Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana pengaruh persepsi keamanan, kemudahan bertransaksi, kepercayaan konsumen, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian pada marketplace Tokopedia. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Sebelas Maret dan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa penyebaran kuisioner kepada 169 responden. Temuan penelitian menunjukkan bahwa secara individu, faktor persepsi keamanan, kepercayaan konsumen, kualitas produk, dan harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara kemudahan bertransaksi tidak memberikan pengaruh yang signifikan. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel independen mampu menjelaskan sebesar 57,4% variasi keputusan pembelian. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengelola marketplace untuk meningkatkan aspek keamanan, membangun kepercayaan konsumen, menjaga kualitas produk, serta menetapkan harga yang kompetitif.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Agustiningrum, D., & Andjarwati, A. L. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Keamanan terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 896-906.
- Alwafi, F., & Magnadi, R. H. (2016). Pengaruh persepsi keamanan, kemudahan bertransaksi, kepercayaan terhadap toko dan pengalaman berbelanja terhadap minat beli secara online pada situs jual beli tokopedia. com. Diponegoro Journal of Management, 5(2), 134-148.
- Bayu Pradika, D., & Saputro, E. P. (2022). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Serta Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online Di Tokopedia (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
- Dzaki, H., Robiah, S., & Stiawan, D. (2023). Pengaruh Flash Sale, Kemudahan, dan Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Platform Marketplace. BISMA: Business and Management Journal, 1(01), 42-51.
- Faradita, P. A., & Widjajanti, K. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia. Solusi, 21(2), 130-141.
- Febrianah, F. (2022). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Keamanan Transaksi dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekobistek, 11(4), 309-315.
- Hanum, H., & Wiwoho, G. (2023). Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Kemudahan Penggunaan, dan Keamanan Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Online: Studi pada Pengguna Shopee di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA), 5(4), 465-480.
- Nasikah, D., & Fuadi, S. (2022). Pengaruh Persepsi Keamanan, Kemudahan Bertransaksi, Kepercayaan Konsumen, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia. Derivatif: Jurnal Manajemen, 16(1), 162-173.
- Nawangsari, S., & Pramesti, W. N. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Layanan, dan Keamaan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Tokopedia. com). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(3), 385-394.
- Nazar, M. R., Karina, A., Khotimah, K., Arafah, S. N., & Anggorowati, D. M. (2023). Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian di E-commerce Tokopedia. Journal on Education, 5(2), 4545-4553.
- Novarifah, H. A., & AL AMIN, N. H. (2022). Pengaruh Harga, Kepercayaan Konsumen Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Shopee (Studi Kasus Pada Konsumen Di Kabupaten Klaten) (Doctoral dissertation, FEBI/MBS).
- Prasetyani, I., & Wahyuningsih, T. H. (2019). Pengaruh sumber informasi, keamanan, dan persepsi resiko terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee. Efektif Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 91-104.
- Rahayu, S. (2021). Pengaruh harga, kepercayaan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pengguna e-commerce tokopedia. Mbia, 20(1), 40-50.
- Rahayu, S. (2021). Pengaruh Harga, Kepercayaan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-Commerce Tokopedia: Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Informatika Angkatan 2020 Universitas Mahakarya Asia PSDKU Baturaja. Mbia, 20(1), 40-50.
- Sari, U. P. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Di E-commerce Shopee (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan Bogor) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan).
- Setiawan, E. H. (2017). Pengaruh keamanan, kemudahan, kepercayaan dan risiko kinerja terhadap keputusan pembelian secara online (Studi kasus Tokopedia. com di Kabupaten Lumajang).
- Sompie, I. P. (2023). PENGARUH KEAMANAN, KEMUDAHAN TRANSAKSI DAN PENGALAMAN BELANJA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Angkatan 2019 Kelas Reguler dan Karyawan Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Nasional Jakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Nasional).
- STELLATA, A. M. (2022). PENGARUH PERSEPSI KEAMANAN, KEMUDAHAN BERTRANSAKSI, KEPERCAYAAN KONSUMEN, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA (STUDI KASUS MAHASISWA/I FEB UM METRO) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Metro).
