Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur pengaruh Electronic Word of Mouth (EWOM), Brand Awareness, dan Perceived Quality terhadap keputusan pembelian pengguna GoFood di Sidoarjo dengan mengacu pada data empiris dan teori yang relevan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan explanatory research yang bertujuan menjelaskan hubungan kausal antar variabel melalui pengujian hipotesis. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan penentuan jumlah sampel berdasarkan rumus Lemeshow karena jumlah populasi yang tidak diketahui secara pasti, sehingga diperoleh 96 responden. Data dikumpulkan melalui observasi dan penyebaran kuesioner yang diukur menggunakan skala Likert, kemudian dianalisis dengan menggunakan bantuan software SPSS. Berdasarkan hasil analisis, hipotesis H1, H2, dan H3 terbukti diterima, yang menunjukkan bahwa secara teori dan data empiris, EWOM, Brand Awareness, dan Perceived Quality berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pengguna GoFood di Sidoarjo.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Adaby, O. C., & Nurhadi. (2022). Pengaruh Promosi Media Sosial, Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Erigo Apparel. Forum Bisnis Dan Kewirausahaan Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Universitas Multi Data Palembang, 12(1), 35–46.
- Ajzen, I. (1991). The Theory Of Planned Behavior. Organizational Behavior And Human Decision Processes.
- Astuti, Y. T. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Shopee. (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Islam Riau). File:///C:/Users/VERA/Downloads/ASKEP_AGREGAT_ANAK_And_REMAJA_PRINT.Docx, 21(1), 1–9.
- Baskoro, A. (2021). Pengaruh Brand Awareness Dan Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Bandar Kopi Medan).
- Durianto, D. (2011). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas Dan Perilaku Merek, Cetakan XX. PT. Gramedia Pustaka Utama.
- Ghozali. (2018). Metode Penelitian. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.
- Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
- Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
- Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS-23 (Edisi Ke-8). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
- Junia, Y. I. (2021). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Pocari Sweat Di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(4), 360. Https://Doi.Org/10.24912/Jmbk.V5i4.12792
- Kotler. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid 1, Edisi Kesebelas. In Jakarta.
- Kusumadewi, N., & Sopiyan, P. (2023). Pengaruh Iklan Media Sosial, Word Of Mouth, Dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(1), 143–153. Https://Doi.Org/10.31949/Entrepreneur.V4i1.3576
- Lemeshow, S. (1997). Besar Sampel Dalam Penelitian Kesehatan. Gadjah Mada University Press.
- Mustakini, J. H. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Edisi Ke-6. Yogyakarta. Universitas Gajah Mada.
- Muthiah, F., & Setiawan, B. (2019). Pengaruh Brand Awareness, Brand Characteristic, Dan Emotional Branding Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 7(2), 259–267. Https://Doi.Org/10.37641/Jimkes.V7i2.228
- Ningsih, E. R. (2021). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA MARKETPLACE SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa ITB Ahmad Dahlan Lamongan).
- Noor, S., & Maulana, A. (2023). Kualitas Pelayanan, Harga Dan Keputusan Pembelian Go-Food Di Kota Palembang. Jurnal Ilmu Manajemen, 13(2), 133–146.
- Octaviani, F. L., & Cahyadi, E. R. (2022). Persaingan Platform Digital Layanan Pesan-Antar Makanan Di Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 8(3), 973–984. Https://Doi.Org/10.17358/Jabm.8.3.973
- Philip, K. (2012). Manajemen Pemasaran (Edisi 12). Erlangga.
- Radika, A., Pratiwi, N. M. I., & Maruta, I. G. N. A. (2022). PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MEREK ERIGO DI KAB. GRESIK. GEMAH RIPAH, 02(01), 43–59.
- Ramadayanti, F. (2019). Peran Brand Awereness Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 111–116. Https://Doi.Org/10.21107/Jsmb.V6i2.6690
- Rohman, M., & Pramesti, D. A. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Dan E-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Di Magelang Selama Pandemi Covid-19. Borobudur Management Review, 2(2), 190–205. Https://Doi.Org/10.31603/Bmar.V2i2.6933
- Rozi, R. S. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Shopee Food Di Kota Malang.
- Satisca. (2024). Most Used Apps For Food Delivery Orders In Indonesia.
- Sekaran, U., & Bogie, R. (2017). Metode Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
- Sipatuhar, R. D. (2022). PENGARUH BRAND AWARENESS DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUSU BEAR BRAND (Studi Pada Masyarakat Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru).
- Sonia Nur Fratnya Paramitha, & Rizky Eka Febriansyah. (2024). The Influence Of Brand Image, Price, And Customer Reviews On Purchase Intention On Sidoarjo Gacoan Noodle Consumers (Study On Umsida Students) [Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Ulasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Pada Konsumen Mie Gacoan Sidoarjo (Studi . 1–14.
- Suarniki, N. N., Budiati, P. L., & Afriana, R. A. (2022a). “PENGARUH BRAND AWARENESS DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI PADA PENGGUNA SMARTPHONE IPHONE DI PT TELETAMA ARTHA MANDIRI),” .
- Suarniki, N. N., Budiati, P. L., & Afriana, R. A. (2022b). Pengaruh Brand Awareness Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Pengguna Smartphone Iphone Di PT Teletama Artha Mandiri). Dinamika Ekonomi: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 15(2), 278–287.
- Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
- Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Cv Alfabeta.
- Sugiyono. (2017b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
- Sugiyono. (2017c). Sugiyono, Metode Penelitian. Penelitian.
- Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
- Syofian, S. (2014). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual Dan Aplikasi SPSS Versi 17 Ed. 1, Cet. 2. Jakarta: PT Bumi Aksara.
- Tjiptono. (2018). Stratergi Pemasaran. In Edisi Kedua, Penerbit Andi,Yogyakarta.
- Vardila Ardani. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Harga, Dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pengguna Transportasi Online Maxim.
References
Adaby, O. C., & Nurhadi. (2022). Pengaruh Promosi Media Sosial, Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Erigo Apparel. Forum Bisnis Dan Kewirausahaan Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Universitas Multi Data Palembang, 12(1), 35–46.
Ajzen, I. (1991). The Theory Of Planned Behavior. Organizational Behavior And Human Decision Processes.
Astuti, Y. T. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Shopee. (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Islam Riau). File:///C:/Users/VERA/Downloads/ASKEP_AGREGAT_ANAK_And_REMAJA_PRINT.Docx, 21(1), 1–9.
Baskoro, A. (2021). Pengaruh Brand Awareness Dan Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Bandar Kopi Medan).
Durianto, D. (2011). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas Dan Perilaku Merek, Cetakan XX. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Ghozali. (2018). Metode Penelitian. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS-23 (Edisi Ke-8). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Junia, Y. I. (2021). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Pocari Sweat Di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(4), 360. Https://Doi.Org/10.24912/Jmbk.V5i4.12792
Kotler. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid 1, Edisi Kesebelas. In Jakarta.
Kusumadewi, N., & Sopiyan, P. (2023). Pengaruh Iklan Media Sosial, Word Of Mouth, Dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(1), 143–153. Https://Doi.Org/10.31949/Entrepreneur.V4i1.3576
Lemeshow, S. (1997). Besar Sampel Dalam Penelitian Kesehatan. Gadjah Mada University Press.
Mustakini, J. H. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Edisi Ke-6. Yogyakarta. Universitas Gajah Mada.
Muthiah, F., & Setiawan, B. (2019). Pengaruh Brand Awareness, Brand Characteristic, Dan Emotional Branding Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 7(2), 259–267. Https://Doi.Org/10.37641/Jimkes.V7i2.228
Ningsih, E. R. (2021). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA MARKETPLACE SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa ITB Ahmad Dahlan Lamongan).
Noor, S., & Maulana, A. (2023). Kualitas Pelayanan, Harga Dan Keputusan Pembelian Go-Food Di Kota Palembang. Jurnal Ilmu Manajemen, 13(2), 133–146.
Octaviani, F. L., & Cahyadi, E. R. (2022). Persaingan Platform Digital Layanan Pesan-Antar Makanan Di Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 8(3), 973–984. Https://Doi.Org/10.17358/Jabm.8.3.973
Philip, K. (2012). Manajemen Pemasaran (Edisi 12). Erlangga.
Radika, A., Pratiwi, N. M. I., & Maruta, I. G. N. A. (2022). PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MEREK ERIGO DI KAB. GRESIK. GEMAH RIPAH, 02(01), 43–59.
Ramadayanti, F. (2019). Peran Brand Awereness Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 111–116. Https://Doi.Org/10.21107/Jsmb.V6i2.6690
Rohman, M., & Pramesti, D. A. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Dan E-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Di Magelang Selama Pandemi Covid-19. Borobudur Management Review, 2(2), 190–205. Https://Doi.Org/10.31603/Bmar.V2i2.6933
Rozi, R. S. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Shopee Food Di Kota Malang.
Satisca. (2024). Most Used Apps For Food Delivery Orders In Indonesia.
Sekaran, U., & Bogie, R. (2017). Metode Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Sipatuhar, R. D. (2022). PENGARUH BRAND AWARENESS DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUSU BEAR BRAND (Studi Pada Masyarakat Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru).
Sonia Nur Fratnya Paramitha, & Rizky Eka Febriansyah. (2024). The Influence Of Brand Image, Price, And Customer Reviews On Purchase Intention On Sidoarjo Gacoan Noodle Consumers (Study On Umsida Students) [Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Ulasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Pada Konsumen Mie Gacoan Sidoarjo (Studi . 1–14.
Suarniki, N. N., Budiati, P. L., & Afriana, R. A. (2022a). “PENGARUH BRAND AWARENESS DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI PADA PENGGUNA SMARTPHONE IPHONE DI PT TELETAMA ARTHA MANDIRI),” .
Suarniki, N. N., Budiati, P. L., & Afriana, R. A. (2022b). Pengaruh Brand Awareness Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Pengguna Smartphone Iphone Di PT Teletama Artha Mandiri). Dinamika Ekonomi: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 15(2), 278–287.
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Cv Alfabeta.
Sugiyono. (2017b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2017c). Sugiyono, Metode Penelitian. Penelitian.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Syofian, S. (2014). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual Dan Aplikasi SPSS Versi 17 Ed. 1, Cet. 2. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Tjiptono. (2018). Stratergi Pemasaran. In Edisi Kedua, Penerbit Andi,Yogyakarta.
Vardila Ardani. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Harga, Dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pengguna Transportasi Online Maxim.