BioMedica/5-800
  2. Andriani, Dwi Putri, & Wibowo, Doddy Hendro. (2024). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Self-disclosure Remaja Awal Generasi Z ( Correlation Between Self-Confidence and Self-Disclosure of Early Adolescents Generation Z ). Ilmiah Psikologi, 15(1), 39–46.
  3. Andriyaniputri, A., Jamain, R. R., & Permatasari, N. (2022). Kontribusi optimisme dan dukungan sosial terhadap resiliensi mengerjakan skripsi mahasiswa ilmu pendidikan. Jurnal Nusantara of Research, 9(3), 264–281. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor/article/view/17883
  4. Barhate, B., & Dirani, K. M. (2022). Career aspirations of generation Z: a systematic literature review. European Journal of Training and Development, 46(1–2), 139–157.
  5. Esthi, R. B., Irawan, N. C., Susilowati, Y., Kartini, T. M., & Widodo, Z. D. (2023). Effect Of Green Education-Training Quality And Green Knowledge Sharing On Eco-Friendly Technology Adoption In Crabs Agroindustry Companies. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1267(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/1267/1/012082
  6. Esthi, R.B., Setiawan, I., & Citra Irawan, N. (2023). Knowledge Sharing-Based HR Capability Development to Achieve Sustainable Development Goals. DEAL: International Journal of Economics and Business, 1, 16–23. https://doi.org/10.37366/deal.v1i01.2682
  7. Febriani, R. D., Yusuf, A. M., & Iswari, M. (2020). Perbedaan Aspirasi Karier Siswa ditinjau dari Jenis Kelamin, Jurusan, dan Tingkat Pendidikan Orangtua serta Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 5(3), 160–171.
  8. Fitri, F. F., Aiman, R. M. P., Angelica, C. N. R., Putri, N. T. A., & Saraswati, K. D. H. (2023). Career Adaptability: Studi Deskriptif Pada Karyawan Gen Z. Journal for Nurses in Professional Development, 17(1), 39–56.
  9. Gunawan, G., Puspitasari, I., & Dwijayanthy, M. (2023). PERAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP CAREER SEARCH EFFICACY DENGAN MODERATOR FUTURE WORK SELF PADA MAHASISWA DI KOTA BANDUNG. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.
  10. Heriyanti, S. S., Esthi, R. B., & Ferawati, N. (2024). Green Employee Performance in Fish Canning Industry : the Relationship of Green Knowledge Sharing , Green Career Development , and Green Work Balance. 20(4), 844–853.
  11. Irawan, N. C., Esthi, R. B., Wijayanti, I. K. E., Widodo, Z. D., & Darmaningrum, K. (2023). Unlocking Organic Agroindustry Employee Eco-Innovation: Role of Green Product Knowledge and Green Transformational Leadership. Indonesian Journal of Economics, Social, and Humanities, 5(3), 204–222. https://doi.org/10.31258/ijesh.5.3.204-222
  12. Irawan, N. C., Heriyanti, S. S., & Esthi, R. B. (2023). Unlocking eco-industry: green knowledge and good manufacturing practice fish scale waste utilization. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1267(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/1267/1/012081
  13. Lotulung, C., Umurohmi, U., Hutauruk, T., Sari, M., Amir, J., Yuniwati, I., Rusli, M., Sari, R., Pramana, C., Simarmata, J., Yayasan, P., & Menulis, K. (2023). Pengantar Pendidikan.
  14. Nurhayati, E. (2022). Kesenjangan aspirasi karir antara remaja dan orangtua. Jurnal Psikologi Ulayat, 1(1), 37–44.
  15. Oktavia, S., & Purwanti, M. (2022). Peran Dukungan Sosial Terhadap Career Decision Making Self-Efficacy Mahasiswa S1 Di Masa Pandemi. Journal of Psychological Science and Profession, 6(3), 255–267.
  16. Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. In Pascal Books.
  17. Safitri, F. A., & Nurlaili, E. I. (2024). Pengaruh Dukungan Sosial Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X Sma. Unomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 12, 138–150. https://doi.org/10.33603/ejpe.vI2i2.9009
  18. Setyastuti, F. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Generasi Muda di Era Modern. Https://Www.Kompasiana.Com, 9(November), 1.
  19. Tuada, N. J., & Raihani, N. P. (2025). Generasi Z , Tantangan dan Peluang Bagi Pendidikan. 5.
  20. Wibasari, D. F., & Kustanti, E. R. (2023). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Aspirasi Karier pada Generasi Z di SMA Negeri 13 Jakarta. Jurnal Empati, 12(6), 475–481.
  21. Widiastuti, N. (2020). Aspirasi Karier Siswa SMA Berdasarkan Status Sosial Ekonomi dan Gender. Indonesian Journal of Educational Counseling, 1(2), 109–128.