- Yoni, S., Sari, A. M., Simanjuntak, D. C. Y., & Novirsari, E. (2023). The Effect of Perceived Security, Information Quality and Trust on Online Buyer Decisions (Case Study of Tokopedia Consumers in Medan): Pengaruh Persepsi Keamanan, Kualitas Informasi dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembeli Online (Studi Kasus Pada Konsumen Tokopedia di Medan. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(4), 3914-3922.
- Yuliani, M. P. (2021). Pengaruh Harga dan Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Marketplace Tokopedia (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).
References
Agustiningrum, D., & Andjarwati, A. L. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Keamanan terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 896-906.
Alwafi, F., & Magnadi, R. H. (2016). Pengaruh persepsi keamanan, kemudahan bertransaksi, kepercayaan terhadap toko dan pengalaman berbelanja terhadap minat beli secara online pada situs jual beli tokopedia. com. Diponegoro Journal of Management, 5(2), 134-148.
Bayu Pradika, D., & Saputro, E. P. (2022). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Serta Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online Di Tokopedia (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Dzaki, H., Robiah, S., & Stiawan, D. (2023). Pengaruh Flash Sale, Kemudahan, dan Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Platform Marketplace. BISMA: Business and Management Journal, 1(01), 42-51.
Faradita, P. A., & Widjajanti, K. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia. Solusi, 21(2), 130-141.
Febrianah, F. (2022). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Keamanan Transaksi dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekobistek, 11(4), 309-315.
Hanum, H., & Wiwoho, G. (2023). Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Kemudahan Penggunaan, dan Keamanan Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Online: Studi pada Pengguna Shopee di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA), 5(4), 465-480.
Nasikah, D., & Fuadi, S. (2022). Pengaruh Persepsi Keamanan, Kemudahan Bertransaksi, Kepercayaan Konsumen, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia. Derivatif: Jurnal Manajemen, 16(1), 162-173.
Nawangsari, S., & Pramesti, W. N. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Layanan, dan Keamaan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Tokopedia. com). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(3), 385-394.
Nazar, M. R., Karina, A., Khotimah, K., Arafah, S. N., & Anggorowati, D. M. (2023). Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian di E-commerce Tokopedia. Journal on Education, 5(2), 4545-4553.
Novarifah, H. A., & AL AMIN, N. H. (2022). Pengaruh Harga, Kepercayaan Konsumen Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Shopee (Studi Kasus Pada Konsumen Di Kabupaten Klaten) (Doctoral dissertation, FEBI/MBS).
Prasetyani, I., & Wahyuningsih, T. H. (2019). Pengaruh sumber informasi, keamanan, dan persepsi resiko terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee. Efektif Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 91-104.
Rahayu, S. (2021). Pengaruh harga, kepercayaan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pengguna e-commerce tokopedia. Mbia, 20(1), 40-50.
Rahayu, S. (2021). Pengaruh Harga, Kepercayaan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-Commerce Tokopedia: Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Informatika Angkatan 2020 Universitas Mahakarya Asia PSDKU Baturaja. Mbia, 20(1), 40-50.
Sari, U. P. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Di E-commerce Shopee (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan Bogor) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan).
Setiawan, E. H. (2017). Pengaruh keamanan, kemudahan, kepercayaan dan risiko kinerja terhadap keputusan pembelian secara online (Studi kasus Tokopedia. com di Kabupaten Lumajang).
Sompie, I. P. (2023). PENGARUH KEAMANAN, KEMUDAHAN TRANSAKSI DAN PENGALAMAN BELANJA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Angkatan 2019 Kelas Reguler dan Karyawan Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Nasional Jakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Nasional).
STELLATA, A. M. (2022). PENGARUH PERSEPSI KEAMANAN, KEMUDAHAN BERTRANSAKSI, KEPERCAYAAN KONSUMEN, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA (STUDI KASUS MAHASISWA/I FEB UM METRO) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Metro).
Yoni, S., Sari, A. M., Simanjuntak, D. C. Y., & Novirsari, E. (2023). The Effect of Perceived Security, Information Quality and Trust on Online Buyer Decisions (Case Study of Tokopedia Consumers in Medan): Pengaruh Persepsi Keamanan, Kualitas Informasi dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembeli Online (Studi Kasus Pada Konsumen Tokopedia di Medan. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(4), 3914-3922.
Yuliani, M. P. (2021). Pengaruh Harga dan Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Marketplace Tokopedia (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).