Main Article Content

Abstract

Pengambilan keputusan finansial oleh Generasi Z tidak dapat dijelaskan sepenuhnya melalui pendekatan ekonomi klasik yang mengasumsikan rasionalitas murni. Dalam praktiknya, keputusan keuangan pada generasi ini dipengaruhi oleh interaksi antara sistem emosional dan kognitif yang berlangsung dalam otak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pendekatan neuroekonomi dapat menjelaskan perilaku keuangan Generasi Z dalam konteks digital, dengan menekankan pada peran sistem limbik dan korteks prefrontal. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui aplikasi Publish or Perish versi 8 dengan kata kunci "neuroekonomi", yang menghasilkan 200 entri awal. Setelah melalui proses penyaringan, hanya 4 artikel yang dinilai relevan untuk dikaji secara mendalam. Hasil analisis menunjukkan bahwa Generasi Z merespons stimulus finansial digital—seperti diskon, gamifikasi aplikasi, dan popularitas merek—dengan aktivasi sistem limbik, namun tetap menunjukkan kemampuan reflektif melalui evaluasi logis. Temuan ini memperkuat pandangan bahwa pengambilan keputusan finansial oleh Generasi Z bersifat dualistik: impulsif sekaligus adaptif. Kajian ini memberikan kontribusi dalam memperkuat kerangka teoretis interdisipliner serta menawarkan implikasi bagi pendidikan literasi keuangan, desain aplikasi keuangan, dan arah kebijakan publik yang lebih kontekstual terhadap generasi digital.

Keywords

neuroekonomi Generasi Z pengambilan keputusan finansial sistem limbik bias kognitif

Article Details

How to Cite
Karinda, A. ., & Ambalao, S. . (2025). Neuroekonomi dan Pengambilan Keputusan Finansial oleh Generasi Z. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(2), 1580–1587. https://doi.org/10.57178/paradoks.v8i2.1598

References

  1. Alpuji, F. E., Septiani, F., & Gunarda, G. (2024). Analisis Perilaku Keuangan: Dampak Psikologis terhadap Pengambilan Keputusan Investasi. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1 SE-Articles), 607–610. https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/45301
  2. Ariani, S. T., Riyo Riyadi, & Reza. (2024). Analisis Penerapan Neuroekonomi dalam Pengambilan Keputusan Transaksi dan Investasi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman. Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 5(2), 195–204. https://doi.org/10.62794/je3s.v5i2.2535
  3. Gifhary, M. N., & Hermina, N. (2023). Pengaruh strategi marketing gamifikasi dan neuromarketing melalui User Interface (UI) aplikasi terhadap loyalitas konsumen. Fair Value : Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(10), 2023.
  4. Hidayat, F., Riofita, H., & Penelitian, A. (2024). Pengaruh Diskon Dan Promosi Terhadap Perilaku Pembelian Implusif Di Era Digital Pada Platform E-Commerce The Influence of Discounts and Promotions on Impulsive Purchasing Behavior in the Digital Era on E-Commerce Platforms. Jurnal Jurnal Kolaboratif Sains, 7(11), 4196–4201. https://doi.org/10.56338/jks.v7i11.6400
  5. Judijanto, L. (2025). Analisis Bibliometrik terhadap Bias Kognitif dalam Pengambilan Keputusan Ekonomi. Sanskara Ekonomi Dan Kewirausahaan, 3(03), 136–146. https://doi.org/10.58812/sek.v3i03
  6. Maolani, M. (2023). Kritik Pemikiran Relativisme Moral yang Dibangun dari Temuan di Bidang Neuroscience. INTELEKSIA - Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah, 5(1), 197–222. https://doi.org/10.55372/inteleksiajpid.v5i1.261
  7. Muchtar, A., & Novita. (2016). Pengaruh Interaktivitas Dan Visualisasi Dalam Teknologi Pelaporan Keuangan Digital Terhadap Keputusan Investor Non Profesional. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/55
  8. Oktavianus, J., Wijaya, L. I., & Sutejo, B. S. (2025). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Financial Wellbeing Generasi Z Berpenghasilan Di Surabaya, Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(1), 333–359. https://doi.org/10.31955/mea.v9i1.4899
  9. Putri, I. A., & Hudaya, R. (2024). Pengambilan Keputusan Investasi Di Kalangan Gen Z Berdasarkan Literasi Keuangan, Herding Behavior, Dan Lingkungan Sosial. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 13(12), 2498. https://doi.org/10.24843/eeb.2024.v13.i12.p05
  10. Putri, P. G. V., & Anggraeni, R. (2022). Pengaruh Motif Hedonis Dan Promosi Di Media Sosial Terhadap Pembelian Impulsif. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 1(4), 458–465. https://doi.org/10.21776/jmppk.2022.01.4.05
  11. Roseh, A., & Pasaribu, P. N. (2024). Preferensi Pelanggan terhadap Pasar Online: Studi Kasus MarketPlace Shopee. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(3), 1372–1395. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i3.4772
  12. Sahabuddin, R., Arimayanti, A., Mutmainna, R., Nurfuraya, & Nuraisyah. (2023). Gaya Hidup, Sosial Media,Teman Sebaya:Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online Ditiktok Mahasiswa UNM. JUMINTAL: Jurnal Manajemen Informatika Dan Bisnis Digital, 2(2), 221–232. https://doi.org/10.55123/jumintal.v2i2.2861