Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk: (1) menganalisis pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian produk Whiskas Aplovah Pet & Care di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, (2) menganalisis pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian produk Whiskas Aplovah Pet & Care di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, (3) menganalisis pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian  produk Whiskas Aplovah Pet & Care di Kabupaten Pangkep, (4) mengetahui variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk merek Whiskas Aplovah Pet & Care di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Penelitian ini menggunakan data primer melalui survei sebanyak 96 orang konsumen sebagai sampel dari seluruh jumlah konsumen sebanyak 2.501 orang dengan masa penjualan bulan Januari sampai November 2020. Data dianalisis dengan menggunakan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1)Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara citra merek terhadap keputusan pembelian produk merek Whiskas Aplovah Pet & Care di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara peresepsi harga terhadap keputusan pembelian produk merek Whiskas Aplovah Pet & Care di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara promosi terhadap keputusan pembelian produk merek Whiskas Aplovah Pet & Care di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, (4) Promosi memberikan pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk merek Whiskas Aplovah Pet & Care di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

Keywords

Citra Merek Persepsi Harga Promosi Keputusan Pembelian

Article Details

How to Cite
Mahmud, A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.57178/paradoks.v4i1.289

References

  1. Armstrong, & Kotler. (1996). Dasar-Dasar Pemasaran. Intermedia.
  2. Ashoer, M., Syahnur, H., & Murdifin, I. (2019). Bagaimana Gaya Hidup mempengaruhi Keputusan Pembelian Tiket Online ? JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS, 20(1), 52–65.
  3. Angipora, 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta.
  4. Bahari, A. F., & Ashoer, M. (2018). PENGARUH BUDAYA, SOSIAL, PRIBADI DAN PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN EKOWISATA. Jurnal Manajemen, Ide Dan Inspirasi, 5(1), 69–78.
  5. Basalamah, J., Syahnur, M. H., Ashoer, M., & Bahari, A. F. (2020). Consumer Behavior in Online Transportation Services: A Systematic review of Business Strategies. Ilomata International Journal of Management, 1(3), 134-144.
  6. Berlian Aminanti,2017. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Pelanggan.
  7. Ben M. Enis, 2019. Marketing Princple, Good Year Publ, Coy. Inc, California.
  8. Cockrill. Goode, 2011. Sosiologi Keluarga. Jakarta: Bumi Aksana.
  9. Corey dalam Tjiptono, 1997. Strategi Pemasaran. Edisi I, Penerbit Andi. Yogyakarta.
  10. Ghozali, 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang. Undip.
  11. Hair,et.al, 1998. Multivariate Data Analysis dengan program SPSS. Edisi tiga. Semarang. Universitas Diponegoro.
  12. Heriyanto, 2015. Membuat Aplikasi Computer Based Test dengan PHP MySQL dan Boostrap, Penerbit Andi, Yogyakarta.
  13. Herawati, 2016.Evaluasi Sistem Inventaris Manajemen Aset (Sima) Dengan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (Tam) Di Kantor Pos Sukoharjo 57500, Skripsi, Jurusan Sistem Informasdi, STMIK Sinar Nusantara, Surakarta.
  14. Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. Prentice Hall.
  15. Lee, Lawson-Body, 2011. Perceived Dinamic Princing. Journal Of Industrial Management Data & System.
  16. Leonnard, 2014. Revisting “big ideas in services marketing” 30 years later, Emerlad Insight.
  17. Malhotra, N. K. (2019). Marketing Research: An Applied Orientation, 7th Edition. Pearson.
  18. Mc Carthy dalam Kotler, 1997. Dasar-Dasar Pemasaran. Diterjemahkan oleh Hutauuruk, G. Jakarta, Erlangga.
  19. Mevita, 2013. Pengaruh Daya Saing Produk, Harga, Tempat dan Promosi terhadap kepuasan konsumen Toko Makanan Kucing Sumberdjaja.
  20. Setiawan, 2015.Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Faktor SosialTerhadap Keputusan Pembelian Pakan Ternak Ayam.
  21. Stanton, 2005. Prinsip Pemasaran. Edisi Ketujuh, Jilid I, Penerjemah : Yohanes Lamanto,MBA,MSM., Penerbit Erlangga.
  22. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi. CV Alfabeta.
  23. Syahnur, H., & Basalamah, J. (2019). Analysis of the Importance Degree and Performance of Internet Service Providers in Makassar City. Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(2), 168-177.
  24. Syahnur, M. H., Basalamah, J., & Gani, A. A. (2020). Customer Experience Factor Analysis Towards Customer Satisfaction Online Shopping. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 18(2), 83–94.
  25. Sudaryono, 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta. Andi.
  26. Swastha, 2000.Manajemen Pemasaran Modern. Edisi 2, Yogyakarta. Liberty.
  27. Peter, J. P., & Olson, J. C. (2000). Consumer behavior : perilaku konsumen dan strategi pemasaran jilid 2. Erlangga.
  28. Tjiptono & Candra, 2011. Service, Quality & Satisfaction. Edisi Ketiga. Yogyakarta. Andi. Tjiptono, 2014. Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi Offset, Yogyakarta.